Daftar Harga Nintendo Switch di Indonesia Juli 2022

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Nintendo Switch masih menjadi konsol game yang digemari, keistimewaannya adalag konsol ini dapat dimainkan dalam dua mode berbeda, yakni mode genggam (handheld) dan mode dock.

Read More

Sejauh ini Nintendo telah merilis empat jenis Switch yang terdiri dari Nintendo Switch generasi pertama (V1), Nintendo Switch V2, Nintendo Switch Lite, dan yang paling terbaru Nintendo Switch OLED.

Keempatnya memiliki keunggulan yang berbeda-beda, dengan harga jual yang berbeda-beda pula. Untuk Switch generasi terbaru yang sudah dilengkapi dengan layar OLED, Nintendo mematok harga internasional sebesar 350 dolar AS atau sekitar Rp 5,2 juta.

Switch versi reguler (V2) dijual seharga 300 dollar AS (sekitar Rp 4,5 juta), sedangkan Switch Lite adalah yang termurah dengan banderol 200 dollar AS (Rp 3 juta).

Namun, maraknya penyebaran Covid-19 yang terjadi mulai 2019 lalu sempat membuat harga konsol Nintendo Switch melambung. Harga konsol hybrid ini bahkan melonjak hingga dua kali lipat dibanding harga aslinya.

Kenaikan harga Nintendo Switch disebabkan oleh kelangkaan stok chip di pasaran, sehingga beberapa produsen konsol kesulitan dalam memproduksi konsol secara rutin.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga telah menyebabkan peningkatan penjualan konsol di seluruh dunia sebesar 155 persen, yang semakin memperburuk masalah ketersediaan stok konsol.

Lantas, bagaimana dengan harga Nintendo Switch di Indonesia pada pertengahan tahun 2022 ini?

Stok dan harga Nintendo Switch di Indonesia

Untuk mengetahui stok dan harga terkini dari Nintendo Switch, KompasTekno melakukan penelusuran sejumlah mitra resmi seperti PSEnterprise (PSe), GSShop, Butik Games, Drakuli, Terminal Game, Multigame, Liberty Game, hingga Supergameshop.

Pantauan KompasTekno di sejumlah marketplace di Indonesia pada Senin (22/7/2022), stok Nintendo Switch di Indonesia terpantau normal. Sebagian besar mitra resmi Nintendo masih memiliki ketersediaan yang banyak untuk konsol Nintendo Switch V2 dan Nintendo Switch Lite.

Namun, masyarakat memang masih harus melakukan pemesanan awal (pre-order) untuk bisa membawa pulang konsol Nintendo Switch OLED. Selain dari ketersediaan stok, harga konsol Nintendo Switch juga terpantau pulih.

KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Harga terbaru Nintendo Switch di sejumlah e-commerce di Indonesia.
  • Harga Nintendo Switch V2 di Indonesia dijual dengan kisaran harga Rp 3,6 juta hingga Rp 4,4 juta.
  • Harga tersebut mengalami penurunan dibanding harga Nintendo Switch V2 yang dijual pada pertengahan 2020 lalu, yakni Rp 6 juta hingga Rp 9 juta.
  • Sementara harga Nintendo Switch V1 Juli 2022 berkisar antara Rp 2,4 juta hingga Rp 2,9 juta.
  • Sebagai pendatang baru, Nintendo Switch OLED masih dijual dengan harga yang stabil. Harga Nintendo Switch OLED di kisaran Rp 4,6 juta hingga Rp 4,8 juta.

Masuk konsol terlaris

Hanya dalam kurun waktu dua tahun setelah dirilis, Nintendo Switch berhasil melampaui angka penjualan Super Nintendo Entertaintment System (SNES).

Pada akhir tahun 2019 lalu, Nintendo tercatat berhasil menjual lebih dari 52 juta unit konsol Switch. Angka tersebut mengalahkan rekor penjualan konsol lawas SNES yang mencapai 49,7 juta unit selama masa penjualannya, yakni dari 1990 hingga 2003.

Pada Mei 2022 ini, penjualan Nintendo Switch naik hampir dua kali lipat, ke angka 107,65 juta unit.

Menurut laporan GizChina, Nintendo Switch menjadi konsol terlaris ketiga di pasaran karena siklus hidupnya yang masih panjang.

Saat ini, Switch dikabarkan berada di tengah siklus hidupnya. Artinya, pemain masih bisa membeli konsol game ini selama beberapa tahun ke depan. Selain itu, switch juga menawarkan banyak judul game menarik, seperti sekuel Zelda, Metroid Prime 4, dan Bayonetta 3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Daftar #Harga #Nintendo #Switch #Indonesia #Juli #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts