Apa itu Google Keep dan Fitur-Fiturnya?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kegiatan mencatat kini bisa dilakukan di ponsel. Pengguna smartphone bisa mencatat apa saja, mulai dari daftar kegiatan, belanjaan, atau hal-hal penting lain.

Setiap ponsel biasanya memiliki fitur catatan bawaan. Namun, tak jarang pengguna juga mengunduh berbagai aplikasi catatan lain yang dirasa memiliki lebih banyak fitur. Salah satu aplikasi catatan yang dapat digunakan pengguna adalah Google Keep. 

Google Keep merupakan salah satu layanan gratis dari Google yang memungkinkan pengguna dapat menulis catatan penting. Catatan dapat dibuat dengan teks, daftar, gambar, maupun audio.

Aplikasi ini merupakan bawaan dari Goole layaknya Google Docs, Spreadsheet, dan lain sebagainya. Sehingga ketika pengguna memiliki akun Google, Google Keep telah otomatis terintegrasi dengan akun Google pengguna.

Akun tersebut juga memberi pengguna akses ke layanan Google lainnya seperti Gmail, Kalender, Play Store, Drive dan lainnya. Pengguna dapat mengakses Google Keep melalui ponsel Android, iPhone, maupun browser seperti Chrome atau Mozilla Firefox.

Lantas apa saja fitur-fitur Google Keep yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna? Berikut ini KompaTekno mengulas beberapa fitur teratas Google Keep yang perlu Anda ketahui.

1. Fitur simpan catatan dalam teks, audio, gambar, dan foto

Terdapat empat cara untuk menggunakan Google Keep. Pengguna dapat menggunakan fitur ketik berupa teks seperti biasanya untuk mencatat catatan.

Kedua terdapat fitur gambar yang membantu Anda menulis catatan menggunakan coretan gambar. Tidak perlu stylus pen, cukup gunakan jari untuk menggambar di layar smartphone.

Selanjutnya terdapat fitur mikrofon yang membantu pengguna untuk mengetik menggunakan suara maupun menyimpan rekaman audio. Fitur tersebut juga terintegrasi dengan Google Assistant.

Fitur keempat adalah membuat catatan dengan gambar. Pengguna dapat menyimpan gambar dari galeri maupun mengambil gambar dari kamera yang dirasa penting untuk dimasukkan ke Google Keep.

2. Terintegrasi dengan akun Google

Google Keep dapat terintegrasi dengan akun Google Anda yang telah terpasang di perangkat manapun. Selain itu, Google Keep dapatdi akses melalui browser melalui https://keep.google.com/.

Pengguna Gmail juga bisa mengakses Google Keep langsung di e-mail. Ini sangat memudahkan pengguna jika memanfaatkan Google Keep untuk penunjang pekerjaan.

Di Gmail, Google Keep bisa ditemukan di sisi kanan layar, tepat berada di bawah ikon menu Google Kalendar.

3. Pengingat

Google Keep juga memiliki fitur “Reminders” atau pengingat yang memudahkan pengguna untuk membuat catatan penting yang diagendakan di waktu tertentu. Hal ini membantu pengguna untuk tidak melewatkan jadwal.

Fitur “Reminders” dapat Anda temukan di bagian menu sebelah kiri ikon garis vertikal tiga. Untuk menambahkan catatan yang dijadwalkan waktu tertentu berikut ini caranya:

  • Ketuk ikon “+”
  • Tulis catatan yang Anda inginkan
  • Klik ikon “lonceng” yang berada pada pojok kanan atas
  • Kemudian atur waktu sesuai keinginan Anda

4. Berbagi Catatan

Google Keep memungkinkan pengguna untuk saling berbagi catatan. Tidak cuma dibagikan, catatan juga bisa diubah langsung oleh pengguna lain. Cara membagikan catatan di Google Keep adalah dengan menambahkan langsung nama maupun e-mail pengguna lain.

5. Label

Fitur label memudahkan Anda mengklasifikasikan berbagai catatan penting. Sehingga, catatan dapat lebih mudah ditemukan sesuai jenis labelnya.

6. Salin ke Google Docs dengan mudah

Ingin menyalin catatan langsung ke Google Docs? Mudah sekali, pengguna hanya perlu membuka catatan yang ingin disalin, lalu klik send > copy to Google Docs. Catatan pun akan otomatis tersalin di Google Docs.

Itulah ulasan mengenai Google Keeps dan beberapa fiturnya yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk memaksimalkan dalam membuat catatan penting. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Apa #itu #Google #dan #FiturFiturnya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts