3 Tipe Sarkofagus, Peti Mati yang Terbuat dari Batu

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sarkofagus adalah peti mati yang umumnya terbuat dari batu dan digunakan untuk menyimpan jenazah.

Read More

Sarkofagus dibuat dengan bentuk yang beragam. Namun, bentuk yang berbeda-beda ini berdasar pada pola tertentu.

Misalnya, bentuk sarkofagus yang ditemukan di Bali menunjukkan adanya suatu sistem yang mendasari teknik pembuatan benda tersebut.

Sistem ini berkaitan dengan tata cara penguburan mayat yang menggunakan sarkofagus. 

Tampaknya, dalam sistem ini terdapat kebebasan untuk membentuk corak sarkofagus, sesuai dengan cita-cita dan adat setempat. 

Keleluasaan ini menimbulkan bermacam-macam bentuk dan corak sarkofagus.

Tipe sarkofagus

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dalam buku yang berjudul ‘Sarkofagus Bali dan Nekropolis Gilimanuk’, R. P. Soejono mengelompokkan sarkofagus menjadi tiga tipe, yakni:

1. Sarkofagus tipe A atau tipe Bali

Sarkofagus tipe A atau tipe Bali memiliki ciri khasnya, yakni berukuran kecil (antara 80-148 cm) dan mempunyai tonjolan pada bidang-bidang sempitnya. 

Di dalam sarkofagus tipe A, mayat dikubur secara terlipat lateral (dengan badan miring ke sebelah) atau dengan badan terlipat dorsal (dengan punggung di bawah).

2. Sarkofagus tipe B atau tipe Caoang

Sarkofagus tipe B atau tipe Caoang berukuran sedang dan tidak terdapat tonjolan. 

Biasanya, sarkofagus tipe B dibuat dengan panjang antara 150 hingga 161 cm.

Pada bagian pinggiran sarkofagus tipe B terdapat pahatan aluran, yang berfungsi sebagai tempat tali untuk memudahkan penempatan tutup di atas wadahnya. 

Sarkofagus tipe B hanya dapat memuat mayat yang diletakkan secara terlipat, meski dari luar tampak dapat memuat mayat secara sikap terbujur. 

3. Sarkofagus tipe C atau tipe Manusbe

Sarkofagus tipe C atau tipe Manuabe berukuran besar dan memiliki sepasang tonjolan di bidang samping tutup atau wadah.

Dengan sarkofagus tipe C, mayat ditempatkan dengan sikap terbujur dan jumlah mayat yang disimpan mungkin lebih dari satu. 

Ukuran panjang sarkofagus tipe C berbeda-beda, yakni antara 200 hingga 268 cm dengan lebar bidang depan dan belakang rata-rata sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tipe #Sarkofagus #Peti #Mati #yang #Terbuat #dari #Batu #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts