Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 2 Hari ke Depan akibat Siklon Tropis 95S

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, telah mendeteksi adanya bibit siklon tropis 95S yang berpengaruh terhadap cuaca ekstrem di Indonesia dalam dua hari ke depan.

Read More

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyebutkan bahwa bibit siklon 95S ini terpantau di Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu dengan kecepatan angin maksimum 35 knot, tekanan udara minimum 995 mb, dan pergerakan ke arah Selatan hingga Barat Daya menjauhi wilayah Indonesia.

Dia mengatakan, potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori rendah.

Selain itu, sistem ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, serta menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot atau low level jet, dari Samudra Hindia barat Sumatera Barat sampai barat daya Banten.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Perairan Barat Aceh hingga Aceh, dari Sumatera Barat hingga Riau, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Kalimantan Utara.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar bibit siklon tropis, low level jet, dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” ujar Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/7/2022).

Berikut beberapa wilayah berpeluang mengalami cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai angin kencang, dan kilat atau petir akibat bibit siklon tropis 95S pada 31 Juli sampai 1 Agustus 2022.

Minggu, 31 Juli 2022

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Bengkulu
  6. Jambi
  7. Sumatera Selatan
  8. Kepulauan Bangka Belitung
  9. Kalimantan Barat
  10. Kalimantan Tengah
  11. Kalimantan Utara
  12. Kalimantan Timur
  13. Kalimantan Selatan
  14. Sulawesi Utara
  15. Gorontalo
  16. Sulawesi Tengah
  17. Sulawesi Barat
  18. Sulawesi Tenggara
  19. Maluku Utara
  20. Maluku
  21. Papua
  22. Kepulauan Riau
  23. Lampung
  24. Jawa Barat
  25. Papua Barat

 

Senin, 1 Agustus 2022

  1. Aceh
  2. Sumatera Barat
  3. Riau
  4. Bengkulu
  5. Jambi
  6. Sumatera Selatan
  7. Kalimantan Barat
  8. Kalimantan Tengah
  9. Kalimantan Utara
  10. Kalimantan Timur
  11. Kalimantan Selatan
  12. Sulawesi Utara
  13. Gorontalo
  14. Sulawesi Tengah
  15. Sulawesi Barat
  16. Sulawesi Selatan
  17. Sulawesi Tenggara
  18. Maluku Utara
  19. Maluku
  20. Papua
  21. Kepulauan Riau
  22. Lampung
  23. Jawa Barat
  24. Jawa Timur

Sedangkan, untuk wilayah yang berpeluang terjadi angin kencang dalam dua hari ini yaitu daerah Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Bagi masyarakat yang akan berada maupun berdomisili di wilayah tersebut, sebaiknya meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi akibat cuaca ekstrem tersebut.

Bencana hidrometeorologi di antaranya banjir, banjir bandang, banjir rob, pohon tumbang, puting beliung, jalan tergenang dan licin, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Peringatan #Dini #Cuaca #Ekstrem #Hari #Depan #akibat #Siklon #Tropis #95S #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts