Syarat dan Cara Menghasilkan Uang lewat NFT

  • Whatsapp

KOMPAS.com Non-Fungible Token atau yang lebih dikenal sebagai NFT, menarik perhatian masyarakat luas akhir-akhir ini. NFT merupakan turunan sistem blockhain berupa sertifikat digital yang menandakan kepemilikan sebuah karya.

Read More

Pemilik karya bisa menjual NFT ke orang lain dengan harga murah hingga selangit. Pembayaran NFT dilakukan dengan mata uang kripto, yang umumnya menggunakan Ethereum.

Beberapa NFT, berhasil dijual dengan harga fantastis. Salah satunya pernah didapat oleh “Peeble”, seorang pemilik NFT di OpenSea. OpenSea adalah sebuah marketplace NFT yang cukup terkenal.

Peeble pernah meraup uang sebesar 69,3 juta dollar AS, setara dengan Rp 992 miliar dari penjualan satu NFT-nya. Ada pula Ghozali Everyday, pemuda asal Semarang, Jawa Tengah yang meraup miliaran rupiah setelah menjual foto selfie dirinya di OpenSea.

Selain itu, masih banyak pemilik karya yang menualnya dalam bentuk NFT dengan harga tinggi. Hal inipun menarik banyak orang untuk menjual NFT demi meraup pundi-pundi.

Jika berminat, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menghasilkan uang dari menjual NFT. Tidak cuma perangkat berupa PC atau ponsel saja, ada syarat lain yang harus dipenuhi. Berikut syarat menghasilkan uang lewat NFT:

1. Punya dompet digital kripto

Syarat menghasilkan uang lewat NFT yang pertama adalah memiliki dompet digital kripto. Dompet digital mata uang kripto berfungsi untuk menukarkan uang resmi dengan uang kripto agar bisa melakukan transaksi NFT.

Anda bisa membuat dompet digital ini melalui salah satu platform, yakni MetaMask

2. Punya akun di marketplace NFT

Ketika Anda sudah memiliki dompet digital mata uang kripto, Anda dapat mulai untuk transaksi NFT di OpenSea. Sebelum mulai bertransaksi, Anda harus mendaftarkan akun dulu di OpenSea. Berikut cara daftar akun OpenSea:

  • Buka tautan berikut ini https://opensea.io, bisa lewat browser laptop atau ponsel, sesuaikan dengan di mana Anda telah menginstal dompet digital
  • Kali ini, OpenSea dibuka melalui browser Google Chrome di laptop
  • Untuk mulai daftar akun OpenSea, klik ikon dompet atau ikon foto profil, kemudian pilih opsi “Connect Wallet”
  • Pilih dompet digital yang telah Anda gunakan, misalnya MetaMask
  • Kemudian, buka extension MetaMask yang telah Anda install di Google Chrome dengan klik ikon puzzle yang biasa berada di samping kolom pencarian situs. Lalu, klik opsi “Connect Wallet”
  • Kemudian, dompet digital MetaMask Anda bakal terhubung ke OpenSea
  • Selanjutnya, klik opsi “Account” kemudian klik opsi “Profile” untuk melakukan pengaturan profil Anda di OpenSea
  • Masukkan username, alamat e-mail Anda, dan sebagainya kemudian klik opsi “Save”, OpenSea bakal mengirim pesan ke alamat e-mail Anda
  • Buka pesan tersebut untuk memverifikasi permintaan pembuatan akun OpenSea.

3. Punya karya

Syarat menghasilkan uang lewat NFT terakhir adalah memiliki karya dalam berbagai format, bisa gambar, video, foto, dan sebagainya. Karya itu kemudian dikonversi menjadi NFT di layanan marketplace.

Itulah beberapa syarat menghasilkan uang lewat NFT. Memang langkah menjual NFT hampir mirip dengan ketika Anda ingin menjual barang di marketplace lain, seperti Shopee, Tokopedia, dan sebagainya.

Bedanya, transaksi NFT pakai mata uang kripto dan hanya bisa dijual pada platform marketplace khusus.

Cara menghasilkan uang lewat NFT bisa dilakukan dengan menjual karya digital yang telah Anda siapkan di platform marketplace NFT. Anda hanya perlu mengunggah karya tersebut ke platform marketplace NFT dan menyematkan tarifnya.


Cara menghasilkan uang lewat NFT memang terlihat mudah tapi kenyataanya banyak NFT lain yang juga tidak laku di marketplace. NFT yang tidak laku, secara tidak langsung menandakan bahwa barang itu kurang berharga atau kurang pantas untuk dikoleksi.

Apabila karya Anda ingin dinilai berharga, bisa simak tips cara menghasilkan uang lewat NFT berikut ini:

  • Pasang harga NFT dengan riset pasar terlebih dahulu. Apabila Anda penjual baru, bisa melihat dulu berapa harga jual untuk karya yang sejenis dengan milik Anda
  • Buat NFT dengan memiliki nilai khas atau unik yang bisa membuat karya Anda mudah dikenali calon pembeli. Kekhasan ini membuat NFT Anda lebih berharga
  • Bangun hubungan baik dengan komunitas pecinta NFT agar Anda dapat menjaring pembeli lebih banyak sehingga peluang karya Anda terjual juga semakin besar.

Demikian tips dan cara menghasilkan uang lewat NFT, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Syarat #dan #Cara #Menghasilkan #Uang #lewat #NFT #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts