Nokia Edge 2022 Benar Ada atau Rumor Belaka? HMD Menjawab

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Belakangan, beberapa model HP Nokia terbaru ramai dicari warganet. Beberapa model yang bermunculan di beberapa media sosial misalnya, Nokia X 150, Nokia n100 2022, atau Nokia 7610 5G.

Read More

Namun, model yang paling banyak diperbincangkan adalah Nokia Edge 2022. Dari penelusuran KompasTekno, perbincangan Nokia Edge 2022 cukup ramai di TikTok.

Tak ayal, banyak konten teks maupun video menyematkan judul “Nokia Edge 2022 yang viral di TikTok”. Di TikTok, ada beberapa kueri lain yang menyertai Nokia Edge 2022, seperti “Nokia Edge max”, Nokia Edge 2022 atau “Nokia Edge mirip iPhone”.

Kueri “Nokia Edge mirip iPhone” mungkin muncul dari beberapa konten video yang menampilkan desain sebuah smartphone berlogo “Nokia” di punggung, memiliki modul kamera yang amat mirip iPhone 12 atau iPhone 13 series.

Rumor spesifikasi Nokia Edge 2022

Kemungkinan, wujudnya yang mirip iPhone terbaru itulah yang membuat orang-orang penasaran dengan Nokia Edge 2022.

Tapi, jika ditelusuri lagi di video TikTok tentang “Nokia Edge 2022”, bocoran render desainnya berbeda-beda, dari satu video dengan video yang lain.

Tampang belakangnya memang hampir seragam, yakni punggung berhias modul kamera dengan susunan lensa zig-zag ala iPhone 12 atau iPhone 13 seperti video satu ini.

Hanya saja, ada sedikit perbedaan di tengah punggung. Misalnya ada logo “Nokia” dengan bingkai lingkaran putih seperti video ini atau hanya tulisan “Nokia” saja.

Tapi penampakan depannya, berbeda-beda. Ada yang layarnya dihiasi notch atau “bilah memanjang seperti iPhone X, ada yang dihiasi lubang kamera kecil di tengah seperti Galaxy S22 series, ada juga yang tanpa “notch” atau lubang kamera.

Hal ini cukup tak lazim. Memang, sebelum meluncur, rumor spesifikasi dan wujud smartphone baru memang banyak beredar. Akan tetapi, umumnya tidak banyak versi bocoran yang berbeda.

Tidak cuma desain. Rumor spesifikasi lain Nokia Edge 2022 juga memiliki banyak versi. Rata-rata, bocoran spesifikasi Nokia Edge 2022 menyebut bahwa ponsel akan mengusung spesifikasi yang gahar.

RAM misalnya, ada yang menyebut akan berkapasitas 10 GB, 12 GB, atau 16 GB. Kapasitas baterainya juga disebut super jumbo, di atas rata-rata smartphone masa kini, yakni 6.900 mAh, 7.400 mAh, 7.150, dan sebagainya.

Salah satu yang bocoran spesifikasi Nokia Edge yang cukup mengganjal adalah chipset yang disematkan. Sebab, tidak sedikit yang menyebut ponsel ini akan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 898 5G, seperti yang dipaparkan situs GSM Arena Specs.

Padahal, chipset seri tersebut saat ini tidak ada. Pada akhir tahun 2021 lalu, Qualcomm resmi mengubah nomenklatur chipsetnya, di mana penamaan seri 800 sudah tidak lagi digunakan.

Adapun chipset terakhir yang menggunakan nomenklatur tersebut adalah Snapdragon 888.
Setelahnya, bukan Snapdragon 898, melainkan Snapdragon 8 Gen 1.

Rumor harga Nokia Edge 2022

Dengan spesifikasi yang serba tinggi itu, konon harga Nokia Edge di Indonesia dipatok antara 7-10 juta. Ada pula yang menyebut harganya berkisar 4-6 jutaan, yang mana agak sulit diamini jika memang spesifikasi yang diusung sekelas ponsel flagship hingga premium.

Merembet ke Facebook

Rupanya, Nokia Edge 20222 tidak hanya viral di TikTok. Model itu juga ramai diperbincangkan di Facebook. Bahkan, ada yang terang-terangan mempromosikan produk tersebut dengan menyertakan tautan (link) ke suatu marketplace.

Saat diklik, tautan itu memang mengarah ke toko resmi Nokia. Tapi, produk Nokia Edge 2022 tidak ditemukan. Ada pula yang menyantumkan link affiliate suatu marketplace. Untuk diketahui, afiliator marketplace akan mendapat komisi ketika terjadi transaksi lewat tautan yang dibagikan.

Yang dikhawatirkan, apabila ada yang snegaja memanfaatkan “kampanye” ini untuk “menjebak” dengan membagikan link berisi malware yang berbahaya apabila diklik.

Konsep Nokia Edge sudah ada sejak tahun 2017

Penamaan Nokia Edge 2022 yang mendadak viral, kemungkinan tidak ujug-ujug muncul.
Jika dirunut jauh ke belakang, tahun 2017 lalu, sempat beredar rumor tentang konsep Nokia 9 Edge, sebagaimana dilaporkan Gizmo China.

Tampak depannya agak mirip dengan beberapa desain render Nokia Edge 2022 yang beredar belakangan, yakni kamera yang luas, tapi memiliki bezel di sisi atas, bukan bilah bak poni.

Namun, bagian punggungnya bukan dibekali modul kamera ala iPhone. Kamera belakangnya tersusun vertikal, dengan sensor sidik jari di bagian bawah.

Tanggapan Nokia

KompasTekno telah menghubungi perwakilan HMD (pemegang lisensi Nokia) di Indonesia. Melalui surel (e-mail), HMD tidak memberikan konfirmasi atas rumor Nokia Edge 2022.

“Kami tidak dapat mengomentari rumor atau spekulasi tentang hal ini,” jelas perwakilan HMD.

Pernyataan itu berbeda dengan narasi yang beredar selama ini, di mana beberapa outlet media menyebut Nokia telah mengonfirmasi akan merilis Nokia Edge 2022 di Indonesia.

Entah dari mana asal muasal viralitas Nokia Edge 2022 di TikTok yang merembet ke platform lain. Tidak diketahui pasti pula apa tujuan “kampanye” ponsel ghaib ini.

Mungkin saja, render yang beredar di TikTok merupakan rekaan penggemar Nokia yang merindukan kembalinya sang legenda. Perekaan desain smartphone sejatinya bukanlah hal baru dan lumrah dilakukan.

Siapapun bisa merancang desain smartphone sesuai keinginannya. Biasanya ada beberapa outlet media kredibel yang memang secara khusus merancang render smartphone.

Namun, desainnya didasarkan pada bocoran yang kuat beredar dan diberikan oleh sumber-sumber yang kredibel, seperti sumber dalam industri, bukaan rekaan tanpa dasar. Terkadang, mereka juga merancang berdasarkan paten yang telah didaftarkan dan bisa diakses secara publik.

Bisnis HMD saat ini

Jadi, keberadaan Nokia Edge 2022 masih belum bisa dipastikan hingga saat ini. Apakah ponsel itu hanya “karangan” atau benar-benar akan disiapkan Nokia.

Yang jelas, HMD hingga saat ini belum memberikan kepastian atas informasi tentang Nokia Edge 2022 dan model lain yang ramai belakangan ini.

Informasi terkahir justru menyiratkan bahwa HMD Global tidak berencana meluncurkan smartphone flagship di bawah merek Nokia.

Alih-alih, HMD Global lebih memiliki fokus menyiapkan ponsel fitur (feature phone), serta smartphone kelas entry-level dan mid-range yang harganya lebih murah. Di Indonesia, segmen itu berada di rentang harga Rp 1-7 jutaan.

“Membuat ponsel seharga 800 dollar AS (sekitar Rp 11,3 juta) tidak masuk akal bagi kami saat ini. HMD tidak ingin terlibat dalam perang spesifikasi besar-besaran dengan pemain lain,” kata Adam Ferguson, Kepala Pemasaran Produk HMD Global, dirangkum dari Android Authority.

Itu artinya, Nokia 9 PureView (2019) dan Nokia 8.3 (2020) akan menjadi flagship terakhir HMD di bawah merek Nokia, apabila kabar itu benar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Nokia #Edge #Benar #Ada #atau #Rumor #Belaka #HMD #Menjawab #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts