Kenali Berbagai Cara untuk Mengakses Internet

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Layanan internet menjadi sangat penting di era yang serba digital ini. Internet banyak dimanfaatkan untuk menunjang berbagai aktivitas pekerjaan di laptop, komputer, gadget, dan smartphone. Aktivitas tersebut mulai dari berkirim e-mail, browsing, menonton video, hingga mengakses media sosial.

Read More

Namun, belum semua orang memahami bagaimana cara mengakses internet di laptop atau komputer. Pada kesempatan kali ini, KompasTekno mencoba untuk menjelaskan tentang cara mengakses internet di laptop atau komputer.

Sebelum memahami cara mengakses internet, penting untuk mengetahui beberapa jenis koneksi internet yang umumnya disediakan oleh operator layanan internet, sebagai berikut:

Jenis koneksi internet

Dial-up

Pertama, dial-up merupakan koneksi internet yang dihasilkan dari sambungan kabel pada telepon rumah konvensional. Jenis koneksi internet ini memiliki kecepatan paling lambat, yakni berkisar 56 Kbps.

Pengguna harus memiliki telepon rumah untuk bisa mendapat koneksi dial-up. Koneksi internet yang jadi satu dengan telepon rumah, mengakibatkan dial-up tidak dapat digunakan pada saat pengguna sedang melakukan aktivitas telepon.

DSL (Digital Subscriber Line)

DSL merupakan jenis koneksi internet yang dihasilkan dari sambungan telepon rumah dengan menggunakan jaringan broadband yang kecepatannya di atas layanan dial-up, berkisar 200 Kbps hingga 8 Mbps.

Sedikit informasi,  jaringan broadband dapat mengirimkan koneksi internet dengan menggunakan jaringan kabel tembaga dan fiber optic. Jaringan broadband juga dapat mengirimkan koneksi internet secara nirkabel yang biasa digunakan untuk jaringan seluler.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jaringan kabel tersebut biasanya digunakan untuk menghubungkan koneksi internet dari jaringan broadband ke perangkat penghantar koneksi internet, seperti modem atau router.

Untuk DSL, koneksi internetnya dihubungkan melalui jaringan kabel tembaga yang digunakan pada sambungan telepon rumah. Namun, karena kabel tersebut disalurkan lewat modem, jadi pengguna tidak diharuskan memiliki perangkat telepon rumah.

TV Kabel

TV kabel merupakan jenis koneksi internet yang dihasilkan dari sambungan untuk TV kabel. Kemudian, sama seperti DSL, sambungan untuk TV kabel juga sudah menggunakan jaringan broadband.

Biasanya, jaringan broadband dari TV kabel diantarkan melalui jaringan kabel fiber optic.  Kemudian, kabel tersebut disambungkan ke modem atau router untuk menyebarkan koneksi internet di perangkat.

Koneksi internet dari sambungan TV kabel lebih stabil dibandingkan dengan DSL yang menggunakan kabel tembaga. Kecepatan koneksi internet dari sambungan TV kabel bisa lebih dari 8 Mpbs.

Kemudian, pengguna juga tidak perlu memiliki TV kabel untuk bisa menikmati koneksi internet. Asal berada di lokasi yang terjangkau sambungan dari TV kabel, pengguna dapat menggunakan jenis koneksi ini untuk mengakses internet.

Koneksi satelit

Selain itu, ada jenis koneksi yang menggunakan satelit komunikasi luar angkasa dengan jaringan broadband untuk menyediakan internet. Untuk bisa menangkap jaringan broadband dari koneksi satelit, pengguna memerlukan parabola.

Setelah itu, parabola akan menyebarkan koneksi internet ke beberapa perangkat. Jangkauan koneksi internet dari bisa lebih luas dari jaringan kabel. Namun, penggunaan koneksi satelit untuk mengakses internet di Indonesia masih jarang ditemui.

Jaringan 4G atau 5G

Jaringan 4G atau 5G merupakan jenis koneksi internet yang biasa digunakan di gadget, seperti handphone (HP). Jenis koneksi ini  terhubung melalui jaringan seluler untuk menghasilkan koneksi internet.

Untuk bisa mengakses koneksi internet dari jaringan 4G atau 5G, pengguna harus memiliki paket data internet yang disediakan oleh operator layanan internet. Dengan paket data internet, pengguna tidak membutuhkan sambungan kabel untuk mengakses internet.

Jadi, ada beragam jenis jaringan internet yang dapat dimanfaatkan untuk mengakses internet. Namun, jaringan tersebut tidak dapat langsung digunakan mengakses internet. Ada beberapa jenis perangkat untuk mengakses jaringan internet yang perlu Anda ketahui.

Perangkat untuk mengakses koneksi internet

Router

Router merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan koneksi internet dari jaringan broadband ke beberapa perangkat, seperti laptop, komputer, atau handphone. Jaringan broadband disambungkan ke router bisa melalui kabel tembaga atau fiber optic.

Pilihan tersebut biasanya disediakan oleh ini operator layanan internet. Jadi, router Anda bisa menyebarkan jaringan broadband ketika Anda sudah berlangganan layanan internet dulu ke operator layanan internet.

Modem

Sama seperti router, modem juga perangkat keras yang menghubungkan koneksi internet ke berbagai perangkat. Perbedaanya adalah modem harus menggunakan sambungan kabel yang dipasangkan ke perangkat untuk mengakses internet.

Sedangkan router sudah bisa menghantarkan koneksi internet ke komputer, laptop, atau HP, secara nirkabel. Sebelum modem bisa menyalurkan koneksi internet ke perangkat, Anda juga membutuhkan layanan internet dari ISP (internet service provider).

Handphone

Handphone atau HP merupakan perangkat komunikasi genggam yang saat ini sudah bisa digunakan untuk mengakses internet dengan memanfaatkan jaringanseluler. Pengguna bisa mengakses internet lewat HP secara langsung tanpa perlu peralatan tambahan.

Berbeda dengan router dan modem, koneksi internet di HP diantarkan melalui gelombang radio yang ditangkap oleh komponen antena di HP. Anda perlu mengaktifkan nomor dan paket data internet yang disediakan oleh operator sebelum bisa mengakses internet di HP.

Selanjutnya, cara mengakses internet di laptop atau komputer bisa ditempuh melalui berbagai perangkat, antara lain seperti yang ada di bawah ini:

Mengakses internet lewat router

Unsplash Ilustrasi router

Router merupakan perangkat keras yang bisa digunakan untuk mengirimkan koneksi internet ke beberapa laptop atau komputer secara sekaligus. Dengan kata lain, router adalah semacam alat penghubung koneksi internet dari satu perangkat ke yang lainnya.

Router ini biasanya memanfaatkan koneksi internet yang dihasilkan dari sambungan kabel telepon atau TV. Untuk saat ini, banyak router yang dapat digunakan untuk mengakses internet secara nirkabel atau biasa dikenal dengan jaringan Wi-Fi.

Anda tidak perlu membeli router, perangkat ini biasanya sudah disediakan saat berlangganan internet melalui operator internet. Cara mengakses internet lewat router adalah dengan menghubungkan komputer, laptop, atau gadget pada jaringan WiFi yang dipancarkan router.

Mengakses internet lewat modem

Modem juga merupakan perangkat keras yang dapat memancarkan koneksi internet untuk dihubungkan ke laptop atau komputer. Serupa dengan router, modem juga memanfaatkan koneksi internet yang bisa dihasilkan dari sambungan kabel telepon atau TV.

Namun, modem belum bisa digunakan mengakses internet secara nirkabel. Modem masih menggunakan kabel yang dihubungkan ke laptop atau komputer supaya bisa mengakses internet.

Selain itu, biasanya modem membutuhkan perangkat lunak tertentu untuk diinstal di laptop atau komputer agar bisa mengakses internet.

Ada beberapa jenis modem yang dapat digunakan untuk mengakses internet tergantung dari jenis layanannya, misalnya layanan internet dial-up, biasanya akan menggunakan modem telepon.

Cara mengakses internet lewat modem dapat dilakukan dengan menghubungkan modem dan laptop melalui jenis kabel yang tergantung dari layanan internetnya.

Misalnya, modem telepon dengan layanan internet dial-up bakal menggunakan kabel dial-up untuk menghubungkan modem ke komputer atau laptop. Selain itu, biasanya modem membutuhkan perangkat lunak tertentu untuk diinstal di laptop terlebih dahulu.

Layanan internet melalui modem via sambungan telepon populer pada tahun 1990-an hingga awal 2000. Saat ini, modem via kabel dial-up sudah jarang ditemui.

Mengakses internet lewat tethering Wi-Fi HP

HP saat ini dapat mengubah jaringan seluler 3G, 4G, atau 5G menjadi jaringan WiFi yang dapat dihubungkan ke beberapa laptop atau komputer. Melalui fitur tethering WiFi, HP bisa berubah menjadi semacam router pribadi.

Kemudian, router itu menyebarkan koneksi internet melalui jaringan WiFi. Koneksi internet yang disebarkan itu dihasilkan dari paket data jaringan seluler. Cara mengakses internet lewat tethering WiFi HP bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur ini terlebih dulu di HP Anda.

Setelah fitur tethering WiFi nyala, hubungkan laptop atau komputer Anda dengan jaringan WiFi dari HP Anda. Untuk bisa mengakses internet dengan cara ini, pastikan bahwa Anda telah langganan paket data internet dari operator layanan internet seluler.

Demikian cara mengakses internet pada laptop, komputer, dan HP melalui berbagai perangkat, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kenali #Berbagai #Cara #untuk #Mengakses #Internet #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts