Mengintip Inovasi Anyar Ponsel Lipat Generasi Ketiga Samsung Galaxy Z Fold3

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Setelah meluncurkan ponsel lipat Galaxy Z Fold generasi kedua pada 2020, Samsung Electronic kini kembali mengusung ponsel terbaru, yakni Galaxy Z Fold3 5G.

Read More

Ponsel Samsung teranyar tersebut merupakan smartphone foldable (lipat) premium yang dirancang dengan inovasi papan atas. Produk ini resmi diluncurkan pada gelaran Galaxy Unpacked, Rabu (11/8/2021).

Samsung mengklaim, smartphone lipat besutannya kali ini lebih kuat dan tahan lama serta mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan perangkat foldable yang lebih optimal.

Dengan desain ikonis serta pengalaman hiburan yang lebih atraktif, Galaxy Z Fold3 akan memberikan pengalaman baru nan unik kepada para penggunanya, baik saat bekerja, menonton film, maupun bermain game.

Head of Product Marketing IT and Mobile Samsung Electronics Indonesia Selvia Gofar mengatakan, Samsung mencoba memenuhi harapan penggemar perangkat foldable untuk memperoleh cara baru dalam menjalani produktivitas dan menikmati hiburan, dengan menyiapkan fitur-fitur yang relevan pada Galaxy Z Fold3.

“Mulai dari under display camera, sertifikasi IPX8 untuk ketahanan air, hingga S Pen. Galaxy Z Fold3 benar-benar menjadi jawaban akan perangkat foldable yang lebih immersive, tangguh, dan serbaguna yang selama ini telah dinanti-nanti oleh konsumen,” ujar Selvia dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (15/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, seperti apa inovasi terbaru yang disuguhkan Samsung pada smartphone lipat Galaxy Z Fold3? Berikut rinciannya.

Water resistant dan engsel kokoh

Pertama dalam sejarah smartphone foldable, Galaxy Z Fold3 dilengkapi dengan fitur water resistant dengan sertifikasi IPX84.

Fitur tersebut membuat ponsel lipat anyar ini masih dapat bertahan apabila terjatuh atau terendam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Samsung juga memberikan lapisan karet khusus terhadap komponen elektronik supaya terlindungi dari air yang mungkin masuk.

 

Berbekal pengalaman panjang dan proses produksi yang teliti, Samsung berupaya menciptakan perangkat yang dapat diandalkan untuk digunakan dalam jangka panjang.

Dok. Samsung Fitur IPX8 membuat ponsel lipat Galaxy Z Fold3 dapat bertahan apabila terjatuh atau terendam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Untuk itu, kali ini Samsung Electronics membekali seri Galaxy Z dengan bingkai dan engsel (hinge) berbahan dasar Aluminum Armor, yang diklaim 10 persen lebih kuat dibanding generasi sebelumnya.

“Engsel perangkat pun diberi lapisan antikarat untuk melindunginya dari potensi korosi,” kata Selvia.

Untuk menambah kesan kokoh, cangkang ponsel lipat Samsung tersebut juga dilindungi dengan kaca Gorilla Glass Victus yang diklaim 50 persen lebih tangguh dibanding Gorilla Glass 6.

Samsung juga melengkapi Galaxy Z Fold3 dengan film pelindung baru berbahan PET5 yang dapat meregang dan panel layar utama yang lebih optimal. Selain itu, Galaxy Z Fold3 juga ditopang dengan engsel “Hideaway Hinge” yang memungkinkan perangkat tetap kuat.

Galaxy Z Fold3 juga telah melalui tes pelipatan yang ketat dan terverifikasi oleh Bureau Veritas agar tahan dilipat sebanyak 200.000 kali. Smartphone ini juga dilengkapi dengan AP fabrikasi 5 nm terbaru yang powerful serta dukungan jaringan 5G.

Dilengkapi stylus S Pen

Untuk pertama kalinya, Samsung menyertakan dukungan aksesori stylus atau pena digital S Pen pada perangkat foldable Galaxy Z Fold3.

Dengan S Pen, pengguna dapat melakukan kegiatan-kegiatan produktif, seperti mencatat, menggambar, hingga menunjang aktivitas multitasking pada sejumlah aplikasi di layar utama (main screen) ponsel.

“Menulis catatan sambil melakukan panggilan video hingga memeriksa to-do list saat membaca email menjadi semakin mudah. Ditambah dengan kehadiran fitur S Pen to Text, pengguna bisa menyempurnakan tulisannya hanya dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana saat harus membuat catatan dalam waktu yang sangat cepat,” terang Selvia.

Dengan kehadiran fitur S Pen to Text, pengguna bisa menyempurnakan tulisannya hanya dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana saat harus membuat catatan dalam waktu yang sangat cepatDok. Samsung Dengan kehadiran fitur S Pen to Text, pengguna bisa menyempurnakan tulisannya hanya dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana saat harus membuat catatan dalam waktu yang sangat cepat

Ada dua jenis S Pen yang didukung ponsel Galaxy Z Fold3, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Perbedaan pada kedua S Pen terletak pada konektivitas dan perangkat yang didukung stylus tersebut.

Seperti namanya, S Pen Fold Edition hanya bisa dipakai di Galaxy Z Fold3 dan tidak dibekali dengan konektivitas Bluetooth. Meski demikian, stylus ini mendukung fitur navigasi Air Command.

Sementara, S Pen Pro dibekali konektivitas Bluetooth untuk mendukung berbagai perangkat Samsung lainnya, seperti Galaxy Tab, Galaxy 21 Ultra, hingga Galaxy Note Series. Selain Air Command, S Pen Pro juga hadir dengan sejumlah fitur khas di Galaxy Note Series. Salah satunya adalah Air Actions.

Selain itu, berkat pengembangan fitur App Pair, kini pengguna Galaxy Z Fold3 dapat membuka kembali aplikasi dalam kondisi yang sama saat terakhir kali ditutup dan langsung membuat shortcut.

Sebagai informasi, Samsung terus mengembangkan kemitraan dengan perusahaan kenamaan, seperti Google dan Microsoft agar pengguna juga bisa menikmati beragam aplikasi andal sesuai kebutuhan.

Saat ini, misalnya, pengguna sudah bisa menikmati video chatting pada Microsoft Teams. Kemudian, saat perangkat dalam kondisi terbuka, pengguna bisa melihat presentasi secara full-screen seraya melihat wajah kolega.

Untuk produktivitas kerja yang lebih baik, pengguna dapat mengaktifkan mode dual-panel saat membuka Microsoft Outlook pada perangkat foldable Samsung. Dengan begitu, pengguna dapat membaca email secara utuh sembari melihat preview email lain di sisi layar.

Nonton lebih nyaman dengan 120 Hz adaptive refresh rate

Dari sisi hiburan, pengguna Galaxy Z Fold3 bisa menonton film layaknya sedang di bioskop berkat kehadiran teknologi Infinity Flex Display yang disematkan pada layar berukuran 7,6 inci.

Pengguna juga akan mendapat pengalaman menonton maksimal tanpa gangguan notch maupun punch hole karena hadirnya teknologi terbaru kamera under display.

Layar Galaxy Z Fold3 lebih immersive dengan Under Display Camera Technology untuk pengalaman menonton tanpa interupsi.Dok. Samsung Layar Galaxy Z Fold3 lebih immersive dengan Under Display Camera Technology untuk pengalaman menonton tanpa interupsi.

Dengan jumlah piksel minimal pada daerah layar yang berada tepat di atas kamera, Galaxy Z Fold3 menawarkan area tampilan yang lebih luas untuk mengakses aplikasi favorit.

Lebih lanjut, ponsel turut disokong teknologi layar Eco terbaru yang dapat membuat tingkat kecerahan layar meningkat 29 persen, tetapi konsumsi baterai tetap irit.

Pengguna juga bisa menikmati pengalaman scrolling yang lebih mulus dan tingkat interaksi dengan layar yang responsif dengan Super Smooth 120 Hertz (Hz).

Untuk diketahui, layar sekunder (cover screen) dan layar utama Galaxy Z Fold3 sudah didukung dengan adaptive refresh rate 120 Hz. Dengan demikian, pengguna bisa menikmati konten atau game dengan pengalaman yang lebih mulus.

Tak hanya itu, Galaxy Z Fold3 dibuat dengan desain yang lebih mulus, tipis, dan ringan sehingga pengguna lebih mudah membawanya ke mana-mana.

Perangkat tersebut tersedia dalam tiga pilihan warna yang tak lekang oleh waktu, yakni Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Bersama Galaxy Z series, Samsung juga merilis Galaxy Buds2 yang didesain untuk memberikan kualitas suara premium dan nyaman di telinga untuk digunakan sepanjang hari.

Menariknya lagi, Samsung kembali berkolaborasi dengan Thom Browne untuk memadukan desain menawan dengan teknologi terdepan pada Galaxy Z Fold3.

Sebagai informasi, Galaxy Z Fold3 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 24.999.000.

Bagi Anda yang ingin segera menggenggam Galaxy Z Fold3 5G, dapat melakukan pre-order secara eksklusif di www.samsung.com/id mulai Rabu (11/8/2021). 

#Mengintip #Inovasi #Anyar #Ponsel #Lipat #Generasi #Ketiga #Samsung #Galaxy #Fold3

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts