Wanita di China Curi iPhone 14 Plus dengan Cara Gerogoti Kabel Anti-Maling

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Seorang wanita di China ditangkap karena mencuri iPhone 14 Plus dengan cara yang tidak biasa. Ia menggerogoti kabel anti-maling yang tersambung dengan perangkat display di etalase. Kabel ini biasa digunakan di toko gadget agar perangkat yang dipajang, tidak disambar sembarang orang.

Read More

Aksi tersebut terekam kamera pengawas (CCTV) toko. Tidak disebutkan apakah toko tempat kejadian perkara ada di Apple Store atau toko pihak ketiga.

Berdasarkan rekaman CCTV, wanita bermarga “Qiu” ini mulanya masuk seperti pelanggan biasa pada umumnya. Dia melihat-lihat produk yang dipajang tanpa menunjukkan gelagat mencurigakan.

Hingga sampai di suatu etalase iPhone 14, wanita itu berhenti dan bersandar. Ia lalu memegang iPhone 14 Plus di depannya menggunakan tangan kanannya.

Setelah mengecek dan menggulir layar ponsel selama beberapa saat, ia mulai mengigit kabel keamanan beberapa kali sampai putus.

Setelah kabel terlepas dari perangkat, Qiu pun memasukkan satu unit iPhone 14 Plus yang dicurinya ke dalam tas. Lalu, ia pergi meninggalkan toko tanpa memicu bunyi alarm keamanan.

Menurut penuturan Wang, selaku manager toko yang tidak disebutkan namanya itu, alarm keamanan toko seharusnya otomatis berbunyi apabila ada aksi pencurian. Akan tetapi, hal itu tidak terjadi.

Aksi pencurian baru diketahui sesaat setelah pegawai toko memergoki adanya kabel anti-maling dengan bekas gigitan. Selain itu, salah satu unit ponsel juga diketahui hilang. Melihat kejadian tersebut, staf langsung menghubungi polisi.

Salah satu pihak berwajib yang menangani kasus ini, Zhang Jinhong mengatakan, Qiu melakukan aksinya dengan hati-hati. Ia menutupi kejahatannya dengan berpura-pura menggulir layar ponsel, layaknya pelanggan biasa.

Ditangkap dalam waktu singkat

YouTube/ Apple Ilustrasi iPhone 14 reguler dan iPhone 14 Plus.

Tak butuh waktu lama. Sekitar 30 menit setelah laporan diajukan, Qiu berhasil dilacak dan diamankan oleh polisi. Ia ditemukan dan ditangkap di luar rumahnya.

Berdasarkan pengakuan pelaku, ia memang berencana membeli smartphone baru di toko tersebut, setelah kehilangan ponselnya. Namun, saat melihat banderol harga perangkatnya adalah 7.000 yuan (sekitar Rp 14 jutaan), ia mengurungkan niat untuk membeli ponsel. Di Indonesia, saat ini dibanderol mulai Rp 16 jutaan.

Karena harganya yang cukup tinggi, bukannya mengurungkan niat untuk membeli, ia malah memutuskan mencuri ponsel iPhone 14 Plus yang dipajang di toko.

Hingga artikel ini ditulis, Qiu telah ditahan oleh pihak berwenang dan menunggu penyelidikan lebih lanjut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider yang merangkum South China Morning Post, Selasa (5/9/2023).


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Wanita #China #Curi #iPhone #dengan #Cara #Gerogoti #Kabel #AntiMaling

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts