Semua Video IG di Bawah 15 Menit Diubah Jadi Reels

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Setelah melalui uji coba selama beberapa bulan, Reels dipastikan bakal menjadi satu-satunya format video singkat di feed Instagram. Artinya Instagram akan melebur format video di feed dan Instagram TV (IGTV) menjadi Reels.

Read More

Hal ini diumumkan secara langsung oleh CEO Instagram, Adam Mosseri baru-baru ini.

“Jadi, hanya akan ada satu format video di Instagram dan itu akan adalah Reels,” kata Mosseri dalam sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya dengan handle @mosseri.

Selama ini, Instagram memang memiliki sejumlah format video di platformnya, yaitu Instagram Stories, video feed, Instagram TV, dan Reels.

Video feed, IGTV, dan Reels menjadi tiga format video yang sama-sama ditampilkan di bagian feed atau linimasa Instagram dengan limit durasi yang berbeda. Video standar di feed memiliki durasi 3-60 detik, IGTV berdurasi 15 detik-60 menit, dan Reels berdurasi 15-90 detik.

Mosseri mengatakan, Instagram ingin menyeragamkan ketiga format video yang muncul di feed itu menjadi Reels. Tujuannya agar Instagram menjadi lebih sederhana dan mudah digunakan pengguna.

Peleburan video feed dan IGTV menjadi Reels ini juga merupakan bagian dari upaya Instagram untuk menawarkan pengalaman konten dengan tampilan layar penuh yang lebih baik lagi.

Perusahaan juga menggabungkan tab video dan Reel di profil pengguna menjadi satu untuk membuat satu rumah untuk semua video di aplikasi.

Instagram juga menghilangkan tab “video” di profil pengguna, yang biasa menampilkan seluruh video feed yang telah diunggah. Nantinya, seluruh video akan ditampilkan di tab “Reels”.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (22/7/2022), video feed maupun Instagram TV yang sudah diunggah sebelum kebijakan baru ini berlaku, tidak akan dikonversi menjadi format Reels.

Artinya, tidak ada perubahan format bagi video lama yang ada di profil pengguna.

Lantas, bagaimana nasib video di atas 15 menit? Bila lebih dari 15 menit, video akan tetap dalam format IGTV.

Fitur baru Reels

Meta Fitur Template (kanan) dan dual camera (kiri) di Reels Instagram.

Setelah dilebur menjadi konten Reels, video feed dan Instagram TV berdurasi kurang dari 15 menit tidak hanya bakal muncul di feed pengguna saja, melainkan juga bakal ikut ditampilkan di tab Reels yang ada di beranda Instagram.

Bila akun pengguna bersifat publik, pengguna lain juga dapat me-remix Reels pengguna. Di samping itu, Mosseri juga mengumumkan tiga fitur baru di Reels.

Pertama, hadirnya fitur “Template” (templat) di Reels Instagram. Fitur Template memungkinkan pengguna untuk membuat Reels menggunakan struktur video yang sama dengan Reels dari pengguna lain.

Pengguna tinggal buka kamera Reels > klik “Templates” > pilih template yang ingin digunakan > klik “Use Template” (gunakan template).

Dengan begitu, pengguna mendapatkan struktur video berupa urutan audio dan klip seperti Reels yang dipilihnya tadi. Setelah itu, pengguna tinggal menyesuaikan template dengan konten pengguna.

Fitur ini sudah bisa dijajal pengguna Instagram Indonesia. Pantauan KompasTekno, Jumat (22/7/2022), fitur Template Reels ini sudah tersedia di aplikasi Instagram versi 244.1.0.19.110 di ponsel Android.

Kedua, fitur Remix foto. Dengan begitu, pengguna Instagram bisa membuat video Remix Reels dari postingan foto pengguna, tidak hanya video saja.

Peningkatan lain adalah hadirnya tata letak (layout) Remix yang baru. Di samping format bersebelahan (kanan-kiri), kini terdapat layout Remix Reels seperti picture-in-picture, green-screen, dan atas-bawah (top-bottom).

Fitur baru pada Remix Reels ini juga sudah bisa dijajal pengguna Instagram di Tanah Air.

Ketiga, Mosseri mengumumkan fitur “dual camera”. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan kamera depan dan belakang ketika membuat video Reels. Belum diketahui kapan fitur ini bakal resmi hadir di Instagram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Semua #Video #Bawah #Menit #Diubah #Jadi #Reels #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts