5 Cara Menjaga Kesehatan Tulang agar Tak Mudah Rapuh

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tulang mempunyai fungsi utama untuk menopang dan menggerakkan tubuh. Tulang adalah organ keras dari semua jaringan dalam tubuh yang bersifat kuat dan kaku, serta sulit dibengkokkan

Read More

Seiring bertambahnya usia, menjaga kesehatan tulang sangatlah penting. Tulang yang sehat di usia senja membantu tetap produktif dan tetap aktif.

Kesehatan tulang ini bisa dijaga dengan memberikannya banyak tekanan melalui berbagai aktivitas gerak, agar tulang menjadi padat dan kuat. Kepadatan tulang yang rendah membuat tulang rapuh dan lebih mudah patah.

Selain itu, tulang membutuhkan kalsium yang cukup untuk menjadi padat dan kuat melalui proses kalsifikasi atau pemadatan tulang. Kebutuhan kalsium harian masing-masing kelompok umur berbeda.

Untuk kelompok usia 19-50 tahun, membutuhkan 1300 mg kalsium per hari, serta usia di atas 51 tahun memerlukan 1200 mg kalsium per hari untuk wanita dan 1000 mg per hari untuk pria.

Dokter spesialis bedah ortopedi dr. Isa An Nagib, Sp.OT(K), FCIS mengatakan, mineral substansial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang bisa diperoleh dari makanan tinggi kalsium seperti susu, kacang almond, youghurt, dan brokoli.

Kendati begitu, kalsium yang terkandung di dalam makanan-makanan tersebut juga tidak bisa terserap secara keseluruhan ke tulang. 

“Per 100 gram asupan makanan misal brokoli, telur, salmon, almond, hanya diserap 50 mg kalsium,” ujar Isa dalam diskusi kesehatan IMBOOST Bone yang diadakan oleh PT SOHO Global Health, Jumat (29/7/2022).

Isa menambahkan, untuk itu dibutuhkan suplemen yang bisa membantu mencukupi kebutuhan kalsium harian.

Tapi, kalsium dalam suplemen pun tidak bisa terserap sepenuhnya, sehingga dibutuhkan magnesium, vitamin K2, dan vitamin D3 agar penyerapan kalsium semakin maksimal.

Meskipun kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang, Isa mengingatkan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya, karena justru bisa berbahaya.

Kalsium yang terlalu tinggi tidak diserap tulang dengan baik dan diedarkan ke darah yang bisa menyebabkan hipertensi, penyumbatan pembuluh darah jantung, plak pada dinding pembuluh darah, nyeri dada, batu saluran kemih, dan osteoartritis.

“Guna mengurangi penumpukan kalsium dalam darah ini diperlukan magnesium, vitamin K2, dan vitamin D3,” papar Isa.

 

Cara menjaga kesehatan tulang

Isa menegaskan, penting untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini, dengan pola nutrisi cukup kalsium, olahraga, dan lainnya.

Selain itu, pengecekan kepadatan tulang secara berkala melalui pemeriksaan BMD setiap 6 bulan sekali bisa dilakukan untuk mengetahui status kesehatan tulang.

Apabila terdapat riwayat penyakit tulang, maka diperlukan pemeriksaan kesehatan tulang lebih sering, dan jika dirasa perlu bisa diobati secara intens.

Beberapa cara menjaga kesehatan tulang sebagai berikut:

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin D3, vitamin K2 setiap hari.

2. Optimalkan kebutuhan harian dan daya serap kalsium di tulang dengan mengonsumsi suplemen tulang yang mengandung kombinasi kalsium, magnesium, dan vitamin K2 setiap hari.

3. Menghindari kebiasaan yang mendorong percepatan pengeroposan tulang, seperti merokok dan minum alkohol.

4. Melakukan pemeriksaan BMD sejak dini, mulai usia 30 tahun yang memiliki riwayat jatuh atau patah tulang, riwayat konsumsi obat kortikosteroid jangka panjang, riwayat defisiensi vitamin D.

5. Melakukan olahraga yang melatih kekuatan dan menjaga kepadatan tulang minimal 3 kali seminggu, masing-masing berdurasi 20-60 menit, seperti berjalan kaki, berenang, dan bersepeda.

Sebagai informasi, PT SOHO Global Health telah merilis IMBOOST Bone, suplemen kalsium dalam bentuk effervescent dengan vitamin K2, vitamin C, vitamin D3, dan magnesium pertama di Indonesia, yang telah mendapatkan izin oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Menjaga #Kesehatan #Tulang #agar #Tak #Mudah #Rapuh #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts