Phyton Jadi Bahasa Programming Paling Populer di Dunia

  • Whatsapp

KOMPAS.com РPerusahaan yang mengkhususkan diri untuk menilai dan melacak kualitas kode software, Tiobe merilis peringkat 10 bahasa pemograman paling populer di dunia untuk  Oktober 2021.

Dalam laporan bertajuk “Tiobe Programming Community index”, Phyton dinobatkan sebagai bahasa programming terpopuler di dunia saat ini. Mengalahkan bahasa pemrograman C, Java, C++, C#, dan lainnya.

Bagi Tiobe, hasil tersebut tergolong menarik. Sebab, selama ini perusahaannya melihat bahasa pemrograman selalu didominasi oleh Java dan C, dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun, kami punya pemimpin baru, yakni bahasa pemrograman Python. Dominasi lama Java dan C telah berakhir,” tulis CEO Tiobe, Paul Jansen, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Tiobe, Kamis (14/10/2021).

Menurut Jansen, Phyton bisa berada di posisi puncak seperti sekarang karena bahasa¬†pemrograman ini telah “matang”, memiliki jumlah library yang banyak, serta penggunaan yang luas di semua jenis domain.

Di samping itu, alasan lainnya ialah karena bahasa pemrograman yang dibuat oleh Guido van Rossum ini mudah diakses, dipahami, dan digunakan, bahkan oleh pemula dalam pengolahan data sekalipun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Alasan itulah yang menjadikan Phyton sebagai bahasa pemrograman yang paling populer saat ini,” tulis Jensen.

tiobe.com Grafik yang memperlihatkan popularitas bahasa progrmaming Phyton dari tahun ke tahun.

Popularitas bahasa pemrograman memang kerap naik-turun tiap tahunnya. Sebab, popularitasnya bergantung seberapa baik bahasa pemrograman tersebut didukung dan diadopsi oleh teknologi yang kerap membawa perubahan besar seperti web, smartphone, dan Internet of Things.

Dalam laporan “Tiobe Programming Community index” Oktober 2021, Phyton berhasil menjadi bahasa pemrograman paling populer dengan rating (total pencarian di search engine populer) sebesar 11,27 persen. Pada periode yang sama sebelumnya, Oktober 2020, Phyton hanya menempati posisi ketiga.

Sementara, bahasa C yang sebelumnya berada di peringkat 1, kini harus legowo tergeser ke peringkat kedua dengan rating 11,16 persen.

Sementara di posisi ketiga dalam daftar 10 bahasa pemrograman paling populer ditempati oleh Java dengan rating 10,46 persen.

Berikut daftar lengkap 10 bahasa pemrograman paling populer di dunia versi Tiobe untuk periode Oktober 2021.

  1. Phyton (rating 11,27 persen)
  2. C (rating 11,16 persen)
  3. Java (rating 10,46 persen)
  4. C++ (rating 7,5 persen)
  5. C# (rating 5,26 persen)
  6. Visual Basic (rating 5,24 persen)
  7. JavaScript (rating 2,19 persen)
  8. SQL (rating 2,17 persen)
  9. PHP (rating 2,1 persen)
  10. Assembly language (rating 2,06 persen)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Phyton #Jadi #Bahasa #Programming #Paling #Populer #Dunia

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts