XL Axiata Tambah Kapasitas Jaringan Jelang Ramadhan 2022

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ramadhan 2022 tinggal menghitung hari. Seperti tahun-tahun sebelumnya, operator seluler juga sibuk melakukan persiapan untuk memastikan layanannya tetap berjalan optimal selama Ramadhan dan Lebaran.

Read More

Salah satunya adalah XL Axiata. Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (29/3/2022), XL Axiata mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan penguatan jaringan telekomunikasi guna menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2022.

Penguatan jaringan data perlu dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan di sepanjang Ramadhan dan terlebih saat libur panjang Lebaran tahun ini.

Untuk itu, Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata mengatakan, XL Axiata sudah menyiapkan kapasitas jaringan tiga kali lipat lebih besar saat Ramadhan dan Lebaran 2022, dibandingkan hari biasa.

“Saat ini, di hari normal biasa, trafik jaringan data XL Axiata sebesar 22 PB (Petabyte). Untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga tiga kali dari hari normal,” kata Gede.

Gede sendiri memperkirakan bahwa trafik XL Axiata akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadhan 2022 dibandingkan trafik di hari biasa. Trafik diprediksi akan meningkat hingga 15 persen saat memasuki periode libur Lebaran 2022.

“Untuk itu, penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan, baik di pemukiman maupun di area tujuan mudik. Secara umum, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga dua kali dibandingkan hari normal,” kata Gede.

XL Axiata Ilustrasi BTS XL Axiata.

Tahun ini, pemerintah juga sudah mulai melonggarkan ketentuan mudik lebaran. Selain meningkatkan kapasitas jaringan data, XL Axiata juga memperkuat jaringannya di sejumlah tempat yang akan menjadi titik keramaian ketika periode mudik dan libur Lebaran tiba.

Misalnya, di sepanjang jalan raya antar provinsi, baik tol maupun non-tol, baik di Pulau Jawa maupun luar Jawa. Kemudian lokasi wisata, pusat perbelanjaan, serta tempat pemberangkatan pemudik yang menggunakan moda transportasi darat, udara, dan laut.

Selain menambah kapasitas jaringan, XL Axiata juga mengerahkan Mobile BTS (MBTS), yang di tempatkan di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami kepadatan trafik data.

Namun, XL tidak menyebutkan berapa armada mobile BTS yang disiapkan untuk memperkuat jaringan XL Axiata selama Ramadhan dan Lebaran 2022 ini.

XL Axiata turut menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang sifatnya bencana alam atau juga karena faktor teknis yang berpotensi menyebabkan terputusnya jaringan, antara lain lewat tim lapangan yang siap 24 jam.

Selain itu, juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata Customer Experience and Service Operation Center di kantor pusat XL Axiata.

Membahas sedikit soal infrastruktur, XL Axiata sendiri kini dilaporkan memiliki total 162 ribu BTS, di mana 77 ribu di antaranya adalah BTS 4G. Selain BTS, jaringan XL Axiata juga ditopang oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 113 ribu kilometer.

Hingga akhir 2021, XL Axiata sendiri dilaporkan sudah melayani 57,9 juta pelanggan yang tersebar di 458 kota/kabupaten di 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Axiata #Tambah #Kapasitas #Jaringan #Jelang #Ramadhan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts