Jangan Letakkan Router WiFi Berdekatan Alat Dapur Ini

  • Whatsapp

KOMPAS.com –  Microwave adalah perangkat elektronik yang biasa dipakai untuk memasak dan memanaskan makanan. Karena relatif ringkas dan praktis, alat ini tak melulu diletakkan di dapur, tapi bisa di ruang lain dalam rumah.

Read More

Microwave ternyata salah satu alat elektronik yang bisa mengganggu sinyal dari router WiFi di rumah? Akibatnya kecepatan internet yang dipancarkan router bisa melambat atau mati sama sekali.

Baik oven microwave maupun router WiFi memang sama-sama memancarkan radiasi elektromagnetik.

Bedanya, microwave menggunakan radiasi itu untuk memanaskan benda di dalamnya, sementara router memakainya untuk memancarkan data sambungan internet dari dan ke perangkat lain secara nirkabel.

Meski fungsinya berbeda, microwave dan beberapa jenis router WiFi sama-sama memancarkan gelombang elektromagnetik di frekuensi 2,4 GHz. Apabila jaraknya terlalu berdekatan, maka microwave bisa mengganggu transmisi data dari router.

Ada penjelasan yang bisa dicari di internet soal ini. Salah satunya video yang diunggah oleh kanal Sunny Classroom di YouTube.

Oven microwave dengan kualitas bagus sebenarnya mempu menjaga gelombang elektromagnetik agar tidak mengganggu perangkat di sekitarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun kenyataannya, radiasi tersebut bisa saja bocor, lantas mengusik sinyal yang sedang berjalan di frekuensi yang sama, termasuk sinyal WiFi tadi. Akibatnya, sambungan internet bisa terganggu atau menjadi lambat.

Benda-benda lain dalam keseharian, mulai dari telepon wireless dan baby monitor, juga bisa mempengaruhi kinerja router WiFi lewat interferensi elektromagnetik tadi.

Jauhkan microwave dari router

Nah, untuk meminimalisir gangguan pada jaringan WiFi, regulator asal Inggris, Ofcon menyarankan pengguna untuk menjauhkan router dari microwave dan perangkat elektronik lainnya yang memancarkan radiasi serupa.

Seperti dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, disarankan juga untuk mematikan microwave apabila sedang melakukan video conferencing, menonton streaming video HD, mengunggah file penting, atau hal lain yang membutuhkan koneksi internet stabil.

Tentu, ada beberapa hal lain juga yang bisa mempengaruhi kinerja WiFi router, seperti tembok yang memisahkan ruangan dan air. Karena itu, sebisa mungkin tempatkan router di tempat tinggi -jangan di lantai- yang terbuka dan tidak di samping akuarium.

Masih lemot juga? Jangan-jangan ada terlalu banyak perangkat yang tersambung ke router. Perangkat seperti smartphone atau tablet sering diam-diam menyedot bandwidth, misalnya ketika sedang update software otomatis.

Agar kinerja maksimal, ada baiknya batasi jumlah perangkat yang tersambung ke router WiFi. Atau, kalaupun ada banyak, usahakan tak semuanya mengakses internet secara bersamaan.

#Jangan #Letakkan #Router #WiFi #Berdekatan #Alat #Dapur #Ini #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts