Inikah Gadget Layar Lipat Pertama Apple?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ponsel dengan layar fleksibel yang dapat dilipat (foldable) kini tengah menjadi tren tersendiri di industri smartphone. Beberapa vendor ponsel seperti Samsung, Huawei, dan Motorola sudah merilis lini ponsel lipatnya masing-masing.

Read More

Apple pun tak mau ketinggalan. Sejak 2020, Apple dilaporkan telah mematenkan beberapa desain ponsel dengan layar yang bisa dilipat. Yang terbaru, Apple dilaporkan kembali mengantongi paten dari kantor paten AS (USPTO) pada 16 November 2021 ini.

Alih-alih smartphone, Apple mematenkan perangkat lipat yang mirip tablet iPad. Perangkat tersebut disebut dapat dilipat dengan skema seperti menutup buku.

Mengacu paten Apple yang diajukan sejak Februari 2020 itu, desain perangkat lipat terbaru Apple ini terdiri dari dua layar utama yang terpisah, namun disatukan menggunakan engsel internal. Konsep ini disebut-sebut mirip dengan perangkat Microsoft Surface Neo.

Dalam keadaan terbentang, perangkat lipat mirip iPad itu dilaporkan menyediakan tiga mode penggunaan.

Patently Apple Gambar paten Apple yang berisi desain perangkat lipat seperti iPad dengan dua layar dengan total luas 8 inci.

Pertama adalah mode independen, yang mana pengguna bisa menggunakan dua layar itu untuk mengakses dua hal yang berbeda dalam satu waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, ada mode “joint operating mode”. Mode ini memungkinkan pengguna menggunakan perangkat lipat ini seperti sebuah tablet.

Alhasil, gambar dan seluruh file yang dibuka saat joint operating mode akan ditampilkan dalam versi layar penuh (dua layar).

Baik, mode pertama atau kedua tersedia saat perangkat dalam keadaan terbentang, seperti pada gambar desain paten Apple yang dipublikasi oleh Patently Apple, berikut ini.

Menurut laporan situs Patently Apple sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (22/11/2021), desain perangkat lipat ini juga bisa digunakan dalam mode ketiga, yaitu seperti notebook (Fig. 4).

Karena dibekali dengan dua layar terpisah, saat dalam mode notebook, satu sisi layar akan berperan sebagai layar utama. Sementara sisi layar lainnya akan berperan sebagai keyboard virtual.

Sayangnya, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat ini sendiri masih bungkam soal keberadaan rancangan iPhone/iPad dengan layar lipat.

Sejak 2016

Sebelum desain perangkat lipat ini tersiar, beragam bocoran gambar dan dokumen paten yang berbeda sudah banyak beredar di internet.

Rumor keberadaan perangkat lipat pertama buatan Apple ini sebenarnya sudah muncul sejak 2016 lalu. Akan tetapi, hingga saat ini Apple belum menelurkan satu pun perangkat layar lipatnya.

Pada awal 2021 ini, rumor kehadiran perangkat lipat pertama Apple kembali mencuat. Jon Prosser, YouTuber yang kerap memberi bocoran produk Apple dengan akurat, sempat menyebutkan bahwa Apple tengah menyiapkan ponsel lipat alias “Foldable iPhone”.

Foldable iPhone itu konon memiliki bentuk mirip ponsel lipat Android Galaxy Z Flip besutan Samsung.

Menurut laporan outlet media pocket-lint, Foldable iPhone itu akan memiliki layar seluas 7,5-8 inci dan akan meluncur pada 2023.

Namun, keberadaan Foldable iPhone ini pun masih misteri, karena belum ada konfirmasi apa pun dari Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Inikah #Gadget #Layar #Lipat #Pertama #Apple #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts