Dua Fitur “Juara” Kamera Vivo X60 dan X60 Pro

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Vivo X60 Series resmi diboyong ke Indonesia dalam sebuah acara peluncuran yang disiarkan langsung secara online, Kamis (8/4/2021) malam.

Read More

Di Tanah Air, seri ponsel anyar ini hadir dalam dua model, yaitu Vivo X60 dan X60 Pro. Keduanya memiliki fitur unggulan di aspek fotografi, di mana seluruh kamera belakangnya dirancang lewat kerja sama dengan pabrikan lensa kenamaan asal Jerman, Zeiss.

Vivo X60 dibekali dengan tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama “Big Eye Camera” 48 MP (f/1.79, OIS), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2, 2,5 cm Super Macro), dan kamera portrait 13 MP (f/2.46, 2x optical zoom).

Vivo X60 Pro sendiri dibekali dengan konfigurasi kamera yang nyaris identik dengan X60 reguler. Bedanya, kamera utama Vivo X60 Pro lebih baik dengan aperture f/1.48 yang diklaim bisa menyerap cahaya 16,8 persen lebih banyak.

Selain itu, Vivo X60 Pro punya teknologi penstabil gambar Gimbal Stabilization 2.0 yang tidak ada di X60 reguler.

Meski demikian, seluruh kamera belakang pada kedua ponsel tersebut turut dibekali dengan Zeiss Optics untuk menghasilkan gambar dengan detail dan warna natural khas lensa Zeiss.

Nah, deretan kamera bekalang Vivo X60 Series juga dibekali dengan berbagai fitur fotografi mumpuni, salah satunya adalah Zeiss Biotar Portrait Style. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh berputar yang ikonik.

Selain itu, ada banyak fitur kamera lainnya yang terbilang cukup menarik untuk ponsel dengan harga Rp 8 juta (Vivo X60) dan Rp 10 juta (Vivo X60 Pro) ini. Apa saja?

Gimbal Stabilization 2.0

Vivo Indonesia Ilustrasi Gimbal Stabilization 2.0.

Sebagai model teratas, Vivo X60 Pro tentunya dibekali dengan fitur fotografi yang lebih canggih dibanding X60 “reguler”, salah satunya adalah kehadiran teknologi penstabil gambar Gimbal Stabilization 2.0.

Gimbal Stabilization sendiri sempat diperkenalkan di Vivo Apex 2020 dan X50 Series. Nah, di Vivo X60 Series, teknologi tersebut ditingkatkan dan diklaim mampu membuat kamera tetap stabil meski mengalami guncangan ekstrim saat pengambilan gambar.

Hal dimungkinkan karena kamera utama Vivo X60 Pro bisa menggerakkan lensa kamera ke posisi berlawanan dengan arah goyangan pada lima sumbu gerak (axis), alih-alih empat. Vivo menyebut sistem kerja penstabil gambar ini dengan “VIS 5-Axis Stabilization”.

“Gimbal Stabilization memungkinkan ‘Big Eye Camera’ dapat berputar fleksibel untuk mengimbangi guncangan, sehingga mencapai 100 persen stabilisasi bingkai dan gambar lebih stabil,” ujar Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala dalam acara peluncuran Vivo X60 Series yang digelar secara online malam tadi.

Ada pula teknologi Pixel Shift Ultra HD Imaging yang berfungsi untuk menghasilkan foto dengan tingkat detil lebih maksimal.

“Pixel Shift Ultra HD Imaging dapat membuat gimbal bergerak untuk mengumpulkan informasi pixel. Setelah itu, AI akan menggabungkannya untuk menciptakan gambar dengan detail yang tajam,” imbuh Hadie.

Extreme Night Vision 2.0

Fitur Super Pano di Vivo X60 Series.Vivo Indonesia Fitur Super Pano di Vivo X60 Series.

Fitur selanjutnya adalah Extreme Night Vision 2.0 yang ada di Vivo X60 dan X60 Pro. Seperti namanya, fitur ini disebut mampu menjepret foto di lingkungan yang gelap gulita sekalipun.

Hal ini bisa terwujud berkat penggabungan antara teknologi peredam guncangan di kedua ponsel tersebut, dengan algoritma pemotretan malam yang dijuluki “Super Night Vivo”.

“Gimbal Stabilization 2.0 dapat memperpanjang waktu exposure yang dikombinasikan dengan algoritma Super Night Vivo,” jelas Hadie.

Meski tidak punya Gimbal Stabilization 2.0, Vivo X60 sendiri diklaim masih bisa menghasilkan foto yang terang meski kondisi minim cahaya. Sebab, ponsel ini dibekali dengan fitur Ultra Stable OIS untuk meredam guncangan ketika sedang memotret.

Di samping Extreme Night Vision 2.0, Vivo juga menyematkan berbagai fitur lainnya untuk memaksimalkan fotografi di kondisi malam hari.

Di antaranya seperti HDR Super Night Portrait untuk menghasilkan foto portrait malam dengan efek bokeh yang ciamik, serta Ultra-Wide Night Mode dan Super Pano untuk memotret pemandangan malam dengan bidang pandang yang lebih lebar.

Ada pula Long Exposure Mode yang bisa digunakan untuk menghasilkan gambar objek yang sangat detail dengan latar belakang efek cahaya atau efek blur yang dramatis. 

Vivo X60 dan X60 Pro turut dibekali dengan mode Pro Sports untuk memotret objek yang bergerak cepat, serta Kids Snapshot yang diklaim bisa menangkap gerakan anak-anak yang terbilang cukup sulit untuk dijepret.

#Dua #Fitur #Juara #Kamera #Vivo #X60 #dan #X60 #Pro #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts