Cara Menyamarkan Percakapan di WhatsApp Web Agar Tidak Dilihat Orang Lain

  • Whatsapp

KOMPAS.com – WhatsApp Web memberikan kemudahan bagi pengguna yang harus tetap berkomunikasi dengan lewat WhatsApp sambil fokus bekerja menggunakan komputer.

Read More

Dengan layanan ini, pengguna tak lagi harus mengecek ponsel apabila ingin mengirim atau membalas pesan melalui WhatsApp.

Namun, untuk sebagian orang, WhatsApp Web menimbulkan sedikit ketidaknyamanan. Layar PC atau laptop yang tergolong lebar membuat percakapan di WhatsApp bisa terlihat oleh orang lain.

Misalnya ketika ada rekan kerja yang datang tiba-tiba ke meja Anda, dan tidak sengaja membaca percakapan WhatsApp Web. Hal ini tentu dapat mengganggu privasi pengguna.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna WhatsApp Web dapat memanfaatkan ekstensi (extension) di browser Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Dengan mengaktifkan ekstensi ini, percakapan yang dilakukan di WhatsApp Web dapat disamarkan.

Tidak hanya itu, detail seperti nama kontak, foto profil, hingga lampiran file dan gambar juga dapat ikut disembunyikan.

Untuk melihat pesan yang telah disamarkan, pengguna cukup mengarahkan kursor mouse ke pesan yang ingin dilihat.

Selengkapnya, berikut cara menyamarkan percakapan di WhatsApp Web sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Support Google Chrome dan Mozilla, Selasa (20/4/2021).

WhatsApp Web di Google Chrome

Pertama, Anda dapat mengunduh file ekstensi melalui tautan berikut ini. Setelah berhasil diunduh segera jalankan file untuk memasang ekstensi di browser Google Chrome.

Apabila file ekstensi sudah terpasang, Anda dapat membuka WhatsApp Web melalui Google Chrome. Ekstensi akan secara otomatis membuat tulisan percakapan di WhatsApp Web menjadi blur.

KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Tangkapan layar pesan pada WhatsApp Web yang disamarkan menggunakan ekstensi di Google Chrome

Pengguna juga dapat melakukan pengaturan, misalnya memburamkan nama kontak, foto profil, serta lampiran file dan gambar. Caranya, klik ikon berbentuk “Puzzle” yang terletak pada menu bar browser.

Selanjutnya, klik Privacy Extension for WhatsApp Web yang ditandai dengan ikon bergambar mata

Lewat menu ini, pengguna bisa menyamarkan informasi yang tersedia seperti nama kontak, foto profil, hingga lampiran file dan gambar.

Untuk mengaktifkan atau mematikan fitur ini dengan cara yang lebih mudah, pengguna hanya perlu menekan tombol kombinasi Alt + X pada WhatsApp Web.

Untuk melihat pesan atau informasi yang disamarkan, pengguna cukup menggeser kursor mouse ke pesan yang diinginkan.

WhatsApp Web di Mozilla Firefox

Khusus pada Mozilla Firefox, pengguna dapat mengunduh file ekstensi melalui tautan berikut ini.  Selanjutnya pasang file ekstensi tersebut pada browser Mozilla Firefox di komputer Anda.

Setelah ekstensi sudah terpasang, Anda dapat mengaktifkan dan mematikan fitur ini dengan menekan tombol kombinasi Alt + X pada WhatsApp Web.

Tangkapan layar pesan pada WhatsApp Web yang disamarkan menggunakan ekstensi di Mozilla FirefoxKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Tangkapan layar pesan pada WhatsApp Web yang disamarkan menggunakan ekstensi di Mozilla Firefox

Pengguna dapat mengklik ikon bergambar mata yang terletak di menu bar browser untuk memburamkan informasi lain yang terdapat di WhatsApp Web.

Jika sudah, pengguna dapat memilih informasi mana yang ingin ikut diburamkan. Untuk melihat pesan atau informasi yang disamarkan, pengguna cukup menggeser kursor mouse ke pesan yang diinginkan.

#Cara #Menyamarkan #Percakapan #WhatsApp #Web #Agar #Tidak #Dilihat #Orang #Lain #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts