Kamera iPhone 14 Pro Dilaporkan Bergoyang, Apple Janji Perbaiki

  • Whatsapp

KOMPAS.com – iPhone 14 Pro hadir dengan sejumlah peningkatan, salah satunya di sektor fotografi. Kamera ponsel tersebut dibekali sensor 48 MP, lebih tinggi dibanding pendahulunya, iPhone 13 Pro (12 MP).

Read More

Meski begitu, kamera iPhone 14 Pro baru-baru ini dilaporkan bermasalah ketika ingin mengambil foto/video dengan beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti Snapchat, TikTok, dan Instagram.

Permasalahan tersebut muncul saat pengguna membuka kamera di ketiga aplikasi di atas. Kamera iPhone langsung “bergoyang” alias shaking, sehingga hasil foto yang dipotret tidak jelas.

Sejumlah pengguna juga mengatakan kamera iPhone 14 sampai bergetar hingga mengeluarkan suara yang nyaring.

Merepons permasalahan tersebut, pihak Apple mengakui adanya masalah kamera iPhone 14 Pro dan mengeklaim sudah memiliki solusi untuk menanganinya.

Apple mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera menggulirkan pembaruan dan perbaikan di minggu depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (20/9/2022).

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan pengguna. Apple mengimbau seluruh pengguna yang terdampak, untuk tidak membiarkan kamera iPhone 14 mengalami goncangan/getaran secara terus-menerus.

Sebab, hal tersebut menurut Apple bakal menyebabkan kerusakan pada perangkat keras (hardware) ponsel.

Sebelum Apple mengumumkan akan merilis perbaikan, keluhan yang dialami pengguna sudah berseliweran di media sosial seperti Twitter dan Reddit.

Ringkasnya, keluhan yang terjadi hanya bermasalah ketika membuka tiga aplikasi tadi (Snapchat, TikTok, dan Instagram). Akan tetapi, bila ponsel menjalankan aplikasi kamera bawaan iPhone 14 Pro, tidak ditemukan masalah dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

“Saya baru membeli iPhone 14 Pro dan tiba-tiba fitur OIS (Optical Image Stabilization) pada kamera bergetar (saya bisa melihat dan mendengarnya bergetar) di Snapchat,” ujar salah seorang pengguna di Reddit.

Selain Reddit, pengguna di Twitter juga mengunggah video singkat yang memperlihatkan bahwa kamera iPhone 14 kerap bergetar dan mengeluarkan suara ketika menjalankan aplikasi Snapchat.

Berdasarkan laporan Bloomberg, masalah pada kamera iPhone 14 Pro sudah terjadi sebanyak dua kali.

Permasalahan pertama terjadi saat hari peluncuran iPhone 14 Pro. Pengguna diminta untuk melakukan pembaruan sistem operasi iOS 16.0.1, untuk mengatasi permasalahan pada aplikasi FaceTime.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Kamera #iPhone #Pro #Dilaporkan #Bergoyang #Apple #Janji #Perbaiki #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts