Spotify Bikin Halaman Khusus Netflix, Cari Soundtrack Film Jadi Lebih Cepat

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Bagi sebagian penonton setia Netflix, Spotify menjadi salah satu platform streaming musik yang diandalkan untuk mendengarkan soundtrack (original sountrack/OST) film atau serial Netflix favoritnya.

Read More

Kini, mencari dan mendengarkan OST film Netflix bakal lebih mudah lagi. Pasalnya, Spotify dan Netflix berkolaborasi menghadirkan halaman khusus bernama “Netflix Hub” baru-baru ini.

Seperti namanya, Netflix Hub menjadi tempat di mana pengguna dapat mencari dan mendengarkan soundtrack film Netflix, langsung dari aplikasi Spotify.

Selain soundtrack, pengguna juga bisa menikmati playlist (daftar putar) dan podcast dari film atau serial populer Netflix.

Fitur Netflix Hub ini murni hasil kerja sama langsung antara Spotify dan Netflix. Netflix tidak “membeli” ruang agar soundtrack atau podcast dari filmnya muncul di satu tempat khusus (hub) di aplikasi Spotify.

Dengan kata lain, Netflix Hub ini bukanlah produk iklan serta tidak ada pertukaran uang di dalamnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerja sama Netflix dan Spotify ini semata-mata dilakukan karena kedua perusahaan melihat potensi bisnis yang bagus dalam melayani basis penggemar keduanya yang disebut saling tumpang tindih.

Maksudnya, pengguna Spotify juga merupakan pengguna setia Netflix, begitu pula sebaliknya. 

Daftar OST film yang tersedia di Netflix Hub di Spotify

Spotify/Netflix via TechCrunch Netflix Hub hadir di Spotify.

Netflix Hub menyediakan OST dan playlist dari judul film dan serial populer, sebagai berikut:

  • Stranger Things
  • La Casa De Papel (Money Heist)
  • Narcos: Mexico
  • Outer Banks
  • Squid Game
  • Tick, tick…Boom!
  • Bridgerton
  • Cowboy Bebop
  • Virgin River
  • On My Block, dan lainnya.

Untuk podcast, ada judul seperti The Crown: The Official Podcast, Behind the Scenes: Shadow and Bone, 10/10 Would Recommend, You Can’t Make This Up, dan lainnya.

Di samping itu, dalam kerja sama ini, Spotify juga dilaporkan menyiapkan konten interaktif berupa kuis untuk penggemar Money Heist di dalam aplikasinya.

Kuis ini dapat dimainkan pengguna untuk mengetahui karakter Money Heist mana yang cocok untuk mereka.

Spotify mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan lebih banyak konten eksklusif ke Netflix Hub dalam beberapa bulan mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (24/11/2021).

Netflix Hub tersedia untuk semua pengguna, baik gratis maupun premium.

Netflix Hub di Spotify ini baru hadir secara terbatas di sejumlah wilayah, seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Irlandia, dan India.

Belum ada informasi lebih lanjut kapan fitur Netflix Hub ini bisa dinikmati pengguna Spotify di Indonesia.

Sebelum Netflix, Spotify juga sudah pernah menghadirkan fitur “hub” semacam ini.

Pada awal November, Spotify mengumumkan kerja samanya dengan dengan Peloton, aplikasi penyedia konten olahraga untuk menyediakan playlist lagu untuk aktivitas kebugaran (workout).

Dari kerja sama tersebut, Spotify menyediakan playlist lagu-lagu tersebut di Workout Hub di aplikasi Spotify. Lagu-lagu tersebut sudah disaring langsung oleh instruktur workout dari Peloton.

Spotify juga pernah bekerja sama dengan Giphy, database yang berisi miliaran stiker berformat GIF.

Dalam kerja sama tersebut, pengguna bisa membagikan GIF dari penyanyi favoritnya. Saat stiker GIF diklik, pengguna akan dialihkan ke playlist penyanyi tersebut di aplikasi Spotify. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Spotify #Bikin #Halaman #Khusus #Netflix #Cari #Soundtrack #Film #Jadi #Lebih #Cepat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts