Apa Itu GMO dan Apakah Produk GMO Aman bagi Manusia?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pernah melihat label makanan non-GMO? Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu GMO dan apakah berbahaya bagi manusia atau tidak. Penggunaan bahan pangan GMO masih merupakan kontroversi, baik di kalangan ilmuwan dan masyarakat.

Read More

Apa itu GMO?

GMO adalah singkatan dari genetically modified organism yang berarti organisme yang gen-gennya telah diubah dengan teknik rekayasa genetika. Rekayasa genetika sendiri sudah ada sejak tahun 1946. Namun, rekayasa genetika yang pertama kali berhasil dilakukan adalah tumbuhan tembakau yang resistan terhadap antibiotik pada tahun 1983.

China adalah negara pertama yang mengomersialkan hasil panen GMO pertama pada awal 1990-an. Produk tersebut adalah tumbuhan tembakau yang tahan terhadap virus. Pada tahun 1994, Amerika Serikat menyusul dengan tomat yang telah dimodifikasi agar memperlambat proses pematangan buah. Dengan begitu, tomat lebih mudah didistribusikan ke berbagai daerah. Tomat ini juga mendapatkan persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA).

Umumnya, GMO digunakan untuk mengatasi permasalahan pangan pada tumbuhan yang bisa dikonsumsi. Misalnya, menyediakan benih padi yang bisa ditanam pada musim kemarau. Ini bisa menjadi solusi bagi petani agar tidak tergantung pada musim hujan untuk mulai menanam padi.

Adapun tanaman di Indonesia yang merupakan produk rekayasa genetika antara lain padi, tomat, kacang kedelai, singkong, tebu, dan kentang.

Kenapa ada yang beranggapan bahwa GMO tidak sehat?

Dalam SNI 6729:2016 tentang Sistem Pertanian Organik disebutkan bahwa benih hasil GMO tidak boleh digunakan untuk bahan pengendali organisme pengganggu tumbuhan dan pakan ternak yang kotorannya digunakan sebagai pupuk.

Selain itu, banyak yang menilai bahwa GMO bisa mengganggu keanekaragaman hayati karena munculnya berbagai varietas yang tidak terdata. Rekayasa tersebut juga dikhawatirkan akan menimbulkan alergi atau berbahaya bagi konsumen.

Namun, hingga saat ini belum ada data yang cukup untuk menyebutkan bahwa produk GMO berbahaya bagi manusia.

Apakah produk GMO aman?

Produk GMO yang akan dilepas ke masyarakat harus melewati berbagai tes dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan, sehingga produk yang sudah beredar dipastikan aman dikonsumsi.

Tidak hanya di Indonesia, penggunaan produk GMO pada pangan manusia juga diawasi dengan ketat, salah satunya di Amerika Serikat. FDA mengatur semua makanan untuk manusia dan hewan, termasuk produk GMO.

Peraturan tersebut juga sangat ketat, mulai dari proses produksinya, penyimpanan, pendistribusian, hingga proses penjualan. Oleh karena itu mengonsumsi produk GMO aman untuk manusia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Apa #Itu #GMO #dan #Apakah #Produk #GMO #Aman #bagi #Manusia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts