Status Online WhatsApp Bisa Disembunyikan dari Orang Tertentu

  • Whatsapp

KOMPAS.com – WhatsApp akhirnya bakal menghadirkan salah satu fitur yang banyak dinanti-nanti pengguna, yaitu menyembunyikan status “online” di WhatsApp, meski sedang aktif.

Read More

Dengan begitu, pengguna lebih memiliki kontrol untuk menampilkan status online kepada orang-orang yang diinginkannya saja.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (9/8/2022), WhatsApp memastikan bakal menggulirkan fitur untuk menyembunyikan status online di WhatsApp pada Agustus ini.

“WhatsApp memahami bahwa status online tidak selalu berarti Anda bersedia untuk mengobrol. Pengaturan baru memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat melihat status online mereka,” tulis WhatsApp dalam keterangan resminya.

Status bertuliskan “online” ini tertera tepat di bawah nama kontak pengguna. Bila status online muncul, artinya pengguna sedang membuka aplikasi WhatsAapp, entah itu sedang chatting, scrolling beranda WhatsApp, atau sedang membuat Status WhatsApp.

Mengetahui sedang online, pengguna lain bisa saja langsung bergegas mengirimi pesan, dan berharap bahwa pesannya segera dibaca dan dibalas.

Persoalannya, sebagian pengguna WhatsApp lebih menyukai bila status “online” tersebut tidak terlihat oleh orang tertentu. Sehingga, orang tersebut tidak perlu mengetahui apakah pengguna sedang aktif di WhatsApp atau tidak.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu merasa tertekan atau tak enak hati bila menunda atau mengabaikan pesan masuk dari pengguna lain ketika sedang aktif di WhatsApp.

Cara sembunyikan status online

Meski belum resmi dirilis resmi ke pengguna, WhatsApp sudah membagikan ilustrasi cara menyembunyikan status online ini.

Nantinya, opsi untuk menyembunyikan status online WhatsApp bakal tersedia di menu “Privasi”. Cara mengaksesnya, pengguna tinggal buka Settings (setelah) > Account (akun) > Privacy (privasi) > last seen & online (terakhir dilihat dan online).

dok. WhatsApp Ilustrasi pengaturan untuk menyembunyikan status online di WhatsApp.

Lalu, di laman pengaturan “last seen & online”, pengguna akan menemui sub menu “who can see my last seen” (siapa yang dapat melihat ‘terakhir dilihat’ saya) dan “who can see when I’m online” (siapa yang dapat melihat ketika saya online), seperti gambar di samping.

Pengguna dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat status online miliknya di sub-menu “who can see when I’m online”.

Pilihan yang tersedia ada dua. Pertama, yaitu “Everyone” bila semua pengguna dalam kontak ataupun penggunua yang baru berinteraksi (nomor yang belum disimpan), bisa melihat status online pengguna.

Opsi kedua adalah “same as last seen” atau menyamakan pengaturan dengan fitur “who can see my last seen” sebelumnya.

Di sub-menu “who can see my last seen”, pengguna dapat mengontrol informasi kapan terakhir kali dia online (last seen) dengan empat pilihan pengaturan, sebagai berikut:

  • Pertama, “Everyone” yang berarti semua pengguna dapat melihat waktu terakhir Anda aktif
  • Kedua, “My Contacts” yang memungkinkan hanya nomor kontak yang disimpan saja yang dapat melihat last seen pengguna
  • Ketiga, “My Contacts Except …” memungkinkan pengguna mengecualikan beberapa nomor kontak lebih spesifik untuk tidak melihat last seen.
  • Keempat, “Nobody” yang berarti tidak ada seorang pengguna pun yang dapat melihat kapan terakhir pengguna aktif di WhatsApp.

Perlu dicatat, pengaturan untuk menyembunyikan status online ini berlaku dua arah. Artinya, bila pengguna menyembunyikan status online miliknya, maka pengguna juga tidak dapat melihat status online milik pengguna lain.

Sebagai contoh, pengguna hanya ingin status online di WhatsApp-nya bisa dilihat oleh orang-orang yang dikenalnya saja.

Berarti, pengguna bisa mengatur “who can see my last seen” dengan opsi “My Contact”, lalu mengatur “who can see when I’m online” ke opsi “same as last seen”.

Dengan begitu, pengguna yang nomornya tidak disimpan oleh Anda tidak bisa melihat status online milik Anda. Begitupun sebaliknya, Anda juga tidak bisa melihat status online dari pengguna yang nomornya belum Anda simpan di kontak ponsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Status #Online #WhatsApp #Bisa #Disembunyikan #dari #Orang #Tertentu #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts