Apple Jadi Produk Populer di Kalangan Remaja AS

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sejumlah produk Apple yakni iPhone, Apple Watch, dan AirPods, menjadi barang yang digemari banyak remaja di Amerika Serikat, menurut survei yang dilakukan firma riset Piper Sandler.

Read More

Berdasarkan survei yang dilakukan Piper Sandler kepada 7.100 remaja di 44 negara bagian AS, Apple masih menjadi merek yang populer di kalangan remaja karena banyak dari mereka memiliki sejumlah produk Apple, seperti AirPods, serta tingginya permintaan iPhone 13 yang jadi model terbaru.

Hasil riset yang dilakukan Piper Sandler menyebut, dari 7.100 remaja di 44 negara bagian AS yang mengikuti survei, sebanyak 87 persen diantaranya mengaku memiliki iPhone. Persentase itu naik tipis dari angka kepemilikan iPhone menurut survei perusahaan di tahun lalu yang berada di angka 86 persen.

Kemudian, untuk survei kepeminatan untuk beralih menggunakan iPhone, tampaknya tidak banyak mengalami perubahan. Minat remaja untuk menjadi pengguna iPhone turun tipis sebanyak 1 persen, menjadi 87 persen pada survei yang dilakukan di bulan Maret 2022.

Pada survei tahun lalu yang dilakukan pada September-Desember 2021, persentasi remaja Amerika Serikat yang ingin menjadi pengguna iPhone sebesar 88 persen dan disebut menjadi rekor tertinggi selama survei ini dilakukan.

“Baik kepemilikan iPhone sebesar 87 persen atau niat untuk hijrah ke iPhone yang juga 87 persen, masih mendekati rekor tertinggi perusahaan sebelumnya,” kata Piper Sandler, Rabu (6/4/2022).

Survei ini mencatat juga kepemilikan iPhone model terbaru di kalangan remaja. Di tahun lalu, ketika iPhone 12 debut, sebanyak 12 persen remaja yang mengikuti survei sudah memiliki iPhone 12 ketika survei dilakukan.

Sementara tahun ini, angka kepemilikan iPhone model terbaru meningkat. Sebanyak 18 persen remaja yang mengikuti survei sudah memiliki iPhone 13 ketika survei dilakukan tahun ini.

Perusahaan asal Minneapolis, AS, itu menyebut permintaan iPhone 13 di kalangan remaja masih tinggi. Remaja yang inginĀ upgradeĀ iPhone miliknya menjadi iPhone 13, dicatat perusahaan mencapai 23 persen.

“Tren ini baik untuk Apple, karena Apple terus memperkenalkan iPhone baru yang mendukung 5G dan terus mendatangkan siklus produk baru,” kata perusahaan.

Hal yang sama terjadi di produk Apple Watch. Pada survei tahun lalu, perusahaan mencatat kepemilikan Apple Watch sebanyak 30 persen dari total remaja yang mengikuti survei. Di tahun ini, remaja yang tercatat memiliki Apple Watch adalah 34 persen.

Minat remaja untuk membeli Apple Watch juga naik sebanyak 1 persen menjadi 14 persen dalam waktu enam bulan. Riset yang dilakukan di tahun 2021, atau enam bulan sebelumnya mencatat minat beli Apple Watch di angka 13 persen.

Sementara untuk AirPods, Piper Sandler mencatat rekor tertingginya dalam survei di tahun 2022. Sebanyak 72 persen remaja yang mengikuti survei mengaku memiliki AirPods.

Tren popularitas Apple di kalangan remaja ini juga berdampak pada pertumbuhan layanan lain. Apple Pay misalnya, yang saat ini menjadi aplikasi pembayaran digital pertama. Dominasi itu tak lepas dari 87 persen remaja AS yang memiliki iPhone, menurut surveri Piper Sandler.

Dirangkum KompasTekno dari AppleInsider, survei ini mengalami penurunan pada jumlah sample. Tahun lalu, perusahaan melakuan survei kepada 10.000 remaja, namun di tahun ini jumlah itu turun menjadi 7.100.

Laporan tersebut hanya berfokus kepada produk milik Apple, sehingga tidak ada merek lain yang disebut dalam laporan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Apple #Jadi #Produk #Populer #Kalangan #Remaja #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts