Cara Mengaktifkan 5G di iPhone 12 dan iPhone 13

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pengguna iPhone di Indonesia, akhirnya bisa mulai mengakses layanan 5G. Sebab, Apple dikabarkan mulai menggulirkan pembaruan software untuk membuka “kunci” 5G.

Read More

Dilansir MakeMac, Sabtu (5/2/2022), pengguna iPhone 12 yang menggunakan layanan Telkomsel mulai mendapatkan pembaruan “Update Carrier Settings”.

Cara mengaktifkan 5G di iPhone pun bisa dilakukan lewat pembaruan “Update Carrier Settings” tersebut.

Sebelum ada pembaruan tersebut, pengguna iPhone model tertentu tidak bisa mengakses layanan 5G, meskipun secara teknis telah didukung fitur tersebut.

Hal itu lantaran belum tersedianya dukungan software untuk membuka “kunci” 5G di Tanah Air.

Adapun model iPhone yang sudah support layanan 5G di Indonesia di antaranya iPhone 12 series (iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max) serta lini iPhone 13 (iPhone mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max).

Kedua lini itu telah didukung pita 2,3 GHz yang digunakan Telkomsel untuk menggelar 5G.

Update Carrier Settings umunya muncul secara otomatis pada tampilan utama perangkat iPhone. Pengguna akan diberikan pilihan untuk menekan tombol “Update” atau “Not Now”.

MakeMac Notifikasi Carrier Settings Update yang muncul pada iPhone 12.

Apabila bersedia untuk membuka “kunci” software lock 5G pada perangkat, pengguna bisa menekan tombol “Update” pada notifikasi yang muncul.

Lalu bagaimana jika terlanjur menekan tombol “Now Now”? Berikut merupakan cara mengaktifkan 5G di iPhone 12 dan iPhone 13.

Cara download “Update Carrier Settings” untuk mengaktifkan 5G di iPhone

Pengguna bisa mengunduh Update Carrier Settings secara manual melalui menu “Settings”. Cara ini bisa dilakukan jika sebelumnya pengguna terlanjur menekan tombol “Not Now”

  • Pada menu “Settings”, klik opsi General > About.
  • Kemudian pilih opsi Update Carrier Settings dan tekan tombol “Update” untuk mulai mengunduh pembaruan.
  • Sejauh ini, pengguna kartu SIM Telkomsel terpantau sudah bisa menggunakan layanan 5G di perangkat iPhone 12 dan 13. Kode Carrier Update terbaru dari Telkomsel yang sudah mendukung 5G adalah 49.1.0.

Kode carrier Telkomsel pada perangkat iPhone 12.MakeMac Kode carrier Telkomsel pada perangkat iPhone 12.

Cara mengaktifkan 5G di iPhone

Setelah Update Carrier Settings berhasil diunduh dan terpasang pada perangkat, pengguna bisa langsung mengubah koneksi jaringan internet di iPhone 12 dan iPhone 13 dari 4G ke 5G dengan mengikuti langkah berikut:

  • Buka menu “Settings” dan pilih opsi “Celluler”.
  • Selanjutnya, masuk ke nomor Telkomsel lalu akses bagian “Voice & Data”.
  • Pengguna akan menjumpai opsi pengaturan 5G On, 5G Auto dan 4G serta VoLTE.
  • Pilih opsi 5G Auto sehingga perangkat bisa mengganti akses jaringan internet ke 5G secara otomatis apabila memasuki area yang mendukung 5G.

Perlu digaris bawahi bahwa untuk bisa mengakses internet 5G, pengguna perlu menggunakan operator seluler dan berada di wilayah yang sudah mendukung konektivitas 5G.

Apabila daerah belum masuk cakupan 5G Telkomsel, maka mode selueler yang didapat adlaah 4G. Informasi cakupan 5G Telkomsel bisa dilihat di tautan berikut.

Sejauh ini, belum diketahui apakah iPhone 12 series dan iPhone 13 series sudah bisa mengakses layanan 5G dari operator lain atau belum.

Selain Telkomsel, saat ini Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata sudah menggulirkan 5G secara komersil di Indonesia.

Adapun Indosat Ooredoo Hutchison menggunakan pita 1,8 Ghz (n3) untuk menggelar layanan 5G secara komersil, di mana pita tersebut juga sudah ada di iPhone 12 series dan iPhone 13 series.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Mengaktifkan #iPhone #dan #iPhone #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts