Pasar Smartwatch Tumbuh 24 Persen, Ini 9 Merek Terlaris 2021

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Setelah sempat lesu karena pandemi pada tahu 2020, pasar smartwatch kini bangkit dan menuai rekor pada tahun 2021. Indikasi ini terlihat dari laporan terbaru firma riset Counterpoint Research terkait pasar smartwatch global pada kuartal IV-2021.

Read More

Menurut laporan itu, pasar smartwatch global tumbuh 24 persen dari tahun ke tahun. Pertumbuhan ini berasal dari semua merek smartwatch dengan peningkatan utama berasal dari smartwatch murah di bawah 100 dolar AS atau Rp 1,4 jutaan.

Jam tangan pintar murah berkontribusi mendorong pengiriman 14 persen di pasar Amerika Utara dan 10 persen di China.

Pertumbuhan terbesar tercatat terjadi di pasar India, dengan kenaikan penjualan mencapai 274 persen dari tahun ke tahun, sehingga mendorong pertumbuhan pasar smartwatch global 10 persen di tahun 2021.

9 merek smartwatch terlaris 2021

Counterpoint juga mengungkapkan daftar merek smartwatch terlaris di dunia. Posisi pertama masih ditempati oleh Apple meskipun mengalami sedikit penurunan pertumbuhan di tahun 2021.

Posisi selanjutnya diisi oleh Samsung, Huawei, Garmin dan lainnya. Berikut rinciannya.

Apple

30,1%
Samsung10,2%
Huawei7,7%
Imoo5,2%
Amazfit5,1%
Garmin4,6%
Fitbit3,8%
Xiaomi3,6%
Noise2,6%

Apple

Apple membukukan pangsa pasar 30,1 persen, turun 3 persen dari tahun 2020. Counterpoint menyebut penurunan ini yerjadi karena persaingan yang makin ketat.

Meski demikian, harga jual rata-rata (Average Selling Price/ASP) produk Apple naik 3 persen pada tahun 2021, sehingga perusahaan menyumbang setengah dari total pendapatan pasar smartwatch.

Samsung

Samsung dengan pangsa pasar 10,2 persen dinobatkan Counterpoint sebagai vendor smartwatch paling sukses pada tahun 2021.

Sebab, pertumbuhan kuartal per kuartalnya lebih dari 200 persen pada kuartal III-2021 sehingga meraih pertumbuhan terbaik.

Pencapaian ini juga mampu dipertahankan Samsung untuk kuartal terakhir 2021. Alasan lainnya yang membuat pertumbuhan bisnis smartwatch Samsung positif adalah kemitraan dengan Google dan menggunakan WearOS untuk jam pintarnya.

Huawei

Meski masih mendapat sanksi dari pemerintah AS, Huawei terus meluncurkan jam tangan pintar kategori anak-anak.

Berkat produk baru perusahaan seperti Watch GT 3 dan Watch Fit Mini yang dirilis pada kuartal IV-2021, Huawei meraih pertumbuhan dua kali lipat dibanding kuartal sebelumnya, dan meraih pangsa pasar 7,7 persen.

Imoo

Merek ini tidak meluncurkan produk baru pada kuartal IV-2021, sehingga pertumbuhannya menurun. Meski demikian, smartwatch Imoo berjaya di pasar luar China seperti Eropa, khususnya untuk segmen jam tangan pintar anak-anak, dengan pangsa pasar 5,2 persen.

 
Counterpoint Research Pangsa pasar smartwatch 2021 tumbuh 24 persen dibandingkan 2020.

Amazfit

Amazfit menuai pertumbuhan positif dengan pertumbuhan lebih dari 20 persen dari tahun ke tahun selama 2 tahun terakhir, dengan pangsa pasar 5,1 persen. ASP-nya juga naik 11 persen khususnya untuk jam pintar kategori flagship.

Garmin

Garmin tumbuh 35 persen dari tahun ke tahun sehingga posisinya naik ke posisi 6 dari sebelumnya di posisi 7, dan meraih pangsa pasar 4,6 persen.

Menurut Counterpoint, pertumbuhan ini berasal dari fokus perusahaan yang beralih ke produk konsumen, alih-alih kategori khusus, sehingga menarik minat lebih banyak pengguna.

Fitbit

Kinerja Fitbit tercatat menurun pada kuartal IV-2021 dengan pangsa pasar 3,8 persen. Sebab, perusahaan belum meluncurkan produk baru sejak akhir tahun 2020.

Counterpoint menduga hal ini dikaarenakan perubahan strategi dan reorganisasi perusahaan yang kini merger dengan Google.

Pada kuartal akhir 2021, Fitbit membukukan penurunan lebih dari 15 persen. Meski begitu, pangsa pasar Fitbit ditaksir pulih dengan rencana dirilisnya Versa 4 pada paruh kedua tahun 2022.

Xiaomi

Xiaomi menunjukkan kinerja yang kuat melalui produk Mi Watch Lite pada paruh pertama 2021 dan Redmi Watch 2 pada kuartal IV-2021.

Dihimpun KompasTekno dari situs Counterpoint, Jumat (18/3/2022), pangsa pasar Xiaomi kini mencapai 3,6 persen dari sebelumnya 1,5 persen.

Noise

Noise adalah merek jam tangan pintar ternama di India. Merek ini disebut Counterpoint menjadi merek dengan pertumbuhan tercepat dibanding merek lainnya yang disebutkan di atas. Pangsa pasar Noise adalah 2,6 persen pada tahun 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pasar #Smartwatch #Tumbuh #Persen #Ini #Merek #Terlaris #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts