Penyebab Terbentuknya Pelangi Merah

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pelangi terbentuk ketika cahaya yang terpancar dari matahari bersentuhan dengan tetesan air di atmosfer. 

Read More

Ketika cahaya bertemu dengan tetesan air, cahaya dibiaskan pada batas udara dan air, memasuki tetesan hingga cahaya tersebar menjadi warna-warna pelangi. 

Umumnya, pelangi memiliki tujuh warna yang berpadu menjadi busur yang sangat cantik.

Dilansir dari Canon Science Lab, pelangi memiliki tujuh warna karena tetesan air di atmosfer memecah sinar matahari menjadi tujuh warna.

Namun, meski jarang terjadi, pelangi bisa muncul hanya dengan warna merah. Mengapa demikian?

Dilansir dari Astronomy, pelangi merah muncul dari kondisi atmosfer yang sama yang menyebabkan Matahari berubah warna dari putih menjadi merah saat tenggelam. 

Seperti yang dijelaskan oleh astronom asal Belanda, Marcel Minnaert, dalam karya klasiknya The Nature of Light and Color in the Open Air, “Alam menunjukkan spektrum sinar matahari dan mendemonstrasikan bagaimana komposisinya berubah saat matahari terbenam.” 

Penyebab munculnya pelangi merah adalah hamburan panjang gelombang yang lebih pendek (oleh molekul udara, debu, dan aerosol) selama perjalanan panjang cahaya ke bagian terendah dan terpadat di atmosfer bumi.

Karena hanya matahari terbenam atau matahari terbit merah yang akan menyebabkan pelangi merah di bagian langit yang berlawanan, pelangi merah dapat dilihat pada atau di dekat ketinggian maksimumnya di atas langit dengan sudut 42 derajat. 

Semakin rendah matahari di langit, semakin tinggi pelangi, begitu pula sebaliknya. 

Untuk melihat fenomena ini, seorang pengamat harus berada di antara matahari merah yang rendah dan hujan deras di arah yang berlawanan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Penyebab #Terbentuknya #Pelangi #Merah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts