Cara Scan Dokumen di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pengguna iPhone dapat memindai atau melakukan scan dokumen di ponsel tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Read More

Fitur untuk scan dokumen di iPhone ini sendiri bisa digunakan untuk memindai dokumen seperti kartu identitas, foto cetak, dan sebagainya guna menjadikannya sebuah gambar dalam format PDF.

Proses pemindaian tersebut memanfaatkan kamera yang ada di perangkat iPhone. Jadi, pengguna layaknya mengambil foto dengan kamera pada dokumen itu. Kemudian dokumen itu akan dipindai dan menghasilkan gambar dengan format PDF.

Scan dokumen biasanya dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan administrasi dalam kegiatan formal tertentu, misalnya melamar pekerjaan. Apple tampaknya mengetahui kebutuhan pengguna saat ini yang serba cepat, termasuk dalam urusan scan dokumen.

Dulu, scan dokumen biasanya hanya tersedia pada toko yang menyediakan layanan fotocopy dan memiliki mesin scanner. Dengan fitur scan dokumen yang dihadirkan Apple di iPhone, Anda tidak perlu lagi pergi ke toko yang menyediakan layanan tersebut.

Kini, Anda cukup melakukan scan dokumen di aplikasi “Catatan” iPhone. Apabila Anda ingin scan dokumen di iPhone, berikut ini caranya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Buka aplikasi bawaan “Note” atau “Catatan” yang ada di iPhone Anda
  2. Klik ikon kotak dan pena yang berada di pojok kanan bawah aplikasi, untuk membuat catatan baru
  3. Setelah halaman catatan baru terbuka, klik ikon kamera yang berada tepat di atas papan ketik
  4. Kemudian, pilih opsi “Pindai Dokumen”, lalu iPhone akan membuka kamera
  5. Kamera yang terbuka lewat opsi ini memiliki tampilan yang berbeda dari aplikasi “Camera”
  6. Saat kamera terbuka, Anda akan melihat ada bingkai transparan berwarna kuning
  7. Bingkai tersebut berfungsi untuk memindai dokumen Anda. Untuk mulai memindai, arahkan kamera dan bingkai tersebut ke dokumen
  8. Setelah Anda arahkan, bingkai tersebut akan otomatis melakukan pemindaian untuk penyesuaian ukuran dokumen.
  9. Setelah proses penyesuaian selesai, kamera otomatis akan mengambil gambar dari dokumen tersebut tanpa Anda perlu menekan tombol potret.
KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara scan dokumen di iPhone

Anda bisa melihat preview (tinjauan) dari gambar yang diambil melalui proses scan dokumen, sebelum menyimpannya. Caranya, klik ikon kotak di samping tombol potret.

Anda juga bisa mengubah warna dari gambar tersebut, dengan membuatnya mirip seperti hasil fotocopy yang berwarna hitam putih. Caranya, klik ikon tiga lingkaran yang ada di mode preview.

Ilustrasi cara scan dokumen di iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara scan dokumen di iPhone

Setelah selesai mengedit, Anda dapat klik “Selesai” dan pilih opsi “Simpan” yang berada di samping tombol potret. Gambar akan berformat PDF dan bakal tersimpan di aplikasi “Catatan”. Demikian cara scan dokumen di iPhone, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Scan #Dokumen #iPhone #Tanpa #Aplikasi #Tambahan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts