Cara Menyalin File dari iPhone ke iPhone Lain via Handoff

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Fitur Copy/Paste atau Salin/Tempel untuk memindahkan file sudah tidak asing lagi bagi pengguna gadget. Fitur tersebut biasanya hanya bisa dilakukan secara internal, tidak bisa antar-perangkat.

Read More

Berbeda dengan gadget dengan sistem operasi Apple iOS, seperti iPhone dan iPad, fitur menyalin atau memindahkan file ternyata tidak hanya bisa dilakukan dalam satu perangkat.

Dengan kata lain, Anda bisa melakukan memindahkan file dari satu perangkat iOS ke perangkat yang berbeda. Misalnya, Anda menyalin gambar di iPhone, kemudian Anda bisa langsung menempel salinan tersebut ke iPad.

Selanjutnya, gambar tersebut bakal langsung muncul ke iPad. Jadi, Anda tidak perlu mengirim file lewat AirDrop atau metode pengiriman file yang lain.

Bagi pengguna perangkat iOS, simak cara menyalin dari iPhone ke iPhone/iPad lain, sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa Anda memiliki lebih dari satu perangkat iOS, misalnya iPhone dan iPad
  • Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu Pengaturan
  • Kemudian, pilih opsi “Umum” atau “General”
  • Dalam opsi “General”, klik opsi “ AirPlay & Handoff”
  • Geser toggle “Handoff” ke warna hijau untuk mengaktifkan fiturnya.

Apa itu Handoff di iPhone? Handoff adalah fitur dari Apple yang bisa menghubungkan antar-perangkat iOS. Fitur Handoff memungkinkan Anda untuk melanjutkan pekerjaan dari satu perangkat iOS ke perangkat yang berbeda.

Melalui fitur ini, Anda bisa menyalin sebuah file, bisa berupa gambar atau teks, dari satu perangkat iOS ke perangkat yang berbeda secara langsung tanpa melalui proses pengiriman. Fitur Handoff bakal membuat semacam penghubung virtual antar perangkat iOS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, untuk bisa memindahkan file antar-perangkat iOS yang berbeda lewat Handoff, terdapat ketentutan yang harus diperhatikan antara lain sebagai berikut:

  • Anda harus menggunakan Apple ID yang sama antara di iPhone dengan perangkat iOS lainnya
  • Pastikan, semua perangkat iOS Anda terhubung WiFi dengan kondisi Bluetooth nyala
  • Jarak antara iPhone dengan perangkat iOS lainnya maksimal sekitar 10 meter
  • Pastikan iPhone Anda sudah menggunakan iOS versi 10 atau yang lebih baru
  • Sementara untuk iPad, minimal sudah menggunakan iPadOS 13 atau yang lebih baru, sedangkan MacBook/Mac perlu minimal MacOS Sierra atau versi yang lebih baru.

Jika fitur Handoff telah aktif dan ketentuan tersebut telah dipenuhi, kini Anda dapat mulai menggunakan Copy/Paste dari iPhone ke perangkat iOS lainnya.

Caranya, Anda cukup memilih file untuk disalin dari iPhone. Setelah itu, klik opsi Tempel di perangkat iOS lain. 

Anda dapat mencoba menempel file tersebut di aplikasi Note atau Catatan. Setelah Anda klik opsi tempel, file yang bersumber dari iPhone itu akan muncul secara otomatis di perangkat iOS lain.

Fitur Copy/Paste antar-perangkat ini, tidak hanya bisa dilakukan dari iPhone ke iPad, melainkan juga iPhone/iPad ke perangkat berbasis MacOS (komputer Mac atau MacBook) dan sebaliknya.

Cara dan ketentuannya pun sama dengan tahap yang di atas.

Untuk bisa menyalin file antar-perangkat iOS di MacBook, Anda juga harus mengaktifkan fitur Handoff dengan cara klik ikon Apple untuk mengakses tab Home. Pilih opsi “System Preference” lalu klik opsi “General”. Selanjutnya centang opsi ” Allow Handoff”.

Demikian, cara menyalin atau memindahkan file dari iPhone ke perangkat iOS atau MacOS lainnya, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Menyalin #File #dari #iPhone #iPhone #Lain #Handoff #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts