Begini Cara Menambah Ruang Penyimpanan di Akun Google Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Google menyediakan layanan terintegrasi yang beragam, mulai Gmail, Google Drive, Google Photo, dan sebagainya. Layanan tersebut sering kali dimanfaatkan untuk kebutuhan terkait pekerjaan dan belajar.

Read More

Misalnya melalui e-mail, pengguna bisa berkirim tugas dengan dosen atau mengirimkan hasil pekerjaan ke klien atau kantor.

Melalui Google Drive, pengguna juga bisa menyimpan berbagai jenis file di internet. Begitu pula Google Photo yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi foto secara daring.

Sayangnya, Google hanya memberikan jatah penyimpanan (storage) 15 GB untuk setiap akun pengguna dalam mode “gratis”.

Aneka layanan yang dipakai pun membuat ruang penyimpanan lekas penuh. Akibatnya, pengguna tidak bisa menerima e-mail baru dari Gmail ataupun menambah Google Drive ataupun Google Photo.

Untuk mengatasi kendala penyimpanan Google yang penuh, pengguna bisa menambah ruang penyimpanan di akun Google dengan cara sebagai berikut.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah kapasitas penyimpanan akun Google, selengkapnya sebagai berikut.

1. Hapus file di Google Drive

Melalui Google Drive, pengguna bisa menyimpan berbagai file, termasuk foto, video, dan dokumen lain.

Jika kapasitas Google Drive penuh, pengguna bisa menghapus file yang sudah tidak terpakai atau menghapus file yang memiliki ukuran besar, sehingga bisa menambah kapasitas penyimpanan, yang bisa dipakai oleh Drive atau layanan Google lainnya seperti Gmail.

Pertama-tama  bukalah drive.google.com melalui peramban. Lalu login ke akun Google. Selanjutnya, pengguna tinggal membuka deretan file yang ada dalam format “list” atau baris.

Ketika dalam format “list”, Google akan menampilkan keterangan file berupa nama file, akun pemilik file, waktu file diubah, serta ukuran file.

Pengguna bisa mulai menyortir, file mana yang sudah tidak terpakai dan ingin dihapus. Pengguna juga bisa menghapus file berukuran besar besar.

Setelah itu, jangan lupa pergi ke menu “trash” atau sampah, lalu klik “kosongkan sampah”. Dengan begitu, file yang dihapus selamanya akan hilang dari Google Drive dan akan memberikan ruang kosong untuk penyimpanan baru.

2. Menghapus e-mail

Ketika berkirim e-mail melalui Gmail, pengguna tak jarang menerima e-mail dengan banyak  lampiran dokumen (attachment) di dalamnya. Lampiran dokumen tersebut dapat membuat e-mail memiliki ukuran yang besar, sehingga memakan ruang penyimpanan di akun Google.

Oleh karena itu, pengguna bisa menghapus e-mail dengan lampiran berukuran besar untuk mengosongkan storage di akun Google. Caranya, buka ke gmail.com dan login ke akun Google.

Di kolom pencarian email, pengguna bisa mencari e-mail dengan lampiran sesuai ukuran yang hendak dicari. Misalnya, “has:attachment larger:30M” untuk mencari e-mail dengan ukuran attachment lebih dari 30 MB.

KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi mencari email berdasarkan ukuran.

Dengan begitu, Gmail akan memunculkan email yang memiliki ukuran lebih dari 30 megabyte (MB). Angka “30” ini bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna, misalnya diubah menjadi 50 untuk menemukan email yang memiliki ukuran lebih dari 50 MB.

Setelah hasil pencarian ditampilkan, pengguna hanya perlu klik “delete” dan konfirmasi untuk menghapus e-mail yang bersangkutan. Jangan lupa juga untuk pergi ke menu trash dan klik “empty trash now” untuk menghapus secara permanen.

Pengguna juga bisa menghapus e-mail yang dianggap sebagai spam dengan membuka kotak Spam di Inbox,  ke menu “spam”. Kemudian, klik “delete all spam message now” di bagian atas daftar e-mail, dan konfirmasi.

3. Ubah ukuran upload di Google Photo

Google Photo kerap dimanfaatkan sebagai tempat untuk mencadangkan foto dan video yang ada di ponsel. Selain itu, melalui layanan ini, pengguna bisa berbagi foto dengan pengguna lainnya secara daring.

Namun foto atau video yang diunggah itu juga bisa memakan ruang penyimpanan yang besar karena ukurannya yang besar pula.

Ketika penyimpanan Google hampir penuh, pengguna bisa menyiasatinya dengan mengubah ukuran foto atau video ke “high quality”.

Menurut Google, pilihan high quality akan mengbah ukuran file konten menjadi sedikit lebih kecil dari aslinya sehingga menghemat ruang penyimpanan.

Pengguna bisa mengubah kualitas upload di Google Photo untuk menghemat ruang penyimpanan.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pengguna bisa mengubah kualitas upload di Google Photo untuk menghemat ruang penyimpanan.

Cara mengubahnya, buka photo.google.com melalui peramban dan login ke akun Google. Kemudian, klik ikon settings di sisi kanan atas layar, lalu pindahkan setelan kualitas ke high quality. 

Ketika penyimpanan hampir penuh, Google juga akan memberi notifikasi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan atau mengubah ukuran upload. Pilihan “ubah ukuran upload” akan membuka opsi pilihan yang sama. 

Google akan menanyakan apakah Anda ingin memulihkan penyimpanan, yang akan mengubah unggahan sebelumnya menjadi Kualitas Tinggi dan membantu Anda menghemat ruang penyimpanan. Kalau setuju, centang kotak pilihan lalu pilih konfirmasi.

Itulah beberapa cara alternatif untuk menyediakan ruang kosong pada storage akun Google, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Indian Express, Jumat (26/2/2021).

4. Langganan akun Google berbayar

Butuh lebih banyak ruang? Cara termudah untuk menambah penyimpanan adalah dengan berlangganan paket berbayar Google One yang otomatis akan memberikan space berukuran jauh lebih besar dibanding akun Google versi gratis.

Google One menyediakan beberapa pilihan paket penyimpanan yang bisa pengguna pilih. Misalnya, pengguna bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan akun Google hingga 100 GB dengan biaya langganan Rp 26.900 per bulan atau  Rp 269.000 per tahun.

Kalau dirasa kurang, Google juga menyediakan kapasitas ruang penyimpanan lainnya, yakni 200 GB dan 2 TB Daftar harga berlangganan selengkapnya dapat dilihat di laman Google lewat tautan berikut.

#Begini #Cara #Menambah #Ruang #Penyimpanan #Akun #Google #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts