Tak Ada Samsung Galaxy S23 Series yang Pakai Chip Exynos?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Selama beberapa tahun belakangan, ponsel flagship Samsung Galaxy S Series selalu hadir dalam dua varian chipset.

Read More

Kedua chipset tersebut adalah chipset flagship Exynos buatan Samsung, atau chipset flagship Snapdragon buatan Qualcomm.

Galaxy S22 Series untuk wilayah Eropa, misalnya, ditenagai dengan chipset Exynos 2200, sedangkan Galaxy S22 Series di luar wilayah Eropa dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Nah, tahun depan, smartphone premium Samsung di seri Galaxy S, yang kemungkinan bakal bernama Galaxy S23 Series, disinyalir hanya akan hadir dengan chipset buatan Qualcomm saja.

Hal ini mencuat setelah CEO Qualcomm Cristiano Amon mengumbar bahwa chipset Snapdragon 8 Gen 1 membekali kurang lebih 75 persen dari seluruh unit Galaxy S22 Series yang ada di dunia.

Ia sebenarnya tak menjelaskan secara gamblang bahwa seluruh model Galaxy S23 Series bakal ditenagai eksklusif dengan chipset flagship terbaru mereka, yang konon bakal bernama Snapdragon 8 Gen 2.

Namun, ia memberikan “kode” bahwa angka 75 persen tadi mungkin bakal meningkat pada Galaxy S23 Series. Artinya, ada kemungkinan bahwa 75-100 persen model Galaxy S23 Series di seluruh dunia akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2. 

“Saat ini, chipset kami ada di 75 persen total unit Galaxy S22 Series. Anda mungkin berpikir bahwa angka tersebut bisa saja bakal meningkat di masa depan di Galaxy S23 Series dan ponsel Galaxy S Series generasi selanjutnya,” tutur Amon, dikutip KompasTekno dari GSMArena, Senin (31/7/2022).

Amon menambahkan bahwa kerja sama Samsung dan Qualcomm, yang diperpanjang hingga 2030 mendatang, saat ini sudah terjalin di luar segmen smartphone. Di antaranya mencakup segmen tablet, PC, dan masih banyak lagi.

Dengan kata lain, komponen atau produk Qualcomm pastinya akan hadir di beberapa produk Samsung hingga kurang lebih delapan tahun mendatang.

Pakai Snapdragon hingga 2024?

Qualcomm Chip Snapdragon 8 Gen 1.

Belum bisa dipastikan apakah rumor di atas benar atau tidak. Namun, jika mengacu pada kabar sebelumnya, Samsung dikabarkan tengah membuat sebuah tim yang fokus untuk mengembangkan chipset Exynos generasi terbaru.

Konon, chipset tersebut bukan merupakan generasi penerus dari Exynos 2200 dan akan menjadi chipset yang sepenuhnya baru atau berasal dari lini anyar, yang disebut-sebut bakal memiliki peningkatan signifikan.

Karena merupakan chipset baru, maka pengembangannya kemungkinan bakal memakan proses yang cukup lama, dan mungkin bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Kabar pengembangan chipset baru Samsung ini lantas memunculkan rumor lainnya, yang mengeklaim bahwa perangkat Galaxy S Series terbaru kemungkinan bakal memakai chipset Snapdragon hingga 2024 mendatang.

Sama seperti kabar di atas, belum diketahui apakah rumor ini akurat atau tidak.

Informasi lebih jelas kemungkinan bakal disampaikan dalam peluncuran Snapdragon 8 Gen 2 pada pertengahan November 2022 mendatang, atau di peluncuran Galaxy S23 Series pada awal tahun 2023 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tak #Ada #Samsung #Galaxy #S23 #Series #yang #Pakai #Chip #Exynos #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts