Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Sembunyikan Nomor Telepon di Grup?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – WhatsApp tampaknya semakin serius soal privasi penggunanya. Beberapa fitur yang dirilis belakangan, fokus untuk melindungi privasi pengguna.

Read More

Fitur privasi lain kabarnya juga tengah disiapkan WhatsApp. Kabarnya, aplikasi perpesanan besutan Meta ini tengah menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan nomor ponselnya dari pengguna lainnya pada sebuah sub-grup.

Fitur ini kabarnya sedang dikembangkan dan terlihat pada aplikasi WhatsApp versi beta untuk Android.

Sub-grup sendiri merupakan fitur yang cukup baru di WhatsApp. Fitur ini seperti grup kecil yang tetap terhubung pada satu grup besar. Namun, ada kemungkinan bahwa tidak semua orang akrab dengan anggota sub-grup masing-masing.

Untuk itu, WhatsApp akan menghadirkan fitur yang bisa menyembunyikan nomor telepon pengguna dari anggota lain pada sub-grup yang sama.

Pengaturan default dari fitur ini akan menyembunyikan nomor pengguna, seperti pada gambar yang dibagikan WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp, berikut ini.

wa Fitur berbagi nomor telepon WhatsApp

Jadi, pengguna tidak perlu mengubahnya secara manual, kecuali jika bersedia membagikan rincian nomor telepon ke anggota lainnya. Pengguna bisa mengaktifkan fitur “Berbagi nomor telepon” pada pengaturan grup WhatsApp.

Dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (10/8/2022), fitur ini masih terbatas untuk grup WhatsApp saja. Dengan kata lain, nomor telepon pengguna tidak bisa disembunyikan dari pengguna WhatsApp (personal) lainnya.

Fitur ini juga masih dalam tahap uji coba untuk pengguna WhatsApp beta Android versi 2.22.17.23. Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia dalam versi stabil atau kapan disebarkan ke semua pengguna.

Fitur pelapis keamanan

Selain fitur untuk menyembunyikan nomor telepon dari member sub-grup, WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur yang berfungsi untuk melapisi sistem keamanan verifikasi dua langkah atau 2FA.

Fitur ini nantinya akan memberikan prompt (semacam petunjuk untuk melakukan perintah) berupa jendela notifikasi yang akan memperingatkan pengguna ketika akunnya login di perangkat yang berbeda.

Fitur ini berkaitan dengan dukungan multi-perangkat pada aplikasi WhatsApp, yang memungkinkan pengguna membuka akun yang sama pada perangkat yang berbeda, misalnya laptop dan ponsel.

Nantinya, setiap kali akun pengguna login di perangkat berbeda, ponsel utama akan memunculkan prompt berisi keterangan waktu dan nomor model perangkat yang digunakan. Peringatan tersebut juga akan dilengkapi dengan dua opsi, yaitu opsi untuk mengizinkan login pada perangkat berbeda atau menolaknya.

Fitur peringatan login WhatsApp di perangkat lainWABetaInfo Fitur peringatan login WhatsApp di perangkat lain

Fitur ini sendiri mirip seperti fitur keamanan pada aplikasi Instagram, utamanya ketika akun yang sama dipasang pada perangkat berbeda.

Adapun pada aplikasi WhatsApp, fitur peringatan ini masih dalam tahap uji coba. Belum dapat dipastikan kapan fitur ini rampung dikembangkan perusahaan hingga akhirnya dirilis ke semua pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pengguna #WhatsApp #Bakal #Bisa #Sembunyikan #Nomor #Telepon #Grup #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts