20 Tahun Windows XP dan Kenangannya, dari Suara hingga “Serial Number”

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Dua dekade lalu, pada 25 Oktober 2001, Windows XP resmi dirilis. Sistem operasi PC ini dirancang sebagai penerus Windows 2000 untuk pengguna profesional dan Windows Me untuk pengguna rumahan sekaligus.

Sesuai namanya yang merupakan kependekan dari kata “Experience”, Windows XP menghadirkan pengalaman baru lewat tampilan visualĀ  yang lebih segar dan modern dari versi OS sebelumnya, Tema visual (visual style) utamanya yang penuh warna disebut sebagai “Luna”.

Microsoft akhirnya memensiunkan Windows XP alias menghentikan dukungannya pada 2014, belasan tahun setelah pertama dirilis. Meski demikian, Windows XP saat ini ternyata masih digunakan oleh sebagian kecil pemilik PC Windows.

Suara masih terngiang di kepala

Kiprah Windows XP yang terbilang sangat lama untuk ukuran sistem operasi komputer meninggalkan banyak kenangan bagi para penggunanya, terutama mereka yang aktif memakai PC di era 2000-an.

Seorang mantan pengguna Windows XP bernama Andri, misalnya mengaku bahwa efek-efek suara khas dari OS tersebut masih terngiang di kepala hingga saat ini.

“Saya masih ingat betul bagaimana suara unik yang dihasilkan Windows XP ketika komputer menyala dan dimatikan, dan efek suara ketika komputer menampilkan jendela error,” tutur Andri kepada KompasTekno, Selasa (26/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Knowyourmeme.com Berbagai ilustrasi jendela error dan elemen visual lainnya di Windows XP.

Efek suara Windows XP sendiri bisa dibilang merupakan salah satu kenangan yang banyak diingat oleh penggunanya. Ini tercermin dari situs web yang biasa mencatat dan mengumpulkan informasi terkait lelucon di dunia maya, knowyourmeme.com.

Website tersebut mencantumkan kumpulan meme yang menggunakan efek suara Windows XP dengan nama “Windows XP System Sound Remixes”.

Di samping suara, karakter yang biasa ditampilkan di Windows XP untuk membantu pengguna memakai komputer dengan lancar, atau menyelesaikan masalah yang timbul, juga diakui Andri sebagai hal yang tak bisa dilupakan.

“Kehadiran beberapa karakter animasi 3D di Windows XP, seperti karakter anjing hingga penyihir, membuat pengalaman memakai OS tersebut akan selalu tersimpan di ingatan,” ujarnya.

Terkesan dengan tampilan dan foto ikonik

Pengguna lainnya bernama Okin justru menjadikan tampilan Windows XP sebagai salah satu kenangan manis dari OS tersebut.

“Yang paling saya ingat adalah bagaimana saya begitu terkesan dengan tampilan Windows XP yang benar-benar baru pada saat itu,” kata Okin kepada KompasTekno.

Ia terkesan lantaran Microsoft memang benar-benar merombak desain OS teranyar itu menjadi lebih berwarna dan modern dibanding OS Windows versi sebelumnya, seperti tombol “Start” yang berubah menjadi hijau, serta taskbar yang dibalut dengan warna biru.

“Tampilan visual yang kala itu disebut ‘Luna’ berbeda dari gaya visual blok abu-abu yang membosankan (di Windows 95/98), atau perpaduan kuning dan abu-abu dari versi OS Windows sebelumnya,” imbuh Okin.

Ilustrasi. Ilustrasi.

Hal serupa juga dikatakan pengguna lain bernama Dafa. Menurut dia, hal yang paling berkesan dari Windows XP adalah foto wallpaper bawaan yang menampilkan hamparan padang rumput di bukit dengan awan putih di langit biru.

“Pasti (yang teringat) wallpaper-nya, gambar itu sangat ikonik sekali,” jelas Dafa kepada KompasTekno.

Sebuah pengalaman unik dialami mantan pengguna Windows XP lainnya bernama Riski, terkait nomor serial (serial number) yang dipakai untuk mengaktifkan Windows XP versi bajakan.

Bahkan, pria yang dulunya menyambi sebagai ahli reparasi komputer itu masih ingat dengan 25 karakter alfanumerik yang biasa ia gunakan untuk menmasang OS tersebut.

Jendela yang mengharuskan pengguna memasukkan serial number Windows XP yang terdiri dari 25 karakter alfanumerik.Reddit.com Jendela yang mengharuskan pengguna memasukkan serial number Windows XP yang terdiri dari 25 karakter alfanumerik.

“Banyak komputer yang diservis, dan komputer-komputer di berbagai tempat penyewaan (rental) banyak yang di-install ulang pakai Windows XP. Jadi, lama-kelamaan sudah hafal dengan serial number-nya, tidak perlu lihat lagi,” ujar Riski kepada KompasTekno.

Riski sendiri, yang kala itu sedang duduk di bangku kuliah, mengetahui soal serial number Windows XP lantaran pada saat itu banyak komputer milik teman-temannya yang memakai versi bajakan dari OS tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tahun #Windows #dan #Kenangannya #dari #Suara #hingga #Serial #Number

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts