Apa Beda S Pen di Galaxy S21 Ultra dan Galaxy Note? Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Samsung resmi merilis ponsel Galaxy S21 series di acara “Galaxy Unpacked”, Kamis (14/1/2021). Selain spesifikasi, Samsung juga meningkatkan fitur di Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra.

Read More

Khusus untuk Galaxy S21 Ultra, ponsel ini memiliki dukungan terhadap stylus (pena digital) S Pen khas Samsung. Ini adalah kali pertama Samsung menghadirkan S Pen di seri Galaxy S, sebagai aksesori yang bisa dibeli terpisah.

“Untuk pertama kalinya kami memperkenalkan S series yang kompatibel dengan S Pen,” kata Charlie McCarren, Global Corporate Strategy dalam presentasi Galaxy S21 Ultra.

Selama ini, S Pen hanya dibekalkan ke lini Galaxy Note dan beberapa model Galaxy Tab. Kendati demikian, S Pen yang kompatibel dengan Galaxy S21 Ultra memiliki perbedaan fitur dengan S Pen yang ada di Galaxy Note.

Stylus S Pen di Galaxy S21 Ultra tidak memiliki fitur bluetooth low energy (BLE). Fitur ini berfungsi sebagai pengontrol kamera dari jarak jauh.

BLE di S Pen sudah dikenalkan Samsung sejak Galaxy Note 9, dan hadir pula di lini Galaxy Note 10. Karena absennya BLE ini, S Pen di Galaxy S21 Ultra tidak memiliki fitur Air Action, seperti memotret atau mengontrol kamera dari jarak jauh.

Stylus S Pen di Galaxy S21 Ultra hanya bisa digunakan untuk menulis atau menggambar di aplikasi Samsung Notes, menggulirkan layar saat membaca artikel, atau melihat galeri foto.

S Pen ini tidak dijual sepaket dengan Galaxy S21 Ultra, hanya bisa dibeli secara terpisah. S Pen akan dijual sepaket dengan casing flip cover khusus. Sebab, di bodi Galaxy S21 Ultra tidak ada ruang untuk menempatkan S Pen, layaknya Galaxy Note.

YouTube/ Samsung S Pen dan S Pen Pro

Sehingga S Pen hanya bisa diselipkan di kompartemen yang ada di flip cover. Samsung beralasan hadirnya S Pen di Galaxy S21 Ultra ini untuk menyempurnakan fitur di model tertinggi di lini Galaxy S21.

Model ini ditargetkan bagi para tech savvy yang menggunakan ponsel tidak hanya untuk berkomunikasi atau bermedia sosial, namun juga untuk berkerja.

“Jadi selain kamera bagus, RAM dan storage lebih besar, S21 Ultra juga dimaksimalkan oleh pengguna dengan S Pen,” kata¬†Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiq Furqan kepada KompasTekno, jelang peluncuran Galaxy S21 series.

Taufiq mengatakan bahwa S Pen hanya bisa digunakan di Galaxy S21 Ultra saja, tidak bisa digunakan di model lain seperti Galaxy S21 reguler dan Galaxy S21+.

Galaxy S21 Ultra memiliki tiga varian memori, yakni RAM 12 GB/128 GB yang dijual Rp 18.999.000, RAM 12 GB/256 GB yang dibanderol Rp 19.999.000, dan model tertinggi adalah RAM 16 GB/512 GB yang dijual dengan harga Rp 21.999.000.

Samsung juga akan menghadirkan ekosistem S Pen yang independen, bernama S Pen Pro. Stylus S Pen Pro turut diperkenalkan Samsung bersamaan dengan S Pen reguler di acara Galaxy Unpacked.

Sesuai namanya, S Pen Pro akan lebih canggih dibanding S Pen reguler, karena akan dilengkapi dengan BLE dan mendukung fitur Air Action. Bahkan, S Pen buatan Samsung ini juga bakal dipakai untuk tablet Wacom.

Samsung mengatakan stylus S Pen Pro baru akan dijual dalam beberapa bulan ke depan, sekitar kuartal II-2021.

#Apa #Beda #Pen #Galaxy #S21 #Ultra #dan #Galaxy #Note #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts