Sejarah Oppo, Berawal dari Perusahaan Blu-ray Disc Player

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Nama Oppo saat ini mungkin sudah dikenal khalayak sebagai perusahaan yang membuat smartphone Android.

Read More

Meski demikian, perusahaan asal China tersebut awalnya bukan merupakan vendor yang membuat ponsel, melainkan produsen barang elektronik berupa Blu-ray Disc Player (BD Player).

Beragam produk tersebut dibuat di tahun pertama Oppo dirintis oleh Tony Chen pada 2004 di kawasan Guangdong, China. Kala itu, Oppo memasarkan produk tersebut untuk kawasan Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Berangkat dari kesuksesan ini, Oppo lantas memproduksi produk kategori lain yang berupa earphone berteknologi HiFi, hingga pemutar MP3/MP4 yang bisa dibilang cukup laku di pasaran.

Belum puas, Oppo lantas melakukan ekspansi ke bisnis ponsel genggam (HP) untuk pertama kalinya pada 2008 lalu melalui ponsel fitur (feature phone) bernama Oppo A103 “Smiley Face”. 

Gizmochina Oppo A103 Smiley Face.

Pada saat itu, Oppo identik dengan logo emotikon tersenyum alias “Smiley Face” yang nampak di logo “Oppo” itu sendiri. Karenanya, HP pertama Oppo tadi dihiasi dengan emotikon tersenyum yang terletak di bagian belakang perangkat.

Seiring berjalannya waktu dan demi mengikuti kemajuan teknologi, Oppo mulai ikut meramaikan pasar ponsel pintar (smartphone) dunia, terutama di China.

Perangkat smartphone pertama Oppo adalah Oppo X903 (Oppo Find Me) yang diluncurkan pada 2011 lalu. 

Ponsel ini merupakan ponsel Oppo Find Series pertama Oppo yang digunakan untuk memasuki industri smartphone.

Oppo Find X903.Oppo Oppo Find X903.

Secara spesifikasi, Oppo X903 memiliki layar 4 inci, dilengkapi dengan keyboard QWERTY yang dapat digeser ke samping (slider), prosesor 1 GHz, dan RAM 512 MB.

Setelah itu, barulah Oppo mulai “tancap gas” dan meluncurkan aneka perangkat smartphone mereka yang hadir dari beragam lini produk.

Berikut produk-produk ikonik pertama Oppo dari berbagai lini seri yang pernah dirilis di industri smartphone.

  • Oppo X903/Find Me (Oppo Find Series, 2013)
  • Oppo N1 (Oppo N Series, 2013)
  • Oppo R1 (Oppo R Series, 2014)
  • Oppo A33/Neo 7 (Oppo A Series, 2015)
  • Oppo F1 (Oppo F Series, 2016)
  • Oppo K1 (Oppo K Series, 2018)
  • Oppo Reno (Oppo Reno Series, 2019)

Merambah segmen IoT

Di luar smartphone, dan segmen produk pertamanya tadi yang berupa BD Player dan MP3/MP4 Player, Oppo juga merambah ke segmen produk pintar (Internet of Things/IoT) yang bisa dipakai oleh pengguna alias wearable.

Langkah Oppo untuk masuk ke segmen IoT diawali dengan Oppo Watch pada 2020 lalu, dan kemudian merambah ke produk true wireless stereo (TWS) earphone Oppo Enco Series, Oppo Band Series, Oppo 5G Router, hingga Oppo TV.

Saat ini, Oppo sendiri sudah menjadi salah satu vendor smartphone terbesar di dunia yang memasarkan perangkatnya di sekitar 50 negara.

Di Indonesia, Oppo kini memasarkan tiga lini smartphone, yaitu Oppo Find Series, Oppo Reno Series, dan Oppo A Series.

Dikutip KompasTekno dari situs web resmi Oppo, Minggu (28/8/2022), produk terbaru yang mereka tawarkan dari masing-masing lini tersebut adalah Oppo Find X5 Pro untuk Oppo Find Series, Oppo Reno7 5G untuk Oppo Reno Series, dan Oppo A57 untuk Oppo A Series.

Selain smartphone, mereka juga memasarkan sejumlah produk IoT di Tanah Air macam Oppo Watch Free, Oppo Band, Oppo Enco X, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Sejarah #Oppo #Berawal #dari #Perusahaan #Bluray #Disc #Player #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts