Pengguna iPhone dan iPad Kini Bisa Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Youtube akhirnya menambahkan dukungan mode picture-in-picture (PiP) untuk iOS dan iPadOS. Dengan mode ini, pengguna bisa menonton video dari aplikasi Youtube melalui layar kecil, sembari membuka aplikasi lainnya.

Read More

Fitur ini semula hanya tersedia resmi untuk pengguna Youtube versi web serta Android. Namun kini Google sebagai pemilik Youtube, memperluas dukungannya mode PiP ke platform milik iOS dan iPadOS.

Jadi, pengguna iPhone atau iPad bisa menonton video Youtube sekaligus membuka aplikasi lain.

Selain bagi pengguna Youtube versi iOS dan iPadOS, mode PiP juga kini tersedia untuk semua pengguna Youtube Premium.

“PiP perlahan diluncurkan untuk Youtube di iPhone dan iPad sebagaimana Android. PiP akan tersedia untuk pelanggan Youtube Premium secara global dan member non-Premium di Amerika Serikat (khusus non-musik),” tulis Youtube mengumumkan dukungan mode PiP untuk iOS dan iPadOS melalui Twitter.

Bagi pengguna iOS dan iPadOS yang memakai Youtube Premium, mode PiP akan tersedia untuk semua pengguna di manapun dan untuk konten apapun.

Namun bagi pengguna Youtube reguler atau gratis, mereka hanya bisa memakai mode PiP untuk konten non-musik. Dengan kata lain, video Youtube yang bisa diputar sambil membuka aplikasi lain, hanya video yang memuat konten non-musik, seperti materi pelajaran, talk show atau lainnya.

Berdasarkan postingan di laman Google Support, mode PiP tersedia di iOS secara bertahap. Begitu pula dengan iPadOS, namun khusus untuk perangkat yang berjalan dengan iPadOS 15.0 atau versi lebih tinggi.

Cara pakai mode PiP di Youtube Premium iOS/iPadOS

  • Buka menu “Pengaturan/Settings”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Umum/General”.
  • Aktifkan mode “Picture-in-picture”.

Dirangkum KompasTekno dari laman Google Support, Kamis (14/7/2022), jika pengguna tidak mengaktifkan fitur ini, video akan diputar di latar belakang (background) aplikasi. Walhasil, pengguna hanya akan mendengar audio saja.

Cara pakai mode PiP di Youtube iOS/iPadOS

Menurut Google Support, cara pakai mode PiP di Youtube versi iOS/iPadOS hanya dengan memilih video dan memutarnya, kemudian keluar dari aplikasi Youtube dengan swipe layar atau menekan tombol home.

Dengan begitu, video yang diputar tadi akan tampil pada layar kecil, sehingga pengguna bisa mengakses aplikasi lainnya sambil menonton video. Pengguna juga bisa mengatur posisi layar pemutar video misalnya ketika tampilan aplikasi lainnya tertutup konten.

Mode PiP di Youtube sendiri sudah tersedia untuk pengguna Youtube web dan Android. Namun secara teknis mode tersebut hanya dapat berjalan ketika pengguna mengakses Youtube (versi gratis) lewat browser seperti Chrome maupun Firefox.

Belum diketahui apakah praktik yang sama akan berlaku untuk Youtube versi iOS/iPadOS. Sebab, laman Google Support tidak begitu merinci hal tersebut.

Adapun bagi pengguna Youtube Premium, mode PiP bisa diterapkan tanpa browser.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Pengguna #iPhone #dan #iPad #Kini #Bisa #Nonton #YouTube #Sambil #Buka #Aplikasi #Lain #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts