LG dan Corning Bikin “Lensa Cair” untuk Kamera Smartphone

  • Whatsapp

KOMPAS.com -Kamera di smartphone biasanya memiliki lensa yang terdiri dari 6 atau lebih elemen lensa individu yang disusun menjadi satu rangkaian sehingga ukurannya agak tebal.

Read More

Dengan teknologi “lensa cair” alias liquid lens yang dikembangkan LG Innotek lewat kerjasama dengan Corning, pabrikan Gorilla Glass, ukuran lensa kamera bisa dikurangi sehingga menjadi lebih tipis.

Sesuai namanya, liquid lens menggunakan kantung vinyl khusus yang berbentuk lensa dan berisi material cair. Satu lensa “cair” bisa menggantikan beberapa elemen lensa konvensional.

Berbeda dengan lensa konvensional yang mesti bergerak maju-mundur untuk mengubah fokus, liquid lens bisa melakukannya hanya dengan mengubah kelengkungan (curvature) lensa memakai arus listrik. 

Walhasil, selain lebih ringkas, sederhana, dan tipis, liquid lens pun berpotensi memberikan kelebihan lain berupa fokus yang lebih gesit dan akurat karena tak perlu menggerakkan lensa secara fisik.

Kendalanya, untuk sekarang, sifat cairan lensa mudah berubah-ubah -termasuk ketika diangkut dengan transportasi udara- sehingga menyulitkan komersialisasinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila hambatan ini bisa dipecahkan, bukan tidak mungkin lensa cair akan bisa diaplikasikan ke smartphone, wearable device, kamera otomotif, virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan area lainnya di masa depan.

LG Innotek dan Corning sendiri sudah mendaftarkan paten untuk lensa cair sejak tahun 2017.

Berdasarkan laporan dari situs yang dikelola Kantor Kekayaan Intelektual Korea, total ada 131 paten tentang lensa likuid di Korea Selatan. Sebanyak 85 di antara dimiliki oleh LG Innotek yang sudah didaftarkan sejak tahun 2016.

Tidak hanya di Korea Selatan, LG Innotek memiliki 30 paten dan Corning memiliki 11 paten lain tentang lensa cair di China.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari The Elec, Rabu (14/7/2021), LG konon mengembangkan lensa cair untuk mengatasi kelemahan di lensa zoom lipat rancangannya.

Liquid lens bukan satu-satunya teknologi lensa kamera baru yang sedang dikembangkan. Perusahaan Korea Selatan lainnya, Samsung, diketahui sedang mengembangkan lensa bernama “metalens”.

Metalens merupakan lensa datar yang memiliki partikel nano sejajar di permukannya. Meskipun datar, partikel nano akan membelokan cahaya seperti lensa cair. Cara ini juga menjadi alternatif untuk mewujudkan lensa kamera yang lebih tipis.

#dan #Corning #Bikin #Lensa #Cair #untuk #Kamera #Smartphone #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts