Daftar Wilayah Berpotensi Banjir Agustus 2022, dari Aceh hingga Papua

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan daerah potensi banjir pada bulan Agustus 2022 ini.

Read More

Potensi banjir kategori menengah dan tinggi ini dapat terjadi di sejumlah wilayah Indonesia dengan skala bervariasi.

Masyarakat yang berada di sekitar wilayah yang diprediksi banjir, diminta untuk melakukan antisipasi dan lebih berhati-hati ke depannya.

Berikut daftar wilayah yang berpotensi mengalami banjir pada bulan Agustus 2022, dari Aceh hingga Papua.

1. Aceh

Meskipun tidak ada wilayah atau daerah yang berpotensi terjadi banjir dengan tingkat kategori tinggi, banyak daerah di Aceh yang berpotensi terjadi banjir dalam kategori menengah. Di antaranya yakni:

Aceh Barat Daya (Kecamatan Babahrot, Blang Pidie, Jeumpa, Kuala Batee, Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan); Aceh Jaya (Kecamatan Krueng Sabee); Aceh Selatan (Kecamaan Kluet Tengah, Labuhan Haji, Labuhan Haji Barat, Meukek, Sawang); Aceh Singkul (Kecamatan Singkil, Singkil Utara).

Kabupaten Aceh Tamiang (Kecamatan Bandar Pusaka, Tamiang Hulu, Tenggulun); Aceh Timur (Kecamatan Simpang Jernih); Gayolues (Kecamatan Pining, Terangun); dan Pidie (Kecamatan Geumpang, Tangse).

2. Sumatera Utara

Untuk wilayah Sumatera Utara, banyak daerah yang memiliki potensi banjir tingkat menengah untuk bulan Agustus 2022 ini. Di antaranya sebagai berikut.

Kabupaten Asahan, Batubara, Kota Gunung Sitoli, Kota Tebing, Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Langkat, Nias, Mandailing Natal, Nias Barat, Nias Utara, Simalungun, Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah.

3. Riau

Untuk di wilayah Provinsi Riau, daerah yang berpotensi mengalami banjir kategori menegah yaitu Kabupaten Bengkalis (Kecamatan Bukitbatu), Indragiri Hilir (Kecamatan Kateman, Mandah), dan Kabupaten SIak (Kecamatan Sungaimandau).

4. Kepulauan Riau

Kabupaten Bintan (Kecamatan Bintan Timur, Tambelan), Karimun (Kecamatan Kualakampar), Kota Batam (Kecamatan Kualakampar), Kota Tanjung Pinang (Kecamatan Bukitbestari, Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang Timur), Lingga (Kecamatan Lingga, Singkep) di Provinsi Kepulauan Riau juga berpotensi mengalami banjir kategori menengah.

 

5. Bengkulu

Hampir seluruh kabupaten di Provinsi Bengkulu berpotensi mengalami banjir kategori menengah muali dari Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Kota Bengkulu, Lebong, Muko-muko, Rejang Lebong dan Seluma.

6. Banten

Untuk di Provinsi Bante, daftar wilayah yang berpeluang mengalami banjir kategori menengah yaitu Kabupaten Pandeglang, seperti daerah Kecamatan Cigeulis, Cimanggu, Kaduhejo, Pandeglang, dan Sumur.

Selain itu, Kabupaten Lebak seperti Kecamatan Bayah, Bojongmanik, Cibeber, Cigemlong, Cihara, Cikulur, Cimarga, Cipanas, Cirinten, Lebak Gedong, Leuwidamar, Muncang, Panggarangan, Sajira, Sobang, Warunggunung.

7. Jawa Barat

Ada banyak daerah di Provinsi Jawa Barat yang diprediksikan mengalami banjir kategori menengah mulai dari Bogor, Cianjur, Garut, Kota Bogor, Kota Depok, Pangandaran, Sukabumi, dan Tasikmalaya.

Di provinsi ini juga ada sejumlah daerah yang diprakirakan akan mengalami banjir kategori tinggi, yaitu di wilayah Kecamatan Leuwiliang, Nanggung, Pamijahan dan kecamatan Kabandungan.

8. Jawa Tengah

Untuk di Provinsi Jawa Tengah, wilayah yang berpotensi mengalami banjir kategori menengah yaitu Kecamatan Baturaden, Gumeler, Kedungbanteng, dan Purwokerto Utara.

9. Jawa Timur

Kecamatan Glenmore, Sempu, Candipuro, Pronojiwo, Tempursari, Ampegading, dan Tirtoyudo berpeluang mengalami banjir kategori menengah bulan Agustus 2022 ini.

10. Kalimantan Barat

Hampir sama dengan Provinsi Jawa Barat, banyak daerah di Provinsi Kalimantan Barat diprakirakan mengalami banjir kategori menengah pada bulan Agustus 2022 ini.

Di antaranya seperti Kabupaten Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kuburaya, Landak, Melawi, Mempawah, Sambas, Sanggau, Sekadau, dan Sintang.

11. Kalimantan Tengah

Kabupaten Barito Utara, Gunung Mas, Katingan, Kota Palangkaraya, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Seruyan, Murung Raya, Pulang Pisau, dan Sukamara adalah daerah di Provinsi Kalimantan Tengah yang berpotensi mengalami banjir kategori menengah pada bulan ini.

12. Kalimantan Selatan

Kabupaten Banjar (Kecamatan Aranio, Karangintan), Kotabaru (Kecamatan Kelumpang Hulu, Pulaulaut Timur, Pulaulaut Utara), Tanah Bumbu (Kecamatan Angsana, Kuranji, Kusan Hulu, Mantewe, Satui, Simpangempat, Sungailoban), dan Tanah Laut (Kecamatan Bajuin, Batuampar, Jorong, Kintap, Payipatan, Pelaihari, Tambangulang) merupakan daerah yang berpotensi mengalami banjir kategori menengah bulan ini.

Sedangkan, untuk wilayah yang berpotensi mengalami banjir kategori tinggi di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Kecamatan Satui (Tanah Bumbu) dan Kecamatan Kintap (Tanah Laut).

13. Sulawesi Utara

Kabupaten Bolaang Mongondow (Kec. Dumoga Barat, Dumoga Tengah, Dumoga Timur, Lolayan), Bolaang Mongondow Selatan (Kec. Bolaang Uki, Pinolosian, Pinolosian Tengah, Pinolosian Timur), dan Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Kecamatan Siau Barat, Siau Barat Selatan, Siau Timur, dan Siau Timur Selatan) berpeluang terjadi banjir menengah.

14. Sulawesi Barat

Kabupaten Masama (Kecamatan Tabulahan), Mamuju (Kecamatan Boneharu, Kalukku, Mamuju, Papalang, Sampaga, Simboro, Tapalang, Tommo), Mamuju Tengah (Kecamatan Budong-Budong, Pangale, Topoyo), dan Mamuju Utara (Kecamatan Bambalamotu) berpotensi banjir kategori menengah bulan ini.

15. Sulawesi Selatan

Kabupaten Bone, Enrekang, Gowa, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Sidenreng Rappang, Sinjai dan Wajo merupakan wilayah di Sulawesi Selatan yang berpeluang terjadi banjir kategori menengah.

16. Maluku

Kabupaten Buru, Buru Selatan, Kota Ambon, Kota Tual, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Seram bagian Barat, Kepulauan Manipa, Seram bagian Timur berpeluang terjadi banjir kategori menengah.

Sedangkan, Kota Ambon (Kecamatan Banguala, Leitimur Selatan, Nusaniwe, Sirimau, Telukambon), Maluku Tengah (Kecamatan Leihitu, Leihitu Barat, Seram Utara, Seram Utara Barat), Maluku Tenggara (Kecamatan Kei Besar, Kei Besar Utara Timur), dan Seram Bagian Barat (Kecamatan Huamual, Inamosol dan Taniwel) berpeluang mengalami banjir kategori tinggi bulan ini.

17. Papua

Kabupaten Beiyai, Dogiyai, Mimika, Nabire, Paniai, Waropen merupakan daerah yang berpeluang mengalami banjir kategori menengah di Provinsi Papua bulan ini.

Sementara, daerah Kabupaten Deiyai (Kecamatan Bowobado), Mimika (Kecamatan Amar, Iwaka, Kuala Kencana, Kwamki Narama, Mimika Barat, Mimika Baru, Mimika Tengah, Mimika Timur, Mimika Timur Jauh, Temabagapura, Wania) dan Nabire (Kecamatan Yaur) berpoetensi mengalami banjir kategori tinggi bulan ini.

18. Papua Barat

Kabupaten Fak-Fak, Kota Sorong, Manokwaro, Teluk Bintuni, Sorong, dan Teluk Wondama berpeluang mengalami banjir kategori menengah bulan ini.

Namun, khusus daerah Kecamatan Kokas, Teluk Patipi, Makbon, dan Sayosa berpeluang mengalami banjir kategori tinggi bulan Agustus 2022 ini.

19. Sumatera Barat

Kabupaten Agam, Kepulauan Mentawai, Kota Padang, Kota Padangpanjang, Padang Pariaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan dan Tanah Datar menjadi daerah yang berpotensi banjir kategori menengah Agustus 2022.

20. Jambi

Untuk di wilayah Provinsi Jambi, hanya daearah Kabupaten Sarolangan, khsususnya Kecamatan Limun yang berpeluang terjadi banjir kategori menengah bulan ini.

 

21. Sumatera Selatan

Kabupaten Empat Lawang, Kota Lubuk Linggau, Musi Rawas, Lahat, Musi Rawas Utara, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Ogan Komering Ilir yang berpelaung banjir menengah pada Agustus 2022 di Provinsi Sumatera Selatan.

22. Bangka Belitung

Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah,Belitung dan Belitung Timur harus waspada potensi banjir kategori menengah pada Agustus 2022.

23. Lampung

Untuk wilayah yang harus waspada banjir menengah bulan ini di Provinsi Lampung adalah Lampung Barat, Pesisir Barat, dan Tangggamus.

24. Kalimantan Timur

Kabupaten Berau, Kota Balikpapan, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir kategori menengah bulan ini.

25. Kalimantan Utara

Kabupaten Bulungan, Malinau, Nunukan, dan Tana Tidung menjadi daerah di Kalimantan Utara yang berpeluang banjir.

26. Sulawesi Tengah

Kabupaten Banggai, Banggai Kepualuan, Banggai Laut, Morowali, Morowali Utara, Parigi Moutong, Poso, Sigi dan Tojo Una-una perlu mewaspadai potensi banjir menengah Agustus 2022 ini.

27. Sulawesi Tenggara

Daerah yang perlu mewaspadai potensi banjir bulan menengah bulan ini yaitu Kabupaten Buton Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, dan Kota Kendari.

28. Maluku Utara

Kepualaun Sula (Kecamatan Mangoli Selatan, Mangoli Tengah, Mangoli Timur, Mangoli Utara Timur, Sulabesi Timur), Halmahera Selatan (Kecamatan Obi, Obi Selatan, Obi Timur) dan Pulau Taliabu (Kecamatan LEde, Tabona, taliabu Barat, Taliabu Barat Laut, Taliabu Selatan, Taliabu Timru, Taliabu Timur Selatan dan Taliabu Utara) berpeluang banjir kategori menengah bulan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Daftar #Wilayah #Berpotensi #Banjir #Agustus #dari #Aceh #hingga #Papua #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts