Layar Kecil di Samsung Galaxy Z Flip 4 Kini Lebih Banyak Fungsinya

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ponsel lipat terbaru Samsung, yaitu Galaxy Z Flip 4 masih mengadopsi sejumlah fitur dan spesifikasi yang serupa dengan Galaxy Z Flip 3.

Read More

Salah satunya adalah layar kecil berukuran 1,9 inci alias Cover Screen yang terletak di bagian punggung ponsel lipat tersebut.

Sama seperti Galaxy Z Flip 3, cover screen di Galaxy Z Flip 4 mendukung sejumlah fitur esensial seperti menampilkan informasi jam, notifikasi, dan digunakan sebagai viewfinder untuk selfie menggunakan kamera belakang.

Meski demikian, ada sejumlah fitur anyar yang kini dihadirkan Samsung di layar mungil berpanel Super AMOLED yang sudah dilapisi dengan Gorilla Glass Victus Plus tersebut.

Kini, cover screen di Samsung Z Flip 4 bisa dihiasi dengan latar belakang gambar (background), video, AR emoji, atau desain gambar yang sudah disediakan Samsung.

Nantinya, tampilan informasi jam dengan mode Always On Display (AOD) akan muncul di permukaan background, alih-alih di layar hitam saja sebagaimana penddahulunya.

Untuk mengganti latar belakang gambar cover screen Samsung Z Flip 4, pengguna cukup pergi ke menu “Settings” > “Cover Screen” > dan “Clock Style”.

Kemudian, pengguna bisa mengeklik tombol “Customize” untuk mengubah latar belakang tampilan AOD di cover screen mereka, seperti gambar di tengah berikut ini.

KOMPAS.com/BILL CLINTEN Tampilan menu pengaturan Cover Screen di Galaxy Z Flip 4.

Menariknya, tampilan cover screen yang dihiasi latar belakang gambar ini bisa diselaraskan dengan tampilan utama arloji pintar (smartwatch) alias clock face.

Dengan begitu, cover screen di Galaxy Z Flip 4 bakal sangat berguna bagi mereka yang senang menghiasi layar ponsel dengan berbagai warna atau gambar unik, sehingga tampilannya berbeda dari pemilik Samsung Z Flip 4 lainnya.

Selain latar belakang gambar yang bervariasi, cover screen Galaxy Z Flip 4 juga kini memiliki beberapa fungsi yang sebelumnya tidak ada di cover screen Galaxy Z Flip 3.

Di antaranya seperti fitur untuk membalas pesan, melakukan panggilan, widget atau tombol untuk mengaktifkan WiFi atau Bluetooth, menggunakan Samsung Wallet, mengontrol perangkat smart home, dan masih banyak lagi.

Sejumlah fitur-fitur atau kontrol widget ini bisa diaktifkan melalui tampilan pengaturan Cover Screen, tepatnya melalui menu “Widgets”, sebagaimana ilustrasi gambar sebelah kiri di atas.

Lalu, pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan, begitu juga menyusun widgets yang ada di cover screen supaya lebih mudah dan cepat diakses. Tampilan pengaktifan aneka widgets tersebut bisa dilihat pada gambar di sebelah kanan di atas.

Di samping fitur-fitur yang sudah disebutkan tadi, ada pula fitur Quick Shot yang diperbarui dengan Portrait Mode.

Dengan fitur ini, pengguna bisa melihat efek buram (blur) alias bokeh yang diterapkan langsung melalui cover screen, tentunya dengan rasio gambar yang sesungguhnya.

Kemudian, Quick Shot juga kini bisa merekam video berkualitas tinggi secara langsung tanpa harus membuka atau membentangkan layar Samsung Z Flip 4.

Penasaran ingin mencoba fitur cover screen Galaxy Z Flip 4? Saat ini, ponsel lipat terbaru Samsung itu sudah bisa dipesan di situs Samsung.com, dengan banderol termurah Rp 14 juta untuk varian 8 GB/128 GB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Layar #Kecil #Samsung #Galaxy #Flip #Kini #Lebih #Banyak #Fungsinya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts