5 Kebiasaan yang Melemahkan Tulang, Salah Satunya Terlalu Banyak Makan Garam

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tulang memainkan banyak peran penting bagi tubuh, seperti melindungi organ, menambatkan otot, dan menyimpan kalsium. 

Read More

Meskipun penting untuk membangun tulang yang kuat dan sehat selama masa kanak-kanak dan remaja, usia dewasa juga masa yang tepat melindungi kesehatan tulang.

Salah satu cara melindungi kesehatan tulang adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat melemahkan tulang.

Kebiasaan yang melemahkan tulang

Dilansir dari WebMD, berikut adalah 5 kebiasaan yang melemahkan tulang yang harus dihindari. 

1. Terlalu banyak mengonsumsi garap

Semakin banyak garam yang dimakan, semakin banyak kalsium yang dikeluarkan tubuh sehingga tidak banyak yang tersisa untuk tulang.

Makanan seperti keju, keripik, dan daging olahan memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga konsumsinya harus dibatasi.

Dalam hal ini, garam tidak harus sepenuhnya dihindari, tetapi targetkan konsumsinya kurang dari 2.300 miligram per hari.

2. Terlalu lama di dalam ruangan

Tubuh memproduksi vitamin D di bawah sinar matahari sehingga beraktivitas di luar ruangan juga penting untuk kesehatan tulang.

Berjemur selama 10-15 menit dalam beberapa heri seminggu bisa membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin D. 

3. Minum soda terlalu banyak

Terlalu banyak mengonsumsi soda dapat membahayakan kesehatan tulang. 

Sementara penelitian lebih lanjut masih diperlukan, beberapa penelitian telah menghubungkan keropos tulang dengan kafein dan fosfor dalam minuman bersoda.

Pakar lain telah menyarankan bahwa kerusakan tulang datang ketika lebih banyak minum soda daripada susu atau minuman lain yang mengandung kalsium. 

4. Merokok 

Ketika tubuh secara teratur menghirup asap rokok, tubuh tidak dapat dengan mudah membentuk jaringan tulang baru yang sehat.

Semakin lama merokok, tentu akan semakin buruk dampaknya bagi kesehatan.

Jika memutuskan untuk berhenti merokok, kesehatan tulang dapat ditingkatkan kembali, meskipun mungkin perlu beberapa tahun.

5. Terlalu kurus

Orang dengan berat badan terlalu rendah memiliki kemungkinan patah tulang dan keropos tulang lebih besar. 

Jika bertulang kecil, lakukan latihan menahan beban dan konsultasikan pada dokter mengenai pola makan yang tinggi kalsium.

Selain itu, berat badan yang terlalu rendah juga perlu dikonsultasikan untuk mengetahui akar penyebabnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kebiasaan #yang #Melemahkan #Tulang #Salah #Satunya #Terlalu #Banyak #Makan #Garam #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts