Vaksin Khusus Omicron BioNTech Diharapkan Dikirim Setelah Oktober

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Perusahaan biotek Jerman, BioNTech telah membuat vaksin baru yang secara khusus menargetkan varian Omicron. Akan ada dua vaksin khusus Omicron yang akan dikembangkan. 

Read More

Dua vaksin khusus yang diadaptasi dari Omicron diharapkan dapat segera dikirimkan setelah bulan Oktober mendatang.

Dikutip dari CNA, Selasa (9/8/2022), pengiriman vaksin baru ini akan membantu memacu permintaan pada kuartal keempat.

Sebelumnya, perusahaan ini telah mengirimkan permintaan global sebanyak 3,6 miliar dosis vaksin.

Jumlah ini berkurang dikarenakan mayoritas orang di dunia khususnya negara barat telah menerima tiga atau empat suntikan vaksin Covid-19 untuk mencegah keparahan dari maraknya penularan varian Omicron. 

Akan tetapi, kampanye vaksinasi booster menggunakan suntikan yang ditingkatkan secara khusus menargetkan varian Omicron diperkirakan akan menaikkan permintaan vaksin di musim gugur mendatang.

Sembari menunggu persetujuan peraturan, perusahaan ini menegaskan bahwa kedua vaksin khusus Omicron yang diadaptasi dari subvarian Covid-19 tersebut akan tersedia pada waktunya untuk kampanye.

Shutterstock Ilustrasi vaksin Pfizer. FDA beri persetujan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNtech diberikan untuk anak usia 5-11 tahun. Jika disetujui CDC, penyuntikkan akan dilakukan November.

Perusahaan BioNTech dan Pfizer telah menyerahkan salah satu vaksin yang menargetkan subvarian BA.1 Omicron kepada regulator obat Uni Eropa European Medicines Agency bulan lalu.

Saat ini, vaksin tengah menunggu persetujuan.

Sedangkan vaksin yang menargetkan subvarian BA.4 dan BA.5 Omicron, seperti yang direkomendasikan oleh regulator obat Amerika Serikat, akan memulai uji klinis bulan ini, dengan dosis awal diharapkan bisa dikirimkan juga mulai awal Oktober.

Pendapatan BioNTech turun

Adapun perusahaan membukukan pendapatan dan laba bersih kuartal kedua turun sekitar 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya, masing-masing menjadi 3,26 miliar euro dan 1,672 miliar euro.

Perusahaan menegaskan kembali panduan pendapatan vaksin tahun ini, dari 13 miliar euro menjadi 17 miliar euro, turun dari 19 miliar euro tahun lalu.

Sementara itu, mitra perusahaan ini yaitu Pfizer pada akhir bulan lalu memperkirakan penjualan vaksin Covid-19 sebesar 32 miliar dolar AS selama setahun penuh.

“Dengan kinerja kuat tahun ini, kami yakin berada di jalur yang benar untuk mencapai panduan keuangan kami sebelumnya untuk tahun keuangan yang sedang berjalan,” kata kepala keuangan BioNTech Jens Holstein seperti dikutip dari CNA, Selasa (9/8/2022).

Ia menambahkan, dengan menyesuaikan vaksin Covid-19 terhadap varian tertentu, diharapkan akan bisa meningkatkan permintaan di pasar utamanya pada kuartal keempat tahun ini.

“Tergantung pada persetujuan peraturan,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Vaksin #Khusus #Omicron #BioNTech #Diharapkan #Dikirim #Setelah #Oktober #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts