Hal-hal yang Bisa Dinikmati saat Jaringan 5G Hadir di Indonesia

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Meski jaringan generasi kelima ( 5G) belum tersedia di Indonesia, trio smartphone yang mendukung 5G sudah sudah diboyong Samsung ke Tanah Air. Ketiganya adalah Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra yang resmi masuk Indonesia pada Januari lalu.

Read More

Ketiga ponsel ini dibekali dengan kemampuan 5G, namun, saat ini masih dalam keadaan terkunci (locked) dari sistem. Kemampuan ini bakal dibuka melalui pembaruan software apabila jaringan 5G sudah tersedia.

Ketika sudah dibuka, pengguna trio ponsel flagship teranyar Samsung itu dipastikan bakal bisa menikmati berbagai hal yang sulit terwujud di jaringan 4G. Apa saja?

Hal pertama, menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile Indonesia, Taufiqul Furqan, tentunya adalah proses mengunduh konten dengan lebih cepat.

Di atas kertas, 5G memiliki kecepatan unduh (download speed) mencapai 20 Gbps, jauh lebih mumpuni dibanding 4G. Dengan kondisi tersebut, maka file sebesar 10 GB secara teori bakal bisa diunduh dalam waktu sekitar 4 detik.

“Kalau kita melakukan download, baik itu aplikasi, game, atau lagu, itu sudah pasti lebih cepat dibanding 4G,” ujar Taufiq dalam acara “5G Myth Busting” yang digelar secara virtual, Selasa (9/3/2021).

Hal lain yang bisa dilakukan adalah pemutaran atau streaming video berkualitas tinggi. Berkat 5G, Taufiq mengklaim pengguna nantinya bisa menonton video 4K hingga 8K dengan lancar di Galaxy S21 Series.

Hanya saja, ini tergantung dari aplikasi penyedia konten video tersebut. Biasanya, platform streaming membatasi konten video yang ditampilkan supaya sesuai dengan layar perangkat yang digunakan.

Sehingga, pengguna tidak akan dapat menonton video beresolusi 8K di perangkat yang hanya mendukung resolusi 2K.

“Biasanya penyedia platform over-the-top (OTT) itu menyesuaikan dengan layarnya, di mana layar Galaxy S21 Ultra sendiri beresolusi 2K. Dengan ini, pengguna bisa menonton video 2K dengan detail yang lebih tajam,” kata Taufiq.

Video conference dan cloud gaming

Hal lainnya yang bisa dilakukan dengan 5G adalah kegiatan video telekonferensi, misalnya melalui Zoom atau Google Meet, yang bakal lebih mulus dan lancar. Hal ini disebabkan oleh latency jaringan 5G yang diklaim kurang dari 1 milidetik (m/s).

“Karena latency lebih rendah, feedback yang kita berikan akan terasa jauh lebih real-time, sehingga (pengalamannya) seakan-akan kita berbicara di depan orangnya langsung,” imbuh Taufiq. 

Ada pula tren hiburan yang nantinya diprediksi bakal marak ketika 5G sudah tersebar secara merata, yakni cloud gaming.

Dengan adanya 5G, pengguna trio Galaxy S21 bisa memainkan aneka game papan atas yang tersedia di platform cloud gaming, seperti Google Stadia, secara online langsung di smartphone tanpa harus memerlukan konsol game/PC fisik.

Selain itu, berbagai game online yang terpasang di smartphone juga disebut bakal bisa dimainkan dengan lancar tanpa adanya lag berkat kehadiran 5G.

#Halhal #yang #Bisa #Dinikmati #saat #Jaringan #Hadir #Indonesia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts