Siap-siap Game Gratis Xbox Akan Diselipi Iklan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Microsoft nampaknya bakal menyisipkan iklan pada sejumlah game di konsol Xbox. Diduga bahwa iklan akan disematkan pada game balap (racing) atau petualangan open-world yang dapat dimainkan secara gratis (free-to-play).

Read More

Berdasarkan keterangan yang disampaikan sumber terpercaya di industri kepada Business Insider, iklan tersebut konon bakal ditampilkan dalam bentuk sebuah papan advertensi digital, dan mulai digelontorkan Microsoft pada kuartal III-2022 mendatang.

Menerapkan iklan di game konsol digadang-gadang dapat menjadi strategi baru Microsoft untuk menjangkau target kalangan anak-anak dan remaja. Sebelumnya, iklan memang telah banyak disajikan pada game, meski hanya terbatas pada game mobile saja.

Langkah implementasi iklan ini nampaknya akan dilakukan Microsoft dengan hati-hati, karena dikhawatirkan dapat mengganggu pengalaman saat bermain.

Dikatakan bahwa Microsoft hanya akan memberikan kesempatan untuk beriklan kepada sejumlah pihak tertentu. Namun, upaya tersebut tidak menutup kemungkinan akan adanya perubahan pada elemen dan objek yang ada di dalam game.

Masih belum diketahui secara pasti alasan dari munculnya gagasan untuk menerapkan iklan di game konsol Xbox, begitu pula jenis konsol Xbox yang dimaksud.

Kemungkinan besar iklan bakal disematkan pada Xbox One serta Xbox Series X dan S, mengingat masih tingginya popularitas kedua konsol tersebut.

Kendati demikian, upaya tersebut nampaknya tidak dilakukan untuk meraih keuntungan semata. Selaku pihak pengembang, Microsoft digadang-gadang hanya bermaksud untuk mengembangkan jaringan iklan di ekosistem konsol Xbox.

Pendapatan yang diraih dari iklan konon justru akan dibagikan kepada pihak pengembang game terkait. Hal ini membuka peluang yang lebih besar bagi pihak pengembang game gratis untuk mendulang sumber penghasilan yang lebih banyak.

Sebelumnya, sebagian besar pendapatan yang diraih pengembang game gratis hanya berasal dari aktivitas pembelian item di dalam aplikasi (in-game purchase) seperti skin atau battle pass.

Microsoft disinyalir akan menggunakan sistem pengamanan terhadap data yang dikumpulkan sehingga mencegah sejumlah pihak, salah satunya seperti mesin pencarian Bing, untuk dapat menggunakan data tersebut.

Meski demikian, kabar mengenai munculnya iklan di game gratis Xbox hanya sebatas rumor belaka. Hingga saat ini Microsoft masih enggan untuk mengonfirmasi kebenaran dari rumor yang beredar.

“Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman bagi para pemain dan pengembang, tetapi kami tidak memiliki keterangan lebih lanjut untuk dibagikan,” ungkap salah seorang juru bicara Microsoft, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (20/2/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Siapsiap #Game #Gratis #Xbox #Akan #Diselipi #Iklan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts