Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

  • Whatsapp

pengaruh letak astronomis indonesia

Read More

KOMPAS.com – Letak astronomis Indonesia adalah 6ºLU- 11ºLS dan antara 95º BT- 141ºBT. Letak astronomis merupakan posisi Indonesia terhadap garis khayal pada peta, yaitu garis lintang dan garis bujur.

Pengaruh letak astronomis Indonesia dapat dibagi berdasarkan garis yang membaginya. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing pengaruhnya.

Garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Garis bujur 0 derajat dimulai pada Kota Greenwich di Inggris. Garis bujur yang terletak di sebelah timur garis 0 derajat ini disebut garis Bujur Timur, sedangkan yang terketak di sebelah barat garis disebut dengan garis Bujur Barat.

Garis-garis tersebut memengaruhi zona waktu Indonesia ke dalam tiga zona waktu. Zona waktu Indonesia adalah GMT+7 atau Waktu Indonesia Barat (WIB), GMT+8 Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan GMT+9 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Garis lintang adalah garis khayal yang membagi posisi Bumi terhadap garis khatulistiwa atau garis tengah dalam posisi horizontal. Garis yang berada di atas garis khatulistiwa disebut dengan Lintang Utara, sedangkan yang berada di bawah garis khatulistiwa disebut dengan Lintang Selatan.

Garis lintang berpengaruh pada iklim tiap lokasi di Bumi. Pengaruh letak astronomis Indonesia dari garis lintang adalah memiliki iklim tropis. Negara-negara yang dilintasi garis khatulistiwa merupakan wilayah beriklim tropis.

Iklim tropis berarti Indonesia memiliki udara yang cenderung panas, kelembapan udara tinggi, serta curah hujan yang tinggi. Karena letak astronomis ini, Indonesia juga termasuk negara yang selalu mendapatkan cahaya Matahari yang melimpah sepanjang tahun. Berbeda dengan negara subtropis yang mengalami empat musim dan mendapatkan cahaya Matahari hanya pada musim tertentu saja.

Posisi Indonesia terhadap garis lintang ini juga membuat Indonesia bebas dari angin topan karena sebagian besar wilayah Indonesia berada tidak lebih dari 7 derajat Lintang Selatan atau Lintang Utara.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Pengaruh #Letak #Astronomis #Indonesia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts