Eks Bos Bukalapak Rachmat Kaimuddin Jadi Anak Buah Luhut, Ini Jabatannya

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Mantan Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk, Rachmat Kaimuddin resmi bergabung dalam Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Read More

Pengangkatan Rachmat diumumkan langsung oleh Menteri Marves, Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual di kanal YouTube Kemenko Marves, Senin (3/1/2021).

“Memang betul, saudara Rachmat bergabung dengan keluarga besar Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Technology Sustainability Development Special Advisor yang akan memberikan laporan kepada saya pribadi sebagai Menkomarves,” kata Luhut.

Luhut mengaku sudah cukup lama mengenal alumni SMA Taruna Nusantara periode 1994-1997 itu.

Ia juga mengaku sudah membicarakan rencana masuknya Rachmat ke sektor pemerintah beberapa bulan lalu. Menurut Luhut, Rachmat memiliki segudang pengalaman dan prestasi di bidang tersebut.

“Pengalaman yang dimiliki Rachmat sebagai pemimpin dengan berbagai pengalaman di bidang industri dan sektor, termasuk di bidang teknologi dan sustainable development, merupakan poin penting sehingga beliau pantas mengemban jabatan baru ini,” imbuh Luhut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, bergabungnya Rachmat merupakan angin segar, lantaran banyak pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan pemikiran dan kepiawaian Rachmat di bidang yang diembannya.

Kehadiran Rachmat, menurut Luhut, juga menjadi komitmen pemerintah dalam mendorong transformasi besar, terutama di bidang pembangunan teknologi di Indonesia.

“Program Kalimantan Utara yang nilai investasinya 132 miliar dollar AS dan banyak lagi program lain yang kita perlu mendapatkan pikiran-pikiran tajam, cerdas, cermat dan berorientasi jauh pada market,” terang Luhut.

Adapun proyek yang dimaksud adalah pengembangan Kawasan Industri Hijau yang baru diresmikan proyeknya oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 21 Desember 2021 lalu.

Mundur dari Direktur Utama Bukalapak

Sebelum diumumkan menjadi bagian dari Kemenkomarves, Bukalapak lebih dulu mengumumkan pengunduran diri Rachmat sebagai Direktur Utama beberapa waktu lalu.

Melalui keterangan tertulis, VP Corporate Secretary Bukalapak, Perdana Arning Saputro mengatakan, Rachmat Kaimuddin telah mengajukan surat pengunduran diri ke perusahaan Selasa (28/12/2021).

“Bukalapak telah menerima surat pengunduran diri dari Direktur Utama Bukalapak, Rachmat Kaimuddin pada tanggal 28 Desember 2021 yang akan berlaku efektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutur dia, dalam keterangannya, Rabu (29/12/2021).

Dalam surat pengunduran diri, Rachmat berencana mengabdi pada negara dan bekerja untuk pemerintah.

Pengunduran diri Rachmat juga telah disampaikan ke Bursa Efek Indoensia (BEI).
Setelah Rachmat mundur, posisi Direktur Utama Bukalapak untuk sementara waktu diisi oleh Wilix Halim sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Eks #Bos #Bukalapak #Rachmat #Kaimuddin #Jadi #Anak #Buah #Luhut #Ini #Jabatannya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts