Keistimewaan Layar Trio Samsung Galaxy A32, A52, dan A72

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Samsung resmi merilis trio smartphone mid-range Galaxy A32, A52, dan A72 di Indonesia, Rabu (17/3/2021) lalu. Ketiga ponsel ini sama-sama menggunakan layar panel Super AMOLED, yang disertai dengan sejumlah fitur anyar. 

Read More

“Layar Super AMOLED di Galaxy A32, A52, dan A72 ini sudah kami improve dari generasi sebelumnya,” ujar Product Marketing Manager Samsung Indonesia, Irfan Rinaldi kepada KompasTekno.

“Beberapa yang ditingkatkan adalah refresh rate, touch responsive rate, tingkat kecerahan, hingga kehadiran teknologi Eye Care Display,” imbuh Irfan.

Untuk pertama kalinya di seri Galaxy A, layar Galaxy A32, A52, dan A72 dibekali dengan refresh rate 90 Hz. Biasanya, deretan ponsel Galaxy A hanya memiliki layar dengan refresh rate standar saja (60 Hz).

Dengan refresh rate sebesar itu, layar ponsel diklaim bisa digunakan untuk menavigasi antarmuka dengan mulus. Animasi dan konten yang ditampilkan di layar juga diklaim bakal lebih nyaman dipandang. 

Meski demikian, ketiga ponsel ini tidak dibekali dengan Adaptive Refresh Rate, suatu fitur yang bisa menyesuaikan refresh rate layar, sesuai konten yang sedang ditampilkan. Sehingga, pengguna hanya bisa memilih antara refresh rate 60 Hz atau 90 Hz.

“Adaptive Refresh Rate itu hanya bisa diadopsi oleh layar yang memakai Dynamic AMOLED 2X, seperti Galaxy S20 Ultra. Sehingga, fitur ini belum ada di layar Super AMOLED Galaxy A32, A52, dan A72,” jelas Irfan.

Layar ketiga ponsel ini juga sudah mendukung touch responsive rate hingga 180 Hz yang memungkinkan sentuhan jari direspons secara cepat. Menurut Irfan, fitur ini berguna bagi gamers yang ini bermain kompetitif.

Terang dan aman

KOMPAS.com/Bill Clinten Samsung Galaxy A32.

Trio Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 memiliki ukuran yang berbeda-beda, yakni 6,4 inci, 6,5 inci, dan 6,7 inci. Permukaan layar ketiga ponsel juga dilapisi dengan kaca Gorilla Glass 5 untuk melindungi layar ponsel dari goresan.

Layar ketiga ponsel ini sendiri memiliki tingkat kecerahan (brightness) hingga 800 nits yang memungkinkan konten masih akan tetap terlihat meski layar terpapar sinar matahari terik.

Irfan mengklaim angka brightness ini lebih tinggi dibanding berbagai ponsel mid-range lainnya di rentang harga yang sama. 

“Rata-rata ponsel mid-range itu memiliki brighness di angka 400-600 nits,” klaim Irfan.

Meski layarnya cukup terang, pengguna Galaxy A32, A52, dan A72 agaknya tak perlu khawatir.

Sebab, Irfan mengatakan bahwa panel ketiga ponsel tersebut sudah dibekali dengan teknologi Eye Comfort Shiled yang diklaim mampu mengurangi efek buruk dari cahaya ponsel (blue light) hingga 12,5 persen.

#Keistimewaan #Layar #Trio #Samsung #Galaxy #A32 #A52 #dan #A72 #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts