Gempa Susulan di Bengkulu sudah 5 Kali, Ini Penjelasan BMKG

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Bengkulu diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan M 6,5 yang memiliki parameter update 6,3 magnitudo pada Selasa (23/8/2022) pukul 21.31 WIB. Informasi gempa terkini di Bengkulu, pada Rabu (24/8/2022), BMKG mencatat sudah ada 5 kali gempa susulan.

Read More

Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menyampaikan, episenter gempa Bengkulu terletak pada koordinat 5,22° LS dan 102,95° BT, di wilayah Samudra Hindia, Barat Bengkulu, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 Km arah Selatan Kota Manna, Bengkulu pada kedalaman 52 Km.

Berdasarkan pemantauan BMKG, terdapat lima gempa susulan di Bengkulu setelah gempa bermagnitudo 6,3 terjadi.

“Total ada lima gempa susulan,” ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Adapun kelima gempa susulan di Bengkulu sebagai berikut:

  1. Gempa bermagnitudo 3,7 pada 23 Agustus 2022 pukul 22.44 WIB, dengan pusat gempa berlokasi di 52 km arah barat daya Kaur, Bengkulu berkedalaman 14 km.
  2. Gempa bermagnitudo 2,6 pada 24 Agustus 2022 pukul 00.19 WIB, dengan pusat gempa berlokasi di 50 km arah barat daya Kaur, Bengkulu berkedalaman 16 km.
  3. Gempa bermagnitudo 3,3 pada 24 Agustus 2022 pukul 00.20 WIB, dengan pusat gempa berlokasi di 57 km arah barat daya Kaur, Bengkulu berkedalaman 20 km.
  4. Gempa bermagnitudo 3,7 pada 24 Agustus 2022 pukul 07.24 WIB, dengan pusat gempa berlokasi di 58 km arah barat daya Kaur, Bengkulu berkedalaman 20 km.
  5. Gempa bermagnitudo 3,5 pada 24 Agustus 2022 pukul 08.51 WIB, dengan pusat gempa berlokasi di 30 km arah barat daya Kaur, Bengkulu berkedalaman 30 km.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa gempa bumi yang terjadi berjenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona megathrust.

Di zona megathrust yang memicu gempa kali ini memiliki magnitudo tertarget 8,4. Sehingga masih ada potensi gempa dengan magnitudo yang lebih besar dari yang terjadi semalam.

Meski begitu, gempa dengan magnitudo tertarget 8,4 ini tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi.

“(Di zona tersebut ada gempa tertarget) 8,4 magnitudo. Ya bisa (terjadi gempa yang lebih besar) kan sumbernya masih ada, tapi entah kapan tidak tahu,” tutur Daryono.

Kendati sudah terjadi 5 kali gempa susulan, hasil pemodelan BMKG menunjukkan gempa Bengkulu tadi malam, Selasa (23/8/2022) tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Namun, dampak gempa bumi yang terjadi dirasakan di sejumlah daerah dengan kekuatan bervariasi sebagai berikut:

Shutterstock Ilustrasi gempa bumi, gempa tektonik, gempa merusak.

Gempa Bengkulu terasa di daerah Kabupaten Kaur dengan skala intensitas V MMI (getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun).

  • Skala intensitas IV-V MMI

Gempa terasa di daerah Liwa dengan skala intensitas IV-V MMI (getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun).

Gempa terasa di daerah Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Enggano dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

  • Skala intensitas III-IV MMI

Gempa terasa di daerah Kota Bengkulu, Muko-muko, Argamakmur, Manna, Putri Hijau, Musi Rawas , Oku Selatan, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dengan skala intensitas III-IV MMI. Getaran gempa ini apabila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Gempa terasa di daerah Martapura, Panimbang, Kec. Ngaras, Bandar Lampung, Muara Dua, Semaka, Pematang Sawah, Palembang dengan skala intensitas III MMI. Getaran gempa Bengkulu skala ini dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

  • Skala intensitas II-III MMI

Dampak gempa Bengkulu juga dirasakan di daerah Bayah, Malingping, Ujung Kulon, Kecamatan Pesisir Tengah, Labuan dengan skala intensitas II-III MMI, dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Gempa terasa di daerah Kerinci, Padang dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Rekomendasi BMKG soal gempa Bengkulu

BMKG merekomendasikan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkas Daryono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Gempa #Susulan #Bengkulu #sudah #Kali #Ini #Penjelasan #BMKG #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts