Apakah Anoa Termasuk Satwa Dilindungi?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Anoa adalah spesies hewan yang mirip kerbau dan hanya ditemukan di pulau Sulawesi, Indonesia.

Read More

Di Indonesia, anoa hidup di berbagai habitat, termasuk hutan lembap primer dan sekunder, padang rumput, dan hutan rawa.

Apakah anoa dilindungi?

Kabar buruknya, hewan endemik Sulawesi ini semakin sulit ditemukan di hutan-hutan Sulawesi.

Dikutip dari Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSILHK) Manado, populasi anoa menurun setiap tahunnya karena perburuan dan berkurangnya habitat alami anoa akibat pengalihan fungsi hutan menjadi lahan pertambangan atau perkebunan. 

Dengan demikian, anoa ditetapkan sebagai salah satu satwa liar yang dilindungi di Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) P106 Tahun 2018.

Sementara itu, berdasarkan International Union for Conservation of Natural Resources (IUCN) Red List, anoa memiliki status konservasi terancam punah (endangered).

Kemudian, Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) menetapkan anoa sebagai Appendix I yang menandakan bahwa anoa dilarang untuk diperjualbelikan dalam segala bentuk perdagangan internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Apakah #Anoa #Termasuk #Satwa #Dilindungi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts