Jenis-jenis Iklim Benua Amerika

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Benua Amerika secara geofrafis terletak di belahan Bumi barat dan berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik serta di antara Samudera Arktik dan Samudera Pasifik.

Read More

Sedangkan, secara astronomis, Benua Amerika terletak di 35 BB-170 BB dan 83 LU-55 LS. Adapun luas Benua Amerika adalah sekitar 42.188.000 km persegi.

Bentuk wilayah Benua Amerika bersifat meridian yang seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan. Kondisi demikian menyebabkan Benua Amerika memiliki semua jenis iklim Matahari.

Benua Amerika memiliki iklim yang beragam, berdasarkan letak setiap kawasannya. Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah kondisi iklim Benua Amerika.

1. Iklim kutub

Iklim kutub adalah iklim dengan ciri-ciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek. Iklim kutub memengaruhi daerah Amerika paling utara.

2. Iklim subtropis

Iklim subtropis adalah iklim dengan ciri-ciri adanya empat musim, yakni musim dingin, musim panas, musim gugur, dan musim semi. Iklim subtropis meliputi kawasan sebelah selatan dan utara.

3. Iklim tropis

Iklim tropis adalah iklim dengan ciri-ciri curah hujan yang tinggi, tingkat kelembapan yang tinggi, dan suhu panas sepanjang tahun. Iklim tropis meliputi sebagian besar kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

4. Iklim gurun

Iklim gurun adalah iklim dengan ciri-ciri suhu yang selalu berubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah. Iklim gurun meliputi kawasan yang berada di balik pegunungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Jenisjenis #Iklim #Benua #Amerika #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts