Resmi Masuk Indonesia 17 Juni, Ini 4 Fitur Andalan iPhone SE 3 (2022)

  • Whatsapp

KOMPAS.com – iPhone SE 2022 atau iPhone SE 3 (generasi ketiga) akhirnya resmi masuk di Indonesia mulai 17 Juni 2022. Sebelumnya, iPhone versi murah ini telah lebih dulu dikenalkan ke publik pada Maret lalu.

Read More

Sebagai penerus iPhone SE 2 (generasi kedua), iPhone SE 3 secara tampang mungkin tak banyak perubahan. Ponsel berbasis iOS buatan Apple ini masih menggunakan desain yang serupa dengan iPhone SE 2.

Di sisi depan, iPhone SE 2022 masih menggunakan layar berbentang 4,7 inci, dengan terdapat bezel yang cukup lebar di bagian atas layar untuk meletakkan kamera selfie beresolusi 7 MP (F/2.2) dan speaker.

Bezel itu juga terdapat di bagian bawah layar sebagai wadah Touch ID. Di bagian punggung, desain iPhone SE 3 juga masih sama seperti pendahulunya, yakni hanya dibekali dengan satu kamera belakang beresolusi 12 MP (F/1.8) dengan lampu LED Flash di sebelahnya.

Kendati dari segi desain iPhone SE 2022 tak bisa berbicara banyak, namun Apple sejatinya telah membekali beberapa fitur yang bisa jadi andalan ponsel tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan fitur andalan iPhone SE 2022.

Fitur iPhone SE 3 yang jadi andalan

1. Menggunakan chipset iPhone 13 series

Seri iPhone SE sengaja dirancang Apple sebagai ponsel murah dengan performa yang dapat diandalkan. Seperti seri-seri sebelumnya, iPhone SE 3 juga dibekali dengan chipset terbaru dari Apple.

Untuk menopang kinerja iPhone SE 2022, Apple membekalinya dengan chipset A15 Bionic yang dipakai pula pada seri iPhone 13. Dengan β€œDNA” yang sama, kelancaran pengoperasian iPhone SE 2022 bakal terasa seperti di iPhone 13 series.

2. Mendukung konektivitas jaringan 5G

Penggunaan chipset A15 Bionic berimplikasi besar pada kehadiran sejumlah peningkatan fitur pada iPhone SE 2022 dibanding pendahulunya. Salah satu peningkatan fitur tersebut dapat dilihat di sektor konektivitas jaringan seluler.

Dengan chipset A15 Bionic, iPhone SE 3 mendapat dukungan konektivitas jaringan seluler terbaru 5G. Sementara untuk iPhone SE 2 dengan chipset A13 Bionic, hanya mendukung jaringan 4G.

3. Mengusung Smart HDR 4 dan Deep Fusion

Fitur iPhone SE 2022 yang juga jadi andalan berikutnya ada di sektor kamera. Apple membekali kamera belakang ponsel ini dengan fitur Smart HDR 4 dan Deep Fusion.

Lewat dua fitur tersebut, kamera belakang iPhone SE 2022 diklaim dapat menghasilkan gambar dengan warna yang lebih tajam, serta tekstur yang lebih halus dan detail, kendati dalam kondisi minim pencahayaan sekalipun.

4. Baterai yang lebih tahan lama dari iPhone SE 2020

Di sektor daya, iPhone SE 2022 memiliki baterai yang lebih tahan lama dibanding iPhone SE 2020. Apple mengeklaim baterai iPhone SE 2022 mampu digunakan memutar video selama 15 jam dari kondisi daya penuh hingga kosong.

Baterai tersebut juga telah didukung dengan teknologi pengisian daya cepat 20 W. Sedangkan iPhone SE 2020, baterainya hanya tahan digunakan memutar video selama 13 jam, dengan dukungan pengisian daya cepat 18 W.

Itulah sekiranya empat fitur iPhone SE 3 yang jadi andalan. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai spesifikasi iPhone SE 3, bisa dilihat pada artikel ini β€œβ€.

Sementara itu, untuk ketersediaannya di Indonesia, menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno dari Erajaya Group, Jumat, (10/6/2022), iPhone SE 3 bakal dapat dibeli mulai 17 Juni mendatang.

Harga yang ditawarkannya pun beragam, bergantung dari varian kapasitas penyimpanan yang dipilih. Adapun harga iPhone SE 2022 di Indonesia yang termurah adalah Rp 8 juta, untuk varian kapasitas penyimpanan 64 GB.

Di Indonesia, iPhone SE 2022 bakal ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yaitu Midnight, Starlight, (Product) RED. Bila tertarik untuk membelinya, berikut adalah daftar harga iPhone SE 2022 di Indonsia, sebagaimana dihimpun dari situs iBox dan Digimap.

  • iPhone SE 3 64 GB : Rp 7.999.000
  • iPhone SE 3 128 GB : Rp 9.499.000
  • iPhone SE 3 256 GB : Rp 10.000.000

Pembelian iPhone SE 3 nantinya dapat dilakukan secara offline di toko distributor resmi Apple, seperti iBox (Erajaya Group), Digimap (MAP Group), atau Urban Republic di seluruh Indonesia. Bisa pula secara online lewat marketplace dari iBox atau Digimap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Resmi #Masuk #Indonesia #Juni #Ini #Fitur #Andalan #iPhone #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts