Google Perkenalkan Fitur Baru untuk Menangkal Berita Palsu

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ketenaran Google sebagai layanan mesin pencari tak jarang dimanfaatkan beberapa oknum untuk menyebarkan hoax atau informasi keliru. Menyadari hal tersebut, Google pun tak tinggal diam.

Read More

Pekan ini, Google kembali memperkenalkan fitur baru bernama “About this Result” untuk layanan Google Search.

Fitur berupa halaman khusus itu hadir untuk mempermudah pengguna dalam mengevaluasi sumber informasi dari situs yang mereka cari.

Misalnya, ketika pengguna memasukan kata kunci “cara memulai investasi saham”. Nantinya, hasil pencarian akan menyodorkan aneka macam situs yang berkaitan dengan kata kunci pencarian.

Nah, ketika memilih salah satu situs, pengguna bisa memastikan terlebih dahulu bahwa sumber informasi yang ditulis dalam laman tersebut valid.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur “About this Result” bisa dikunjungi dengan cara meng-klik ikon tiga titik di samping kanan judul seperti gambar di bawah ini.

CNET Fitur About This Result di Google Search

Setelah di-klik, nantinya laman “About this Result” akan menjabarkan rincian sumber informasi yang terkandung dari situs yang telah Anda pilih.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNET, Selasa (25/5/2021), halaman “About this Result” itu juga mencantumkan link yang mengarahkan pengguna ke entry Wikipedia berisi penjelasan mengenai laman sumber informasi yang bersangkutan.

Kalau tidak ada entry Wikipedia soal laman sumber informasi tersebut, lanjut Google dalam sebuah posting blog, maka Google Search akan menampilkan keterangan lain yang mungkin terseda, seperti kapan Google pertama kali mengindeks situs itu.

Google Photos Unlimited Gratis Berakhir 1 Juni, Ini yang Perlu Dilakukan Pengguna

Dengan adanya fitur keterangan di atas, pengguna diharapkan bisa lebih kritis dan lebih cermat untuk memilih sumber informasi yang akan dikonsumsi.

Belum diketahui kapan “About this Result” mulai tersedia. Namun, Google berencana akan menggelontorkan fitur ini ke seluruh penggunanya dalam beberapa bulan mendatang. Kita tunggu saja.

#Google #Perkenalkan #Fitur #Baru #untuk #Menangkal #Berita #Palsu #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts