15 Tahun Lalu, iPhone Pertama Kali Diperkenalkan di Atas Panggung

  • Whatsapp

KOMPAS.com – “Sebuah iPod, telepon, dan komunikator internet. iPod, telepon, apakah Anda memahaminya? Ini bukan tiga perangkat terpisah, tapi satu perangkat,” ucap pendiri Apple, Steve Jobs dan disambut tepuk tangan penonton yang menggema di Moscone Center, California, Amerika Serikat. 

Read More

Tanggal 9 Januari menjadi salah satu tanggal bersejarah bagi Apple. Pada tanggal tersebut, tepatnya 9 Januari 2007 atau 15 tahun lalu, iPhone generasi pertama diumumkan di hadapan publik. 

Ajang tahunan Macworld Expo yang digelar di San Francisco, California, Amerika Serikat, menjadi tempat kelahiran perangkat revolusioner yang mengubah industri smartphone.

Sang maestro, Steve Jobs, memperkenalkan perangkat tersebut di atas panggung.

 

Dalam 15 tahun perjalanannya, iPhone bisa dibilang merupakan “pionir” beragam teknologi untuk ponsel pintar alias smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

iPhone menjadi ponsel yang mendukung fitur panggilan telepon, koneksi internet, e-mail, mendengarkan musik, dan sejumlah fungsi lainnya.

iPhone dideskripsikan sebagai perangkat three-in-one, sebuah iPod (pemutar musik) dengan layar sentuh, telepon mobile yang revolusioner, dan perangkat yang dapat terhubung dengan internet.

Deskripsi Jobs soal iPhone

Saat memperkenalkan iPhone pertama kali di atas panggung Macworld, Jobs mengatakan bahwa iPhone akan “menemukan kembali arti sebuah telepon”.

Di atas panggung, Jobs juga memperlihatkan cara menavigasi iPhone yang sangat berbeda dengan ponsel umum pada zaman 2007-an.

Ia membuka iPhone dengan cara menggeserkan jari dari kiri ke kanan, lalu menggulirkan layar dengan cara menyapu jari dari atas ke bawah.

Apple Insider Poster iPhone generasi pertama tahun 2007

iPhone generasi pertama memiliki spesifikasi layar sentuh 3,5 inci dengan resolusi 480×320, tombol home fisik, dan kamera belakang 2MP.

Fitur yang dibawa termasuk koneksi internet, e-mail, maps, telepon, pemutar musik, dan masih banyak lainnya,

Setelah diperkenalkan pada 9 Januari 2007, iPhone 2G atau iPhone generasi peratma baru dijual secara resmi di pasar AS pada 29 Juni 2007.

Saat itu, iPhone 2G dibanderol dengan harga 499 Dollar AS untuk varian memori 4 GB dan 599 Dollar AS untuk memori 8 GB.

Dianggap remeh

Kehadiran iPhone awalnya juga sempat dianggap “remeh” oleh kompetitor Apple, salah satunya Microsoft, sebagamana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Senin (10/1/2022).

Steve Ballmer yang kala itu menjabat sebagai CEO Microsoft, tertawa saat mendengar harga iPhone yang dijual paling murah 500 dollar AS untuk model memori internal 4 GB saat itu .

“500 dollar AS disubsidi penuh? Menurut saya itu adalah ponsel termahal di dunia dan sepertinya tidak menarik bagi konsumen bisnis, karena tidak memiliki keyboard yang membuat mesin e-mail sangat tidak baik,” kata Ballmer.

Ballmer bahkan memprediksi bahwa iPhone hanya bisa merengkuh dua hingga tiga persen pangsa pasar saja.

“Tidak ada kesempatan bahwa iPhone akan mendapatkan pangsa pasar yang signifikan. Tidak ada kesempatan,” ujar Bellmer kala itu.

Agaknya, Ballmer harus menelan ludahnya sendiri melihat perkembangan iPhone yang pesat saat ini. Sehingga membawa Apple tampil sebagai tiga besar vendor smartphone terbesar di dunia hingga saat ini.

Kini, iPhone juga dianggap telah mengubah wajah industri ponsel pintar. Produk ini juga membawa Apple menjadi perusahaan paling berharga di dunia hingga saat ini, dengan kapitalisasi pasar hampir 3 triliun dollar AS (lebih dari Rp 42.000 triliun).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tahun #Lalu #iPhone #Pertama #Kali #Diperkenalkan #Atas #Panggung #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts